Jumat, 21 Desember 2012

Tips : Awet Muda dengan Penampilan Prima


Dikemas oleh : Isamas54
Setiap orang pasti ingin terlihat tampil selalu cantik, tampan, awet muda, dan sehat.  Untuk hal ini sebenarnya terdapat cara yang murah dan aman dengan hanya membutuhkan perawatan melalui pengaturan gaya hidup.
 
Penampilan yang prima (cantik/tampan, sehat dan awet muda) bisa membuat seseorang lebih bersemangat dan percaya diri dalam menjalani kehidupannya.  Masalah penampilan ini tentu saja merupakan idaman setiap orang, bahkan kini laki-laki pun tidak mau ketinggalan dalam memperhatikan penampilan, hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah operasi plastik untuk pria di Hollywood dan semakin berkembangnya olah tubuh.
Sehingga tidak heran jika banyak produsen kosmetik (terutama untuk wanita) berlomba dan bersaing secara gencar menawarkan kehebatan produk mereka yang katanya mampu melawan tanda-tanda penuaan.  Menggunakan produk anti penuaan ini mungkin berhasil tetapi tentu saja harus disertai dengan modal yang kuat, ditambah lagi dengan risiko dan bahaya efek samping yang dapat ditimbulkan.
Usia boleh bertambah, tetapi bukan berarti membiarkannya begitu saja, hal ini dapat dilakukan melalui langkah-langkah mudah untuk menunda penuaan dini dan kerusakan yang berlebihan sebelum waktunya, cara ini  bisa diterapkan ke dalam gaya dan kehidupan sehari-hari.  Gaya hidup sehat ini sebenarnya sudah cukup untuk meningkatkan penampilan fisik yang juga sekaligus menggambarkan penampilan jiwanya. 
Beberapa cara untuk meningkatkan penampilan di bawah ini perlu disesuaikan dengan gender (pria atau perempuan) serta memperhatikan ‘tingkat kewajaran’.

1.  Makan sehat
Dengan pola makan sehat, maka akan memiliki kulit dan rambut yang lebih bersinar, kuncinya adalah makan dengan menu yang seimbang.
Kandungan vitamin dan mineral atau antioksidan seperti vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam buah dan sayur merupakan hal yang sangat berguna bagi kesegaran wajah. Kesehatan pun akan semakin baik dengan mengkonsumsinya, karena hal ini akan memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.  Adapun makanan yang dapat menyehatkan kulit seperti salmon, almond, dan buah beri.
Catatan : Jangan terlalu menghindari lemak, karena kekurangan asupan lemak dapat menyebabkan kulit jadi kering, bersisik, dan rambut bercabang.  Untuk hal ini dapat mengonsumsi lemak nabati untuk mendapatkan kulit indah tanpa mengorbankan bentuk tubuh.  Kalau diperlukan, minumlah suplemen vitamin A,C, dan E yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan penuaan dini.

2.  Minum air putih
Kulit membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik, terutama dalam melawan kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Minumlah delapan gelas air putih sehari untuk melarutkan racun dari tubuh dan membawa nutrisi ke dalam lapisan kulit (dermis).

3. Cukup tidur
Tidur yang cukup membantu mengembalikan kebugaran semua organ tubuh, mengurangi ketegangan dan kecemasan, serta mencegah keriput.
Ketika tidur enzim-enzim dalam tubuh akan bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak termasuk kulit, mengurangi toksin dan mendistribusikan nutrisi ke sel-sel tubuh.  Tidur yang cukup direkomendasikan agar memenuhi 8 jam waktu tidur.
Catatan : Khususnya bagi perempuan, sebelum tidur jangan lupa membersihkan make up terlebih dahulu, karena make up yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori yang membuat kulit kusam, menimbulkan jerawat, iritasi pada mata.

4. Jaga berat badan
Mengurangi berat badan agar senantiasa ideal tidak hanya akan meningkatkan penampilan, tetapi juga mengurangi risiko stroke, kanker diabetes, dan penyakit lainnya.
Catatan : Hindari diet radikal.

5.  Hindari rokok dan minuman beralkohol
Rokok menyebabkan kulit menjadi keriput yang lebih parah akibat dari sinar matahari. Merokok akan mengurangi kulit kolagen dan elastin yang memberikan tekstur kulit, kekuatan, dan elastisitas sehingga justru akan mempercepat proses penuaan, juga dapat membuat kulit tampak lebih kusam dan gelap.
Sedangkan alkohol dapat menyebabkan pembengkakan jaringan, terutama mata bengkak, dan sering mendorong kebiasaan makan yang buruk yang akan berakhir dengan kenaikan berat badan.
Catatan : Selain berhenti merokok, juga hindari asap rokok karena merusak enzim penghasil kolagen yang bisa menyebabkan kulit berkeriput.

6. Berdiri tegak
Postur yang baik benar-benar membuat penampilan menjadi bagus dan jangan biasakan berdiri atau duduk dengan membungkuk.

7.  Olahraga secara teratur

Olahraga tak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga membuat kulit berseri karena meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit.  Walaupun terkadang sulit untuk menyediakan waktu untuk berolahraga karena merasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian, tapi usahakan agar Anda meluangkan waktu untuk berolahraga minimal 2 kali seminggu, agar kesehatan tetap terjaga.
Selain olah raga rutin, dapat dilakukan latihan kardio yang akan menurunkan stres, membuat lebih bahagia dan membuat kulit bercahaya.  Hal ini bisa dilakukan dengan berjalan-jalan ringan atau bersepeda. Latihan juga harus menyenangkan dan harus merasa nyaman melakukannya.

8.  Seks sehat dan pasangan tetap
Karena penampilan prima ini tidak hanya untuk sementara maka dalam memenuhi kebutuhan hidup khususnya seks dan ketenangan jiwa, maka diperlukan mempunyai pasangan tetap melalui hubungan berkomitmen jangka panjang, seperti pernikahan, hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik seseorang.
Mungkin bergonta-ganti pasangan ‘untuk sementara menyenangkan bagi sebagian orang’ tetapi kalau untuk jangka panjang (sampai dapat umur atau tua), pendapat tersebut mungkin masih dipertanyakan, terutama dari lubuk hati berdua pasangan.  Selain itu dilihat dari ketenangan jiwa (mudah bosan, cemburu, sakit hati, moral ke hal negatif,  dsb) maupun dari segi fisik (penyakit, pola makan/minum, dan ketidak teraturan hidup), ataupun dalam kehidupan bermasyarakat apalagi tuntunan agama, mengharuskan seseorang untuk mempunyai pasangan tetap berkomitmen.

Selingan …
Hubungan berkomitmen
Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa hubungan berkomitmen jangka panjang, seperti pernikahan, bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. 
Salah satunya adalah penelitian yang dipimpin David Gallacher dari Fakultas Psikologi Universitas Cardiff-Inggris telah melakukan jajak pendapat terhadap 100 pa­sangan yang menikah. Pertanyaan diberikan kepada partisipan terkait dengan kondisi pernikahan dan kesehatan fisik dan mental mereka.
Hasil penelitian : (a). sebesar 52% partisipan mengalami peningkatan kesehatan mental dan fisik karena mampu berbagi semua permasalahan mereka, termasuk keuangan, karier, dan kesehatan pribadi. (b).  Pada perempuan, pernikahan ini dapat meningkatkan kesehatan mental, sedangkan bagi pria, pernikahan membuat kesehatan fisik meningkat, sehingga hal itu menjadi kombinasi keseimbangan bagi sebuah pasangan, (c).  Rata-rata orang yang menikah hidup lebih lama.
(sumber : Media Indonesia 1/2/2011)
Kita lanjutkan …

9. Mandi untuk membersihkan badan
Batasi waktu mandi hanya selama kurang lebih 3 menit dengan suhu air yang tidak terlalu panas. Mandi untuk membersihkan badan dilakukan minimal 2 kali dalam sehari.  Untuk frekuensi mandi ini bisa disesuaikan dengan waktu dan wilayah geografi, yang tentu ada batasan minimalnya.

10. Merawat kulit dan wajah
Merawat kulit atau wajah bisa dilakukan dengan make up, masker, atau krim, tetapi terlebih dahulu kenalilah jenis kulit dan gunakan produk yang sesuai, jangan terpengaruh harga atau merk tertentu.  Gunakan yang benar-benar sesuai dengan kulit karena salah memilih produk kecantikan dapat berpengaruh buruk terhadap wajah.
Catatan : Perhatikan kebersihan alat kecantikan seperti kuas atau spons bedak jangan sampai kotor.  Buang semua produk yang sudah kedaluarsa, berubah warna, tekstur dan aromanya.

11.  Memelihara ‘bagian tubuh luar’
Untuk memelihara penampilan khususnya di bagian luar tubuh utama yaitu biasakan rutin bercukur, merawat kuku, menyikat gigi minimal 2 kali sehari, dan hindari model potongan rambut yang monoton.  Untuk rambut ini sebaiknya lakukan perubahan kecil pada potongan rambut agar penampilan lebih segar secara keseluruhan.

12.  Menggunakan perlengkapan
Untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam penampilan bisa melalui variasi pakaian, menggunakan perlengkapan atau perhiasan seperti : gelang, cincin, jilbab, kacamata, topi, dlsb. 
Catatan : Menggunakan pakaian atau perhiasan disesuaikan dengan situasi, waktu dan kondisi (aspek keamanan),  selain itu penampilan yang berlebihan bisa mengganggu atau mengurangi aura kecantikan atau penampilan.

13.  Berpikir positif, hindari stress, dan berdoa
Pikiran memang merupakan bagian yang sangat mempengaruhi kondisi tubuh dimana stress dapat menimbulkan penyakit. Demikian pula pada wajah, jika terlalu banyak pikiran bisa membuat wajah terlihat lebih tua.  Studi menunjukkan bahwa stres secara otomatis akan mencetak garis-garis pada wajah, sehingga carilah dalam keseharian hal yang dapat menghibur untuk kesehatan jiwa.
Berpikirlah positif, selalu menerima apapun masalah sebagai sesuatu yang baik, dan tidak lupa untuk rajin berdoa demi ketenangan jiwa dan raga.

14.  Hal-hal lainnya.
Biar Tip ini tidak berakhir di angka 13, ditambahkan :  ‘di luar hal-hal tersebut di atas mungkin masih ada hal-hal lain yang belum tercakup’, misalnya mengembangkan hoby, mengasuh dan mendidik anak/cucu, atau menjauhi narkoba.  

Selamat menjalani hidup sehat, dengan penampilan yang prima !
Keterangan gambar :sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber a.l : mediaindonesia.com 2012/04/02, 2011/10/22;  kumpulan.info 2010/5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar