Jumat, 09 Maret 2012

Kamus-Ku (5) : Rok Mini, dan Sekitarnya (Bagian 3 - Tamat).

Masih dilanjutkan ditinjau dari segi biologi, fisika, dan lain sebagainya.

Dari segi ilmu fisika
Karena RM ini lebih tinggi/pendek (dibanding maksi) maka jangkauan perputaran udara relative lancar.  Sesuai teori fisika-thermodinamika (perpindahan suhu/temperatur) tentu relative mengikuti keadaan udara di sekitarnya apalagi ditambah dengan adanya pergerakan atau angin, bisa lebih cepat dingin atau panas. 
Sedangkan dari segi Aerodinamis (hambatan yang diakibatkan oleh gesekan dengan udara karena benda bergerak) maka hambatannya semakin kecil (lebih mini) terutama ketika si pemakai berlari, teori ini sudah tidak asing lagi bagi keperluan kelincahan sebuah mobil apalagi bagi mobil balap.

Keadaan musim (Klimatologi?) dan Planologi
Apabila dikaitkan juga dengan hukum meteorology, perputaran udara dan suhu wilayah, tentu saja pakaian RM ini untuk musim dingin kurang cocok.  Tetapi ada-ada saja manusia, yaitu di Siberia ada acara pernikahan dengan suhu minus 30 derajat Celsius memakai pakaian yang lebih minim dari RM, dapat dibaca di sini.
Bagi yang belum biasa atau demi kesehatan seseorang, sebaiknya tidak digunakan pada waktu musim dingin yang bisa mencapai minus 30 derajat Celsius - karena masuk angin saja bisa diare atau mencret- kecuali dikombinasikan dengan pakaian lain, tapi jadinya bisa tidak sesuai dengan goal atau tujuan dari pemakaian RM ini sehingga perencanaannya (planing) kurang baik.

Segi Biologi dan kedokteran
Khususnya untuk mahluk hidup berjenis jamur atau kelompok Mycetes (mohon koreksi kalau salah) yang biasa menyerang bagian selangkangan dan pantat (menyebabkan panu dan kurap) bisa tumbuh subur dalam keadaan keadaan lembab, maka dengan adanya teori thermodinamika yang menyebabkan kelembaban menurun sehingga memakai RM minimal bisa mengurangi pertumbuhannya.  Apabila masih penasaran tanya atau konsultasikan dengan dokter.
Sedangkan kaitan RM dengan seringnya ditemukan alat kontrasepsi (kondom) di selokan lingkungan DPR-RI, mungkin hal ini perlu penelitian lebih lanjut, karena kalau dilihat dari bentuk dan besaran ke dua  benda tersebut relative jauh berbeda (bagaikan bumi dengan awan).
Sedangkan kaitan RM dengan HIV/AIDS, itu juga perlu penelitian lebih lanjut (bahan materi yang bagus bagi kandidat).

Segi ilmu klenik atau kepercayaan
Kalau dulu digunakan sebagai ‘penangkal hujan’, jadi apabila mau ada perayaan (perkawinan, hajatan, haul, dlsb) biar kemeriahan suasana tidak terganggu hujan maka biasanya RM diletakan atau di jemur di atas genteng salah satu rumah, sehingga dalam hal ini bisa dianggap sebagai penangkal hujan. 
Tetapi mohon maaf … seribu maaf hal tersebut bukan menggunakan RM tetapi kolor (a.l kolor ijo) atau cd kali ditambah cabe atau apa lah, and … maaf sekali lagi bukan RM, tapi ggak apalah untuk tambahan materi bacaan.

Komentar yang pernah memakai RM
Julia Peres (Jupe) :
"Mungkin gara2 rok mini harga bbm naek!!! Aya2 waekkk neh," tulis Jupe pada akun microbloging Twitter-nya, Selasa (6/3/2012) siang. "Sexy bawa upeti 2 milliar boleh masuk dong??" sentilnya dengan gaya khasnya.  Jupe memertanyakan, mengapa lagi-lagi perempuan yang dituding menjadi penyebab kejahatan, bukan lelaki berotak kotor yang dibereskan. "heran gw..knp selalu cewe jd korban,,lagi2 rok di permasalah kan..padahal kalo korupsi itu akibat otak2 mereka yg sok suci," tulisnya lagi.
"Kicauan" Jupe itu muncul sesudah Ketua DPR RI, Marzuki Alie, menyatakan larangan mengenakan rok mini bagi para perempuan di lingkungan lembaga yang dipimpinnya tersebut, demi memerbaiki citra lembaganya itu di mata publik. (entertainment.kompas.com/read/2012/03/06)

Pchyco-dinamica
(Ilmu ini ada tidak yakh?, tapi pada intinya sesuatu yang menarik secara kejiwaan). 
Segala sesuatu tentunya tidak terlepas dari situasi dan kondisi (sikon) termasuk penempatan ketika memakainya (untuk wanita pada umumnya) yaitu :
(a).  Sedapat mungkin hindari tempat-tempat yang relative sepi atau ‘rawan’, misalnya naik dan duduk di angkot sendirian tentu suatu saat akan berhadap-hadapan dengan orang tak dikenal (dan tidak buta) sehingga untuk hal ini hindari menggunakan RM yang terlalu mini kecuali ada niatan untuk ‘berbagi sedekah’ .
(b).  Memakai RM (bagian dari kostum) pada waktu atraksi cheerleader, pertandingan tenis putri atau pertunjukkan marching band (apalagi senam indah yang di air, eh maaf .. itu bukan RM), bagi sebagian orang hal ini mungkin dianggap sebagai daya tarik tersendiri. 
(c).  Sebaiknya tidak digunakan bagi yang kurang percaya diri (a.l factor risiko dan malu-malu).
(d).  Akan sedikit mengurangi keindahan, ketika seseorang menggunakan RM dengan paha dan kaki yang sedikit kurang indah (luka, tattoo rusak, dlsb, dlsb), tetapi masih ada solusinya yaitu dengan bantuan stocking atau kaos kaki panjang.
(e).  Sedikit disibukkan dengan tangan untuk memegang barang lain (bantal, sapu tangan atau lainnya ) untuk menghalangi ketika duduk menjadi focus pandangan umum (talk show, presenter, foto, film), karena ada istilah ‘jangan salahkan Sang Kamera yang mencari sudut pandang tertentu, karena dia berupaya untuk menyenangkan penonton’, kecuali untuk ‘berbagi sedekah juga’.
(f).  Tidak layak atau tidak boleh dikenakan ketika beribadah (di mesjid, gereja, atau tempat ibadah lain), bahkan  sebaiknya atau diwajibkan untuk memakai pakaian maksi atau tertutup.
(g).  Memakai RM ke tempat pesta, hiburan malam, clubbing, dugem, dlsb-dlsb. (mohon maaf, dalam hal ini penulis kurang berpengalaman, karena belum pernah menggunakan RM). 

Sedikit analisis
Apabila mengacu pada Teori Casti (seperti uraian di atas) -walaupun bukan orang pertama - yang mengungkapkan teori bahwa ‘rok mini ini adalah penanda perbaikan ekonomi’ dan apabila ekonomi tersebut kita diasumsikan dengan ‘uang atau nilai uang’ (mohon koreksi untuk ahli ekonomi) maka mungkin saja asumsi tersebut ada benarnya juga.
Tetapi bukan berarti untuk meningkatkan perekonomian negara, maka semua rok dihimbau untuk semakin dinaikan (nggak tahu kalau untuk BBM yang naik).

Intisari bacaan :
Tulisan ini bagus juga sebagai bahan pertimbangan apabila mau menerapkan peraturan penggunaan RM (sorry … memuji sendiri, habis tidak ada yang komentar) tetapi  tentu saja ambillah semua yang baik (dari berbagai sudut pandang) dan jauhkan yang kurang baiknya .

SELESAI alias TAMAT.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber : tercantum dalam bacaan.

Bacaan sebelumnya Bagian 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar