Jumat, 20 Juli 2012

Ragam Kurma Pembuka Puasa


Ramadan tanpa kurma ibarat sayur tanpa garam. Buah ini selalu hadir menjadi makanan pembuka setelah seharian Anda berpuasa.
Oleh : Dinny Mutiah

Kandungan Nutrisi Kurma  : Energi 277 kcal, Karbohidrat 74,97 g, Protein 1,81 g, Total lemak 0,15 g, Kolesterol 0 mg, Serat 6,7 g, Asamfolat 15 ug, Niasin 1,610 mg, Asam pantotenat 0,805 mg, Piridoksin 0,249 mg, Riboflavin 0,060 mg, Thiamin 0,050 mg, Vitamin A 149 IU, Vitamin C 0 mg, Vitamin K 2,7 ug

Rasa manis yang terkandung di dalam buah kurma memang pas untuk menjadi makanan pembuka. Tidak mengherankan jika penjualan buah khas Timur Tengah ini meningkat pada saat Ramadan. Beraneka jenis kurma dijual di pasaran. Mari kita kenali beragam varian buah bernama Jatin Phoenix dactylifera ini sebelum mencicipinya.

(1). Kurma sukkari
Kurma yang berarti manis, dalam bahasa Arab, ini diproduksi di Quassim, Arab Saudi. Kurma ini juga dikenal dengan nama kurma raja. Rasa manisnya diklaim bisa menggantikan gula-gula karena memiliki rasa serupa. Kurma jenis ini biasanya menjadi kudapan favorit menemani kopi arabika. Bentuknya kerucut dan berkerut dengan kulit berwarna kuning. Terdapat dua jenis sukkari, yakni sukkari agak keras dan sukkari lembut.
(2). Kurma khalas.
Kurma jenis ini merupakan jenis paling banyak yang ditanam di wilayah Arab Saudi, seperti di Huffuf/Qatif, dan wilayah timur Arab Saudi. Kurma ini memiliki warna cokelat terang keemasan, tekstur empuk, memiliki kulit halus, dan isi yang lembut. Kadar manisnya seimbang, tak terlalu manis dan tak terlalu tawar.
(3). Kurma barhi. 
Ada dua alasan utama mengapa kurma jenis ini terkenal di dalam dan luar Arab Saudi. Pertama karena rasa kurma yang dinilai seperti karamel. Kadar kemanisan kurma jenis ini bisa diantisipasi dengan mudah. Alasan kedua karena kandungan energinya. Satu gram kurma ini sama dengan tiga kalori, lebih banyak daripada energi pada kurma jenis lain. Karena teksturnya yang renyah, Anda dapat menikmatinya tanpa perlu tambahan lain.
(4).  Kurma khodri.
Kurma jenis ini memiliki beberapa level kematangan. Level kematangan pertama, buah berwarna merah gelap. Semakin matang, warna buah menjadi merah darah hingga cokelat gelap.
(5). Kurma nabtat seif
Nabtat self berarti tanaman pedang. Kurma jenis ini termasuk populer di wilayah Arab Saudi. Memiliki rasa yang renyah dengan sedikit tekstur kering. Warnanya beragam, mulai keemasan, cokelat keemasan, hingga kuning. Kurma jenis ini banyak ditanam di wilayah Al-Qassim.
(6). Kurma sellaj
Kurma jenis ini banyak dikonsumsi masyarakat Arab Saudi sehari-hari. Bentuknya seperti tabung dengan beragam warna, tergantung tingkat kematangan, mulai warna merah marun, kekuningan, hingga kuning keemasan.
(7). Kurma ajwa alnabi
Kurma jenis ini merupakan varietas yang paling baik dan paling mahal jika dibandingkan dengan kurma jenis lain. Ajwa hanya ditanam di daerah Madinah. Kurma ini berbentuk mungil bulat, berwarna hitam, dan tekstur buahnya lembut. Rasa buahnya tidak terlalu manis. Buah itu diasumsikan menjadi favorit Nabi Muhammad SAW.
(8).  Kurma hulwah atau kurma halawi
Kurma jenis ini banyak ditanam di daerah selatan Arab Saudi. Bagian bawah kurma ini berwarna kemerahan yang bagian ujungnya memiliki warna gelap. Rasanya manis dan karena itu dinamai hulwah.
(9). Kurma sagai
Kurma ini memiliki tekstur yang renyah dan kering. Riyad menjadi lokasi utama penanaman kurma jenis ini. Kurma sagai mengandung 79,4 gram gula, 2,4 gram vitamin C, dan sekitar 2% protein dalam 100 gram kurma. Rasanya mirip dengan kurma sukkari, tetapi harganya lebih murah.
(10). Kurma majdool
Kurma majdool berbentuk besar dan lonjong, daging buahnya tebal, warnanya cokelat muda, dan rasa buahnya manis, legit, dan empuk. Kurma ini terkenal dengan nama kurma California karena banyak dibudidayakan di sana.
(11). Kurma anbar
Kurma anbar berwarna cokelat kegelapan, tekstur mirip kurma majdool, tapi rasa kurma anbar lebih legit dengan manis sedang. Kurma ini sering juga disebut kurma ratu.
(12). Kurma lulu
Kurma lulu berwarna cokelat agak gelap, ukuran buahnya sedang, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, tekstur buahnya empuk, legit dan manis rasanya. Kurma ini berasal dari Dubai dan sangat digemari karena rasanya yang enak dan manisnya pun pas.
(13). Kurma red sayer
Kurma red sayer berwarna cokelat,tekstur buahnya kenyal, empuk, dan rasa manis buahnya sedang. Kurma red sayer ini berasal dari Dubai.
(14). Kurma safawi
Kurma safawi berwarna gelap dan berbentuk oval dengan kulit keriput dan isinya terasa manis dan kenyal.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber bacaan : Media Indonesia tgl. 20 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar