Jumat, 01 Oktober 2010

PIERCE BROSNAN, SI PEMERAN JAMES BOND 007

Pierce Brosnan lahir di Navan County Meath Irlandia tahun 1953 merupakan salah satu pemeran agen rahasia James Bond dalam Golden Eye, Tomorrow Never Dies, The World Is Not Enough dan Die Another Day.  Merupakan aktor film dan televisi, produser film dan aktivis lingkungan hidup yang memegang dua kewarganegaraan yaitu Irlandia dan Amerika. Setelah meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun, Brosnan mulai berlatih dalam ilustrasi komersial, dan kemudian ia kuliah di Drama Centre di London selama tiga tahun. Setelah beberapa waktu menjadi aktor teater, ia lantas membangun popularitas melalui serial televisi Remington Steele. Tahun aktif 1979 – sekarang.

Pierce Brendan Brosnan, OBE (lahir di Navan, County Meath, Irlandia, 16 Mei 1953; umur 57 tahun) adalah seorang aktor film dan televisi, produser film dan aktivis lingkungan hidup, yang memegang dua kewarganegaraan yaitu Irlandia dan Amerika. Tahun aktif 1979 – sekarang.

Setelah meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun, Brosnan mulai berlatih dalam ilustrasi komersial, dan kemudian ia kuliah di Drama Centre di London selama tiga tahun. Setelah beberapa waktu menjadi aktor teater, ia lantas membangun popularitas melalui serial televisi Remington Steele.
Brosnan memerankan agen rahasia James Bond dalam GoldenEye, Tomorrow Never Dies, The World Is Not Enough dan Die Another Day. Ia juga menjadi pengisi suara untuk permainan video James Bond 007: Everything or Nothing. Pada tahun 1993, Brosnan membintangi film Mrs Doubtfire menjadi salah satu bagian dari 'Stu'. Ia juga memainkan peran ahli vulkanologis Harry Dalton dalam film Dante's Peak bersama dengan aktris Linda Hamilton pada tahun 1997. Pada tahun 1996, ia membentuk sebuah rumah produksi bernama Irish DreamTime, bersama dengan Beau St Clair, seorang AS. Ia menikah dengan Cassandra Harris sampai kematiannya, dan sekarang ia menikah dengan Keely Shaye Smith.
Sejak meninggalkan peran James Bond, Brosnan kemudian membintangi beberapa film seperti The Matador dan Seraphim Falls. Ia menjadi warga negara Amerika pada tahun 2004. Dalam tahun-tahun berikutnya, ia lebih dikenal sebagai pekerja amal dan aktivis lingkungan hidup. Ia sekarang bekerja pada proyek-proyek seperti The Topkapi Affair,Caitlin dan The Big Biazarro. Ia kemudian membintangi film musikal berjudul Mamma Mia! sebagai Sam Carmichael, dimana atas perannya tersebut ia Golden Raspberry untuk "Aktor Pendukung Terburuk". Ia sekarang menjadi narator untuk acara Thomas The Tank Engine & Friends.
Kehidupan awal
Brosnan lahir pada 16 Mei 1953 di Drogheda, County Louth, Irlandia dari pasangan Thomas Brosnan, seorang tukang kayu, dan May Smith, dimana Brosnan merupakan anak tunggal. Brosnan dibesarkan di sebuah keluarga Katolik dan bersekolah di sekolah lokal yang dikelola oleh De La Salle Brothers. Ibu Brosnan kemudian pindah ke London untuk bekerja sebagai seorang perawat setelah ayahnya meninggalkan keluarga tersebut. Menurut Brosnan:
"Sewaktu masih kecil, saya cukup kesepian. Saya dibesarkan di sebuah kota kecil di selatan Irlandia. Saya tak pernah tahu siapa sebenarnya ayah saya. Ia meninggalkan saya ketika masih bayi dan saya kemudian hanya dididik dalam perawatan ibu dan kakek-nenek saya. Saat itu di Irlandia, jika ada anak Katolik yang ditinggalkan oleh ayahnya, maka negara akan mengambil alih hak asuh anak tersebut. Ibu saya lantas membuat langkah berani dengan pindah ke Inggris. Pada dasarnya beliau menginginkan kehidupan yang lebih baik untuknya dan saya sendiri. Ibu saya pulang setahun sekali, dan kadang-kadang dua kali dalam setahun."
Oleh karena itu, Brosnan kemudian dibesarkan oleh kakek-neneknya, Philip dan Kathleen Smith semasa ia masih kanak-kanak. Setelah mereka wafat, Brosnan kemudian tinggal bersama seorang bibi dan kemudian seorang paman, tetapi kemudian ia dipindahkan untuk tinggal dengan seorang wanita bernama Eileen, di sebuah bagian kota yang buruk, tetapi Brosnan menggambarkannya sebagai awal kesuksesan. Brosnan kemudian muak dengan pendidikan ala De La Salle Brothers dengan berujar:
"Saya tumbuh dan didisik oleh Christian Brothers, yang mengerikan, lebih mengerikan dibanding manusia pembunuh. Semuanya sangat dipenuhi oleh kebohongan. Cara mendidik mereka terhadap anak-anak sangat buruk. Pengecut, dan benar-benar jelek. Saya tidak punya apa-apa yang baik untuk mengatakan tentang mereka. Sungguh sangat jelek dan mengerikan. Saya tidak mendapatkan apa-apa dari Christian Brothers, kecuali rasa malu."
Brosnan lantas meninggalkan Irlandia pada 12 Agustus 1964 dan bertemu kembali dengan ibunya dan suami barunya seorang veteran Perang Dunia II, William Carmichael, yang sekarang tinggal di desa Longniddry Skotlandia. Ketika pertama kali bertemu dengan ibunya Brosnan dengan terharu memeluk ibunya tersebut dan suami barunya yang Brosnan gambarkan sebagai sosok ayah yang sesungguhnya. Carmichael lantas mengajak Brosnan untuk melihat film James Bond untuk pertama kalinya yaitu Goldfinger, pada usia sebelas tahun.[7] Kemudian setelah keluarga ini pindah ke London, Brosnan bersekolah di Elliott School, sebuah sekolah negeri di daerah Putney, London Barat. Brosnan lantas berbicara mengenai transisi kehidupannya dari Irlandia ke Inggris dan pendidikan barunya di London:
"Jika Anda pergi ke kota yang sangat besar, seperti London, sebagai anak laki-laki Irlandia di usia 10 tahun, kehidupan akan terasa tiba-tiba bergerak sangat cepat. Dari sekolah kecil memuakkan di Irlandia, dan kini ke sekolah besar dengan lebih dari 2.000 siswa/i di London. Dan jika Anda seorang Irlandia, dan kemudian sekolah di London membuat Anda merasakan sensasi Irlandia; Inggris ternyata memiliki cara luar biasa untuk hal itu, dan saya punya rasa mendalam tertentu dikarenakan saya adalah orang luar Inggris."
Ketika Brosnan masuk sekolah, nama panggilannya adalah "The Irish".
Setelah lulus dari SMP di usia 16, Brosnan kemudian memutuskan untuk berkarier sebagai pelukis dan memulai pelatihan sebagai pelukis komersial di Central Saint Martins College of Art and Design. Di Oval House pada tahun 1969, ia kemudian mendatangi sebuah lokakarya untuk berlatih. Ia lantas bertemu dengan seorang ilusionis pemakan api yang sedang mengajar para wanita bagaimana untuk menaruh api di dada mereka. Ia kemudian sempat berpikir dan kemudian memutuskan untuk bergabung dan belajar bagaimana cara memakan api. Kemudian seorang agen sirkus melihatnya dan kemudian mempekerjakannya selama tiga tahun. Ia kemudian kuliah selama tiga tahun sebagai seorang aktor di Drama Centre di London. Brosnan menggambarkan perasaan dirinya ketika menjadi seorang aktor dan dampaknya pada hidupnya:
"Ketika saya menemukan dunia aktor, atau dunia aktor yang menemukan saya, itu adalah pembebasan. Ini adalah batu loncatan saya ke kehidupan yang lain, jauh dari kehidupan yang sudah saya jalani, dan dunia aktor adalah dunia yang cukup menyenangkan dan dihargai. Itu adalah kepuasan besar dalam hidup saya
Karier awal
Setelah lulus dari Drama Centre pada tahun 1975, Brosnan mulai bekerja sebagai asisten manajer teater di York Theatre Royal, Ia kemudian memulai debut aktingnya dalam Wait Until Dark. Dalam waktu enam bulan, ia kemudian dipilih oleh dramawan Tennessee Williams untuk memainkan peran McCabe dalam The Red Devil Battery Sign. Penampilannya yang bagus di London membuat Williams mengirimnya sebuah telegram yang berisi "Semoga Tuhan memberkati Anda, anakku". Brosnan lantas melanjutkan karier dalam sebuah penampilan singkat di film seperti The Long Good Friday (1980) dan The Mirror Crack'd (1980), serta beberapa sinetron TV seperti dalam The Professionals, Murphy's Stroke, dan Play for Today. Ia kemudian menjadi bintang televisi di Amerika Serikat dengan peran utama dalam miniseri populer Manions of America. Kemudian Brosnan berperan dalam teater Masterpiece tahun 1982 yang menggambarkan sebuah dokumenter yang mencatat kehidupan Lady Nancy Astor (wanita pertama yang duduk di Parlemen Inggris). Atas penampilannya sebagai Robert Gould Shaw II dalam seri tersebut, ia kemudian masuk nominasi Golden Globe Award tahun 1985 untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik.
Pada tahun 1982, Brosnan pindah ke California Selatan dan membangun popularitas di dunia keartisan di Amerika Serikat dengan bermain dalam seri detektif Remington Steele.[5] The Washington Post mencatat bahwa di tahun yang sama Brosnan "bisa membuatnya sebagai James Bond muda." Setelah Remington Steele berakhir pada 1987, Brosnan kemudian muncul dalam beberapa film, termasuk The Fourth Protocol (1987), yaitu sebuah film thriller tentang Perang Dingin dimana ia bermain bersama Michael Caine, The Deceivers (1988) dan The Lawnmower Man (1992). Pada tahun 1992 juga ia beperan dalam serial NBC yang berjudul Running Wilde, dimana ia bermain sebagai seorang reporter untuk majalah Auto World. Jennifer Love Hewitt juga turut bermain sebagai anak perempuan dari Brosnan, tetapi episode yang menggambarkan Brosnan dan Hewitt tidak pernah disiarkan. Pada 1993 Brosnan memainkan peran pendukung dalam film komedi berjudul Mrs Doubtfire. Ia juga muncul dalam beberapa film televisi, termasuk Death Train (1993) danNight Watch(1995), sebuah film thriller spy yang menggambarkan kondisi di Hong Kong.
James Bond (1995-2002)
Awal mula
  • Brosnan pertama kali bertemu dengan produser film James Bond Albert R. Broccoli pada saat syuting For Your Eyes Only karena istri pertamanya juga turut bermain dalam film tersebut. Broccoli lantas berkata, "kalau ia (Brosnan) bisa berakting... dialah orangnya" untuk mewarisi peran Bond dari Roger Moore. Dilaporkan oleh Entertainment Tonight dan National Enquirer, bahwa Brosnan akan mewarisi peran lain Moore, yaitu sebagai Simon Templar dalam serial The Saint. Brosnan kemudian membantah rumor tersebut pada bulan Juli 1993, tetapi menambahkan, "setidaknya saya masih ada peluang di dua peran tersebut, tapi itu masih tersimpan di pikiran seseorang yang kini duduk di Hollywood."
  • Pada 1986, Timothy Dalton menjadi pilihan utama untuk menggantikan Roger Moore. Tetapi perjanjian kontrak dengan film Brenda Starr dan sebuah sandiwara teater dari Antony & Cleopatra dan The Taming of The Shrew sempat membuat Dalton tidak bisa menerima tawaran tersebut. Sebagai alternatif, Sam Neill kemudian sempat masuk tes untuk menjadi James Bond, tetapi kemudian ditolak oleh Albert R. Broccoli. Ternyata dalam kurun waktu setengah tahun, Dalton berhasil menyelesaikan syuting Brenda Starr dan itu berarti ia bisa masuk menjadi James Bond asal Wales yang pertama sepanjang sejarah. Dalton kemudian berperan dalam The Living Daylights (1987) dan Licence to Kill (1989). Dalton sedianya akan dikontrak untuk tiga buah film Bond[20], dimana untuk yang ketiga direncanakan akan diproduksi pada 1990 dan akan dilempar ke pasaran pada 1991. Saat itu judul yang berkembang di masyarakat adalah The Property of a Lady (yang masuk sebagai salah satu cerita pendek karya Ian Fleming), tetapi akhirnya tidak pernah dikonfirmasi oleh pihak EON Productions. Jalan ceritanya direncanakan akan berkisar seputar penghancuran sebuah laboratorium kimia di Skotlandia, dan Bond bertualang ke London, Tokyo dan Hong Kong. Tetapi film ini kemudian batal dibuat setelah United Artist/MGM berperang dengan EON selama hampir empat tahun. Ketika pertikaian ini berakhir di awal 1994, kontrak Dalton dengan EON Productions sudah habis, dan pada tanggal 7 Juni 1994, Brosnan diumumkan secara resmi sebagai aktor kelima untuk berperan sebagai James Bond.
  • Impian masa kecil yang menjadi kenyataan
  • Brosnan lantas menandatangani kontrak film James Bond sebanyak tiga judul dengan opsi tambahan untuk film yang keempat. Ia pertama kali muncul sebagai Komandan Bond pada film tahun 1995 berjudul GoldenEye yang kemudian banyak mendapat pujian dari para kritikus. Kritikus James Berardinelli menggambarkan ia sebagai "seorang yang bisa menyelesaikan perbaikan atas pendahulunya" dengan "bakat kecerdasan yang alami untuk seorang Komandan Bond. GoldenEye kemudian berhasil meraih pendapatan kotor sebesar US$ 350 juta di seluruh dunia Film ini menjadi film keempat terlaris di dunia pada 1995, dan masuk sebagai salah satu film James Bond terlaris saat itu.
  • Pada tahun 1996, Brosnan membentuk sebuah rumah produksi film yang bernama "Irish DreamTime" bersama dengan mitranya Beau St Clair. Tiga tahun kemudian perusahaan tersebut merilis film perdananya yang berjudul The Thomas Crown Affair, yang kemudian berhasil sukses di pasaran box-office. Brosnan lantas kembali sebagai James Bond dalam Tomorrow Never Dies (1997) dan The World Is Not Enough (1999), yang juga lagi-lagi mencatat box-office. Pada tahun 2002, Brosnan tampil untuk keempat kalinya sebagai Bond dalam Die Another Day. Selama promosi, ia menyebutkan bahwa ia ingin melanjutkan perannya sebagai James Bond: "Saya ingin melakukan hal yang lain, sungguh. Connery melakukannya enam kali. Enam akan menjadi sebuah angka yang fantastis, yang tidak akan pernah kembali."
  • Brosnan sempat bertanya pada EON Productions ketika ia menerima peran Bond, intinya apakah ia akan diizinkan untuk bekerja pada proyek-proyek film lain di luar James Bond. Permintaan itu dikabulkan, dan setiap kali film Bond dirilis, Brosnan juga muncul dalam setidaknya dua film utama lainnya, termasuk beberapa film yang diproduksi oleh dirinya sendiri. Brosnan sendiri muncul dalam beberapa judul film di antaranya sebagai ilmuwan di film besutan Tim Burton berjudul Mars Attacks !, ahli vulkanologis di Dante's Peak dan dalamGrey Owl, yaitu sebuah film biografi tentang Archibald Stansfeld Belaney dari Inggris yang mengadopsi nama Ojibwa Grey Owl dan kemudian menjadi salah satu konservasionis pertama asal Kanada.
Mewariskan jabatan
  • Tidak lama setelah rilis Die Another Day, media mulai mempertanyakan apakah Brosnan akan kembali atau tidak sebagai James Bond untuk kelima kalinya. Brosnan kemudian sempat teringat pada Roger Moore yang dibenci oleh sebagian fans 007 di akhir kariernya sebagai James Bond dikarenakan usianya yang terlalu tua yaitu 58 tahun, namun di sisi lain ia juga banyak mendapat dukungan moril dari pihak produser dan sebagian fans fanatik 007. Untuk alasan ini, ia tetap mencoba untuk bersemangat mengulangi perannya sebagai James Bond. Sepanjang 2004, Brosnan diisukan menemui jalan buntu dalam negoisasi kontrak kerjanya sebagai James Bond dengan EON Productions. MGM sebagai induk EON Productions mengumumkan bahwa mereka akan mencari aktor lain yang lebih muda untuk menggantikan Brosnan. Pada Juli 2004 Brosnan berujar bahwa "Bond adalah kehidupan saya yang lain, ia ada di belakang saya." Kemudian pada Oktober 2004, Brosnan mengatakan bahwa ia telah benar-benar berhenti sebagai James Bond, meskipun banyak isu yang menyatakan bahwa dirinya sedang syuting diam-diam untuk film James Bond kelimanya Pengumuman pengunduran diri Brosnan sebagai Bond resmi dirilis pada Februari 2005. Dan beberapa bulan sesudahnya, aktor asal Cheshire, Daniel Craig resmi mengambil alih peran Brosnan untuk James Bond. Dalam sebuah wawancara dengan The Globe and Mail, Brosnan ditanya pendapatnya oleh wartawan tentang Daniel Craig sebagai James Bond baru. Brosnan menjawab, "Saya tak sabar lagi seperti kita semua menantikan hal itu. Daniel Craig adalah seorang aktor besar dan ia akan melakukan pekerjaan yang fantastis." Dia kemudian menegaskan kembali dukungan ini dalam sebuah wawancara dengan International Herald Tribune, yang menyatakan bahwa "Daniel Craig sedang dalam perjalanan untuk menjadi Bond yang akan dikenang sepanjang sejarah."
  • Selama masa kerjanya di film James Bond, Brosnan juga menjadi salah satu bagian dari seri permainan video James Bond. Pada tahun 2002, wajah Brosnan digunakan sebagai model dalam video game Nightfire (dimana suaranya diisi oleh Maxwell Caulfield). Pada tahun 2004, Brosnan menjadi bintang utama dalam video game James Bond 007: Everything or Nothing, dimana untuk sulih suaranya ia bekerja sama dengan beberapa aktor pengisi suara lain.
Setelah James Bond (2003-sekarang)
Peran besar pertama Brosnan pasca James Bond adalah sebagai Daniel Rafferty pada film tahun 2004 berjudul Laws of Attraction. Garreth Murphy dari entertainment.ie, menggambarkan kinerja Brosnan sebagai "sangat efektif, ia secara lembut bisa melepas karakter James Bond dan melengkapinya dengan energi yang besar". Pada tahun yang sama, Brosnan membintangi film After the Sunset bersama Salma Hayek dan Woody Harrelson. Film ini ternyata mendatangkan kritikan dimana prosentasinya adalah 17% pada Rotten Tomatoes. Film Brosnan berikutnya adalah film tahun 2005 berjudul The Matador, dimana ia berperan sebagai Julian Noble, seorang pemabuk berat yang bertemu dengan seorang salesman keliling (Greg Kinnear) di sebuah bar bergaya Meksiko. Film ini mendapat respon baik dari para kritikus film daripada After the Sunset. Roger Ebert untuk Chicago Sun-Times menyebut bahwa "inilah hasil kerja Brosnan yang terbaik sepanjang hidupnya". Brosnan kemudian dinominasikan untuk Golden Globe kategori penghargaan Aktor Terbaik Musikal atau Komedi namun ia kalah dari Joaquin Phoenix untuk film Walk the Line.
Film pertama Brosnan untuk tahun 2007 adalah Seraphim Falls, dimana ia berperan bersama rekan senegaranya Liam Neeson. Film ini dirilis untuk pemutaran terbatas pada 26 Januari 2007. Ada rumor yang dirilis pada Januari 2009 bahwa Pierce Brosnan akan bermain sebagai penjahat dalam film Ghostbusters yang baru.
Pra-produksi untuk The Thomas Crown Affair 2, yang merupakan sekuel dari film tahun 1999 The Thomas Crown Affair telah dimulai sejak akhir 2007. Film ini disutradarai oleh sutradara Belanda Paul Verhoeven, dan akan menggunakan novel karya Eric Ambler yang berjudul The Light of Day dan adaptasi dari film tahun 1964 yang berjudul Topkapi sebagai dasar cerita film ini.[44] Pada Desember 2005, Brosnan dilaporkan masuk sebagai salah satu pemain dalam film The November Man, yang merupakan sebuah adaptasi dari novel karya Bill Grainger berjudul There Are No Spie, tetapi proyek ini dibatalkan pada tahun 2007. Brosnan juga mendapatkan dukungan finansial untuk membuat film berjudul Caitlin, yaitu sebuah film tentang Caitlin MacNamara, istri dari penyair Dylan Thomas. Peran utama sebagai Caitlin akan dimainkan oleh Miranda Richardson dan Brosnan hanya bermain sebagai peran pembantu dalam film tersebut, yaitu sebagai agen sastra dari Dylan Thomas, John Brinnin. Teman Brosnan dalam Die Another Day, Rosamund Pike, juga akan muncul dalam film tersebut.[47] Pada tahun 2008, Brosnan bergabung dengan Meryl Streep untuk berperan dalam film adaptasi dari salah satu karya musik ABBA berjudul Mamma Mia!. Persiapan Brosnan untuk bermain dalam film tersebut terbilang cukup serius, dimana ia berlatih bernyanyi selama enam minggu dan kemudian diiringi dengan latihan paduan suara di New York.[48] Brosnan juga menjadi narrator untuk sebuah episode DVD Thomas the Tank Engine and Friends, The Great Discovery.
Pada tahun 2009, Brosnan membintangi film berjudul The Big Biazarro, yang disutradarai oleh Vondie Curtis-Hall. Film ini merupakan adaptasi dari novel Leonard Wise yang berjudul sama. Dalam film tersebut ia berperan sebagai seorang mentor kepala yang mendidik anak didiknya secara keras. Brosnan juga memiliki rencana untuk membuat sebuah film Barat dengan pemain full Irlandia seperti Gabriel Byrne dan Colm Meaney. Aktor dan sutradara Danny DeVito telah menyatakan bahwa Brosnan akan bergabung bersama Dakota Fanning dan Morgan Freeman dalam adaptasi dari novel tahun 1990 yang berjudul The True Confessions of Charlotte Doyle. Brosnan akan bermain sebagai "Zakaria, seorang juru masak kapal, ahli bedah, dan tukang kayu."
Kehidupan pribadi
Pernikahan pertama
Brosnan bertemu aktris Australia Cassandra Harris melalui David Harris, yang merupakan salah satu keponakan dari Richard Harris pada tahun 1974, tak lama setelah Brosnan lulus kuliah. Dalam pertemuan pertamanya, Brosnan menggambarkan Cassandra sebagai:
"Seorang wanita berwajah cantik. Saya tidak pernah berpikir sedikit pun bahwa ia adalah seseorang yang akan menghabiskan 17 tahun bersama-sama saya. Saya tidak memikirkan untuk merayu dirinya, atau mencoba menarik supaya ia merayu saya. Saya hanya ingin menikmati kecantikannya dan keanggunannya."
Mereka lantas menikah dan kemudian berhasil membeli sebuah rumah di daerah Wimbledon, London pada tahun 1979. Pasangan ini lantas memiliki satu anak laki-laki bernama Sean Brosnan yang lahir pada 13 September 1983, dan dua anak angkat yaitu Charlotte (lahir 27 November 1971) dan Christopher (lahir 6 Oktober 1972).
Khawatir dengan kesulitan keuangan, Brosnan lantas bekerja keras bersama-sama istrinya. Mereka lantas bekerja untuk beberapa stasiun TV di Inggris dan Irlandia. Setelah istri Brosnan tampil di film For Your Eyes Only pada tahun 1981, mereka lantas mencoba meminjam dana kepada bank, dan kemudian pindah ke Los Angeles, dimana Brosnan kemudian berhasil menjalin kontrak untuk Remington Steele, dan sejak itu pula, keuangan keluarga Brosnan tidak lagi surut.
Ketika Remington Steele singgah di Irlandia untuk satu episode, Brosnan kemudian berkumpul kembali dengan ayah kandungnya. Brosnan menggambarkan ayahnya tersebut sebagai seorang yang tinggi besar dan kekar, tapi nyatanya ayah kandungnya, yang telah meninggalkannya sewaktu kecil, adalah "seorang laki-laki bertubuh sedang, berrambut perak, mata dan rahang yang tajam. Iaa punya aksen Kerry sangat kuat." Namun, Brosnan juga menyesal bahwa ia dan ayah kandungnya harus bertemu dalam lingkungan publik dan bukan pada sebuah pertemuan pribadi.[3]
Kehilangan istri
Ketika sedang menjalani syuting film The Deceivers di Rajasthan, India pada 1987, Brosnan mendapati bahwa istrinya Cassandra Harris menderita sakit parah. Ia lantas terkena diagnosa kanker indung telur dan kemudian meninggal dunia empat tahun kemudian pada tahun 1991. Brosnan sempat berjuang untuk mengatasi penyakit kanker dan kematian istrinya tersebut, ia sempat berujar;
"Seorang wanita muda melakukan dua perjalanan hidup yang cukup berat, yaitu sebagai seorang ibu dan sebagai seorang aktris. Ketika pasangan Anda mendapat kanker, maka kehidupan berubah. Jadwal dan referensi Anda untuk kegiatan rutin memang berjalan seperti biasa dan ketika Anda memandang hidup pasangan Anda, Anda mungkin mengisra semua perubahan ini ibaratnya sebuah bencana. Sebab Anda sedang berhadapan dengan kemungkinan kematian dan sekarat. Cassie sangat positif tentang kehidupan. Maksud saya, ia memiliki energi yang menakjubkan dan pandangan hidup yang luas. Saat-saat ia wafat merupakan kehilangan yang mengerikan bagi saya, dan saya melihat itu tercermin dari waktu ke waktu, pada saya dan juga pada anak-anak saya."
Menikah lagi
Pada tahun 2001, Brosnan menikahi wartawati Amerika Serikat bernama Keely Shaye Smith. Pasangan ini mempunyai dua anak laki-laki yaitu Dylan Thomas Brosnan (lahir 13 Januari 1997) dan Paris Beckett Brosnan (lahir 27 Februari 2001).
Lain-lain
Pada Juli 2003, Ratu Elizabeth II memberikan Brosnan gelar kehormatan OBE untuk "kontribusi luar biasa bagi industri film Inggris". Sebagai seorang warga negara Irlandia, aslinya ia tidak memenuhi syarat untuk menerima gelar OBE penuh, yang hanya diberikan untuk warga negara Britania Raya. Pada tahun 2002, Brosnan juga dianugerahi gelar kehormatan dari Dublin Institute of Technology (bersama Eddie Jordan) dan satu tahun kemudian dari University College Cork.
Pierce Brosnan adalah penggemar sepak bola Liga Inggris. Tim favoritnya adalah Fulham FC.[59]
Warga negara Amerika Serikat
Pada tanggal 23 September 2004, Brosnan resmi menjadi warga negara Amerika Serikat, tetapi ia kemudian masih mempertahankan kewarganegaraan Irlandia-nya. Brosnan mengatakan bahwa "Saya masih seorang Irlandia dalam segala sesuatu yang saya lakukan. Ini adalah semangat tentang siapa saya baik sebagai laki-laki, seorang aktor, atau seorang ayah. Irlandia adalah tempat saya berasal." Brosnan ditanya oleh seorang fans bagaimana jika ia kesal ketika bingung ditanya Anda dari negara mana, Brosnan menjawab: "Ini menghibur saya dalam beberapa hal bahwa mereka harus bingung dengan saya yang dianggap sebagai seorang Inggris padahal saya lahir dan besar di Irlandia... Saya tidak harus tunduk di bawah siapapun, baik di bawah Ratu Elizabeth II atau George W. Bush. Ini tidak akan mengganggu saya."
Kerja amal dan lingkungan
Brosnan mendukung John Kerry dalam Kampanye Pemilu Presiden AS 2004. Ia mendukung penuh rencana Kerry yang akan membatasi penggunaan pistol untuk kalangan sipil dan pelarangan pernikahan sejenis. Pada tahun 2004, ia dijuluki sebagai pria pecinta lingkungan hidup dengan 'Gaya Pakaian Terbaik' oleh Sustainable Style Foundation. Brosnan memiliki sebuah BMW Hydrogen 7 sebagaimana tertulis di dalam BMW Magazine.
Brosnan pertama kali menyadari bahaya senjata nuklir pada usia sembilan tahun ketika seluruh dunia mengutuk AS pada uji coba nuklir di Nevada tahun 1962. Selama tahun 1990-an, ia ikut serta dalam beragam konferensi anti-nuklir di Washington, DC untuk membantu Greenpeace. Brosnan juga lebih memilih untuk absen dalam gala premiere GoldenEye di Prancis untuk mendukung protes Greenpeace terhadap program pengujian nuklir Prancis. Dari tahun 1997 hingga 2000, Brosnan dan istrinya, Smith bekerja untuk Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam (NRDC) dan International Fund for Animal Welfare (IFAW) untuk menghentikan pabrik garam yang dikabarkan sedang di bangun di Laguna San Ignacio. Satu tim dengan Brosnan antara lain Halle Berry, Cindy Crawford dan Daryl Hannah. Tim ini kemudian berhasil mengagalkan pembangunan fasilitas milik Port Cabrillo Liquefied Natural Gas yang diusulkan akan dibangun di lepas pantai Malibu, California dimana dikhawatirkan pembangunan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada kehidupan laut di sana.
Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.  Gambar sebelah kiri - Pierce Brosnan dalam Festival Film Toronto tahun 2005
Brosnan juga mencoba untuk menjual beberapa lukisan hasil karyanya demi meningkatkan uang pendapatan untuk beramal. Ia memang telah sejak dini dilatih sebagai seniman lukis, sebelum akhirnya bergeser ke teater; selama istri pertama Brosnan sakit keras, Brosnan berusaha untuk membuat beberapa lukisan tentang serba-serbi kehidupan demi untuk membiayai pengobatan istrinya. Sebagian hasil pendapatannya dari lukisan-lukisan tersebut juga ia gunakan untuk beramal kepada sebuah yayasan wanita dan anak-anak. Sejak Harris meninggal dunia, Brosnan juga telah aktif menjadi seorang anggota untuk sebuah yayasan penanggulangan kanker dan pada 2006, ia menjabat sebagai juru bicara untuk Lee National Denim Day, sebuah yayasan penanggulangan kanker payudara.
Pada Mei 2007, Brosnan dan Smith menyumbangkan $ 100.000 untuk membantu memperbaiki dan membuat sebuah tempat bermain di Hawaii, tepatnya di pulau Kauai, dimana mereka memiliki rumah. Pada tanggal 7 Juli 2007, Brosnan menyajikan sebuah film di Live Earth di London. Ia juga membuat sebuah iklan TV untuk lingkungan hidup.
Pierce Brosnan juga menjadi Duta Besar untuk UNICEF Irlandia sejak tahun 2001. Pierce membuat semacam kampanye khusus untuk menandai peluncuran rencana UNICEF "Bersatu untuk Anak-anak. Bersatu melawan AIDS" dimana dalam acara ini ia berpasangan dengan rekan senegaranya Liam Neeson.
Filmografi
1979 Murphy's Stroke Edward O'Grady FTV
1980 The Long Good Friday 1st Irishman The Mirror Crack'd Actor
          playing 'Jamie' Peran tidak jelas
1986 Nomads Jean Charles Pommier Remington Steele: The Steele
          That Wouldn't Die Remington Steele
1987 Taffin Mark Taffin The Fourth Protocol Valeri Petrofsky/James
          Edward Ross
1988 The Deceivers William Savage Noble House Ian Dunross
          Miniseri TV
1989 Around the World in 80 Days Phileas Fogg Miniseri TV The
         Heist Neil Skinner FTV
1990 Mister Johnson Harry Rudbeck
1991 Murder 101 Charles Lattimore FTV Victim of Love Paul
         Tomlinson FTV
1992 The Lawnmower Man (Dr. Lawrence Angelo) Live Wire (Danny
         O'Neill)
1993 Mrs. Doubtfire Stuart Dunmeyer Death Train Michael 'Mike'
         Graham FTV Entangled Garavan The Broken Chain Sir
         William Johnson FTV
1994 Love Affair Ken Allen Don't Talk to Strangers Douglas Patrick
         Brody FTV
1995 Night Watch Michael 'Mike' Graham FTV GoldenEye (James
         Bond) - Nominasi — Saturn Award for Best Actor
1996 Mars Attacks! Professor Donald Kessler The Mirror Has Two
         Faces Alex
1997 Robinson Crusoe (Robinson Crusoe) Tomorrow Never Dies (James
         Bond) Saturn Award for Best Actor Nominasi — European Film
         Award for Outstanding European Achievement in World Cinema.
         Dante's Peak (Harry Dalton)
1998 Quest for Camelot (King Arthur) The Nephew Joe Brady Juga
         menjadi produser
1999 Grey Owl Archibald "Grey Owl" Belaney The World Is Not
         Enough (James Bond) Empire Award for Best Actor The Match
         John MacGhee Juga menjadi produser The Thomas Crown
         Affair Thomas Crown also producer
2001 The Tailor of Panama Andrew Osnard
2002 Die Another Day (James Bond) Nominasi — Saturn Award for
         Best Actor Evelyn Desmond Doyle Juga menjadi produser
2004 After the Sunset Max Burdett Laws of Attraction Daniel Rafferty
         Juga menjadi produser eksekutif
2005 The Giant Seabass Sebastian Bilodeau Juga menjadi produser,
         The Matador (Julian Noble) Nominasi — Saturn Award for Best
         Actor Nominasi — Golden Globe Award for Best Actor –
         Motion Picture Musical or Comedy Nominasi — Irish Film &
         Television Award for Best Actor in a Lead Role - Film
2006 Seraphim Falls (Gideon)
2007 Butterfly on a Wheel Tom Ryan Juga menjadi produser Married
         Life Richard Langley
2008 Thomas and Friends: The Great Discovery Narator Mamma Mia!
         Sam Carmichael Nominasi — National Movie Award for Best
         Performance
2009 The Greatest Allen Brewer Remember Me (Charles Hawkins)
2010 The Ghost Adam Lang, Percy Jackson, Chiron, Rugrats ACME
         Fred pra-produksi
Sumber bacaan Wikipedia bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar