Senin, 07 Maret 2011

10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia


Pencakar langit adalah sebuah bangunan yang sangat tinggi.  Berdasarkan konvensi di Amerika Serikat dan Eropa bahwa batas minimum ketinggian bangunan yang disebut pencakar langit yaitu 150 meter (500 kaki).  Gedung pencakar langit yang paling tinggi saat ini adalah Burj Dubai di Dubai - The United Arab Emirates

Pencakar yang melebihi ketinggian 300 meter  disebut supertall.  Bangunan yang lebih pendek pun bisa disebut pencakar langit asalkan mendominasi  daerah sekitarnya.
Kata pencakar langit pertama kali digunakan pada bangunan tinggi pada akhir abad ke-19 yaitu kekaguman masyarakat atas bangunan-bangunan tinggi yang ada di kota New York.  Saat ini Hongkong menempati posisi pertama di dunia sebagai kota paling banyak memiliki pencakar langit  dimana telah memiliki lebih dari 7.500 pencakar langit.

 (1).  Burj Dubai, Dubai, The United Arab Emirates (818 meter atau 2.683 kaki).


Burj Dubai telah menjadi bangunan tertinggi di dunia saat ini yang pernah dibuat oleh manusia dengan ketinggian 818 meter (2.683 kaki), terbagi atas 169 lantai, 1.100 apartemen, memiliki musholla di lantai 158, dan kolam renang di lantai 76. Pembangunan gedung ini membutuhkan waktu sekitar 6 tahun dimulai pada tahun 2004 dan diresmikan tahun 2010.
Adapun perbedaan suhu udara antara lantai paling bawah dengan paling atas, sekitar sepuluh derajat Celcius.
Dari dasar hingga puncaknya lebih dari enam kali tinggi Monumen Nasional (Monas). Gedung tersebut menjadi terlihat sangat jangkung jika dibandingkan dengan Monas yang tingginya hanya 132 meter. Puncaknya saja bisa dilihat sampai jarak hingga 95 kilometer.

(2).  Taipei 101, Taipei, Taiwan – 1671 ft (509 m) 101 Floors


Taipei 101 adalah salah satu gedung yang tertinggi di dunia, dan sebelumnya bernama Finansial Internasional Taipei, namun kemudian berubah nama menjadi Taipei 101.
Gedung pencakar langit ini bergaya tradisional Cina dengan mengadopsi bentuk pagoda, dengan dasar podium menjulang, delapan tingkatan dari delapan lantai (delapan bermakna sebagai angka keamakmuran dan keberuntungan). Dirancang oleh CY Lee & Partners, dan pembangunannya menelan biaya $ 1.76 milyar dan selesai pada tahun 2004.
Bangunan ini memiliki 18 ft, 882 ton damper berbentuk bola di bagian atas yang dapat bergoyang bila terjadi topan atau gempa bumi.
Satu hal yang menarik, bangunan ini dipuji sebagai Tujuh Keajaiban Baru Dunia oleh majalah Newsweek pada tahun 2006 dan sebagai Tujuh Keajaiban Teknik oleh Discovery Channel pada tahun 2005.

(3).  Shanghai World Financial Center – 1614 ft (492 m) 101 Floors


Merupakan pencakar langit super tinggi di Shanghai yang mendominasi langit di Cina Timur. Gedung ini menjadi ikon dengan status yang menggambarkan kedatangan era baru di Asia. Shanghai World Financial Center dirancang oleh Kohn Pedersen Fox dan secara resmi dibuka untuk umum pada 28 Agustus 2008. Gedung ini merupakan perpaduan bangunan yang difungsikan sebagai Hotel bertaraf bintang 5, pusat bisnis, dan perbelanjaan perkotaan yang sangat baik di lantai dasarnya.
Bangunan ini memiliki 174 kamar berfasilitas mewah di lantai atas dan 62 lantai penuh dengan ruang kantor dilengkapi  31 lift. Biaya konstruksi bangunan ini menelan biaya US $ 1,20 miliar.

(4).  Petronas Twin Towers – 1483 ft (452 m) 88 Floors


Gedung ini terkenal juga akan keindahanya di dunia, Menara Kembar Petronas ini terletak di Kuala Lumpur, Malaysia, dibangun pada tahun 1998.
Petronas Tower 1 adalah bangunan tertinggi ke-4 di dunia.
Petronas Tower 2 adalah bangunan tertinggi ke-5 di dunia.
Petronas Tower, merupakan bangunan kembar tertinggi di dunia. Mereka dirancang oleh arsitek Amerika Serikat Argentina César Pelli.
Fitur utama dari menara ini adalah skybridge yaitu berada diantara dua menara pada lantai 41 dan 42, yang merupakan tertinggi tertinggi 2-lantai di dunia. Pengunjung diperbolehkan untuk mencapai Skyway dan melihat pemandangan dari sana Skybridge ini juga dimaksudkan untuk digunakan jika terjadi kebakaran atau keadaan darurat lainnya.

(5).  The Sears Tower – 1451 ft (452 m) 108 Floors


Terletak di Chicago, Illinois – Amerika. The Sears Tower dibangun pada tahun 1974, dan telah menjadi bangunan ke-5 tertinggi di dunia, menyalip World Trade Center yang telah dihancurkan teroris dalam peristiwa 911. Bagian atas menaranya adalah titik tertinggi di Illinois. Dikatakan bahwa empat negara dapat dilihat dari puncak menara.
Menara ini dirancang oleh arsitek Bruce Graham dan insinyur Fazlur Khan dalam sebuah “paket tabung” sistem dengan sembilan kuadrat, dilapisi kaca berwarna gelap tirai dinding. Bangunan bersandar beberapa inci karena desain yang asimetris dan ini dapat dirasakan sesekali. Sears Tower dikunjungi  lebih 1,5 juta wisatawan setiap tahunnya.

(6).  Jin Mao Tower – 1380 ft (421 m) 88 Floors


Jin Mao,  yang berarti “Golden Prosperity Building.” Saat ini peringkat ke-6 tertinggi di dunia, dirancang oleh Skidmore berbasis di Chicago, dan dibangun pada tahun 1999. Gedung ini terletak di daerah Lujiazui distrik Pudong Shanghai, China. Arsitekturnya menggabungkan elemen-elemen dari tradisional budaya Cina dengan gaya arsitektur modern
Bangunan ini sangat mewah, biaya konstruksi pembangunannya saja diperkirakan menghabiskan dana 530 juta dolar. Menara ini memiliki beberapa ruang pameran, ruang perjamuan, hiburan dan dek pengamatan di lantai 88 yang dapat ditampung sekitar 1.000 wisatawan. Biaya pemeliharaan menara ini pun tergolong mahal, yaitu sebesar US $ 121.000 per hari.

(7).  Two International Finance Center – 1362 ft (415 m) 88 Floors


Dibangun pada tahun 2003, International Finance Center (IFC) dengan dua gedung pencakar langit yang menghadap ke Pelabuhan Victoria, adalah tengara terkemuka di Hongkong, Cina. IFC, yang merupakan bangunan tertinggi nomor 7 di dunia, memiliki 88 lantai dan rancang khusus untuk tenant perusahaan terkemuka dibidang pembiayaan perumahan dan telekomunikasi.
Sekitar 15.000 orang bisa ditampung di gedung ini. Meskipun memiliki 88 lantai, ada beberapa lantai yang dianggap “tabu” dan tidak digunakan, seperti 14 dan 24, karena angka-angka ini bermakna buruk bagi rang Cina.

(8).  CITIC Plaza – 1283 ft (391 m) 80 Floors


CITIC Plaza, terletak di Tianhe District, China. Struktural bangunan ini memiliki ketinggian 391 m (1.283 kaki)  80 lantai, termasuk dua antena tinggi seperti menara di atasnya. CITIC Plaza yang selesai dibangun pada tahun 1997 itu merupakan bangunan beton tertinggi di dunia yang juga sebagai bangunan tertinggi keempat di Cina, ketujuh di Asia, dan kedelapan di seluruh dunia.
Terletak Tianhe District yang saat ini sedang berkembang pesat, juga memiliki bangunan kompleks hunian yang terdiri dari dua bagian bangunan berlantai 38. Lokasi kompleks ini sangat dekat dengan stasiun kereta api yang menghubungkan 2 kota yang sangat sibuk yaitu Guangzhou-Shenzhen dan Guangzhou-Hong Kong.

(9).  Shun Hing Square – 1260 ft (382 m) 69 Floors


Shun Hing Square, merupakan salah satu bangunan tertinggi di dunia dan menduduki tempat ke-9 saat ini. Gedung megah ini terletak di Shenzhen, Cina, dan disebutkan sebagai salah satu bangunan paling indah. Tinggi 1.260 meter atau 384 meter, selesai dibangun pada 1996, hingga sekarang tercatat sebagai bangunan baja tertinggi di Cina.

(10).  Empire State Building – 1250 ft (381 m) – 102 Floors


Gedung Empire State atau Empire State Building adalah gedung pencakar langit yang memiliki 102 lantai di New York City dengan gaya Art Deco.  Didesain oleh Shreve, Lamb and Harmon dan rampung pada tahun 1931. Namanya diambil dari nama julukan negara bagian New York.
Sejak runtuhnya World Trade Center pada Serangan 11 September, bangunan ini kembali menjadi bangunan tertinggi di New York City.  Saat ini, bangunan ini adalah bangunan kedua tertinggi di Amerika Serikat setelah Willis Tower (Sears) di Chicago.

Keterangan Gambar : diambil dari internet
Sumber editing bacaan : id.wikipedia.org, top50.ilmci.com dari family100.multiply.com dan scbsradiolombok.wordpress.com/2010/01/04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar