Selasa, 24 Mei 2011

11 Instansi Berkinerja Baik


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mahkamah Konstitusi (MK) termasuk di antara kementerian dan lembaga yang mengantongi predikat baik dalam evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) tahun,2010.


Evaluasi akuntabilitas kinerja 2010 dilakukan kepada 79 instansi pemerintah pusat. Dari hasil evaluasi itu, yang mengantongi predikat baik ada 11 kemente­rian/lembaga, cukup baik 39, berpredikat agak kurang 27, dan 2 berpredikat kurang.
Laporan hasil evaluasi akun­tabilitas kinerja instansi pusat ini disampaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, kemarin.  Pencapaian akuntabilitas ki­nerja KPK pada 2010 ini tentu saja prestasi tersendiri. Sebelumnya, KPK berada di peringkat enam berpredikat B (baik) dalam evaluasi AKIP 2009.
Berbanding terbalik dengan KPK, Kejaksaan Agung dan Kepolisian Negara Republik Indonesia berada di urutan 69 dan 70 dengan capaian akun­tabilitas kinerja,berpredikat C (agak kurang).
Itu merupakan titik terendah kinerja bagi kedua lembaga tersebut. Dalam hasil evaluasi AKIP 2009,  Kejagung dan Polri masih di peringkat 65 dan 67 dengan peringkat C.
"KPK lebih dari yang kita harapkan, individu-individunya juga diukur.  KPK itu hampir A kategori kinerjanya," ucap Menten Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan.
Mulai 2011, Mangindaan mengaku tengah memikirkan mekanisme hukuman (punish­ment) bagi kementerian /lembaga yang kinerjanya tidak juga membaik. "Pengurangan anggaran bisa saja. Kalau perlu, yang kinerjanya bagus ditambah (anggarannya), yang jelek dikurangi," ujamya.
Menurut Mangindaan, hasil AKIP pada 2010 melampaui target. Tercatat sebanyak 50 kementerian/lembaga (63,29%) mendapatkan kategori cukup baik dan baik. Berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN), ditargetkan pada 2014 sebanyak 80% instansi pemerintah pusat mencapai kategori cukup baik. Hasil evaluasi AKIP berdasarkan komponen besar manajemen kinerja, antara lain perencanaan kinerja, dan pengukuran kinerja (*/P-4)

11 Kementerian/Lembaga Berpredikat Baik (Sumber:  Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2010)
1. Komisi Pemberantasan Korupsi
2. Kementerian Pendidikan Nasional
3.  Kementerian energy dan Sumber daya Mineral
4.  Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata
5.  Kementerian Keuangan
6.  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
7.  Badan Pemeriksa Keuangan
8.  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
9.  Kementerian Dalam Negeri
10. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
11.  Mahkamah Konstitusi

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet 

Sumber :  Harian Media Indonesia tanggal 8 Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar