Minggu, 25 Desember 2011

2011 : Osama bin Laden, Akhir Kisah Petualangannya

Sejumlah helikopter tentara AS lepas landas dari sebuah lapangan udara militer Pakistan, pada 2 Mei 2011. Di antara gelapnya malam, 'burung-burung besi' itu turun perlahan menuju target operasi.

Lokasi yang mereka sasar adalah di sebuah rumah di Abbottabad, kota berjarak 100 km dari ibu kota Pakistan, Islamabad. Targetnya adalah Osama bin Laden, pemimpin kelompok AI-Qaeda yang dicap sebagai jaringan teroris.
Rumah kediaman Bin Laden yang dituduh sebagai otak pelaku serangan 11 September 2001 atau lebih dikenal dengan 9/11 itu lebih besar daripada rumah-rumah di sekitarnya.
Rumah tersebut dikelilingi tembok setinggi 5,4 meter dengan pagar berduri. Jalan masuk satu-satunya dilengkapi duapos keamanan. Teras di lantai tiga rumah itu juga dilindungi tembok setinggi 2,1 meter.
Sebelum Mei 2011, keberadaan Osama memang kerap diperbincangkan, namun tetap saja menjadi misteri,
Tidak mengherankan, buron yang paling dicari pemerintah AS itu belum diketahui secara pasti berapa lama telah tinggal di Abbottabad, Pakistan.
Warga Abbottabad, Mohammad Haroon Rasheed, menyebut penyerbuan terjadi puku? 01.15, Senin (2/5) waktu setempat. "Saya mendengar deru gemuruh, disusul rentetan tembakan. Tiba-tiba tembakan berhenti. Lalu ada gemuruh lagi dan bunyi ledakan besar," ujar Rasheed.
"Lewat tengah malam, tiga helikopter berputar-putar di atas rumah yang sudah dikepung pasukan komando," tambah warga Abbottabad lainnya, Nasir Khan, yang menonton operasi dramatis itu dari atap rumahnya.
Setelah para personel pasukan elite SEAL Team Six baku tembak selama 40 menit dengan penghuni rumah, Osama tewas akibat timah panas yang menerjang kepalanya.


Pada Minggu malam atau Senin (2/5) waktu Indonesia, Presiden Barack Obama mengumumkan kematian Bin Laden dari Gedung Putih. "Malam ini saya melaporkan kepada masyarakat Amerikat dan dunia bahwa Amerika Serikat telah melakukan sebuah operasi yang menewaskan Osama bin Laden," ujar Obama yang sebelumnya menyaksikan operasi khusus itu lewat televisi satelit.
Jenazah Osama bin Laden dimakamkan di laut dari geladak sebuah kapal induk AS.

Drama Penyergaan Osama Bin Laden
Sebanyak 15 pasukan khusus AS diterjunkan dengan helikopter pada malam hari di tempat persembunyian Osama bin Laden di dekat ibu kota Paskistan, Islamabad. Serbuan itu menewaskan pemimpin AI-Qaeda pada Minggu (1/5).
 (1).  Tim pasukan khusus AS berangkat dari Afghanistan dengan helikopter ke tempat Osama bersembunyi di Pakistan.
(2).  Sekitar tiga atau empat helikopter menyerang kompleks dan mener-junkan pasukan khusus dari US Navy SEALs termasuk ahli forensik.
(3).  Helikopter Black Hawk MH-60 tertembak roket, tetapi pilot berhasil membawa turun dengan selamat.
(4).  Pasukan khusus AS menyisir ruang demi ruang dan setelah 40 menit mereka menemukan dan menembak mati Osama di salah satu kamar di rumah itu.  Seorang perempuan dan putra Osama turut tewas.  Sedangkan istri Osama, awalnya dikira tewas, namun diketahui hanya terluka
(5).  Osama Bin Laden dibawa ke Afghanistan kemudian dimakamkan di laut.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber : Kaleidoskop pada Media Indonesia tgl 23 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar