Senin, 14 Mei 2012

Action Figure, Si Tokoh Mini


Dikemas oleh Isamas54
Mengoleksi action figure bagi para pecintanya memang mengasyikkan dimana  kehadiran benda mini itu seolah menjadi pengganti tokoh idola mereka di dunia nyata.

Action figure adalah merupakan merupakan reflika berupa boneka kecil yang menggambarkan tokoh favorit atau idola, biasanya diambil dari tokoh komik, film, video game, atau tokoh/figur di bidang tertentu.  Terkadang juga dilengkapi dengan ‘reflika’ fasilitas penunjangnya seperti bentuk jalan, panggung, dlsb.
Merupakan suatu kesalahan apabila beranggapan bahwa action figure adalah mainan anak-anak karena dalam kenyataanya justru banyak orang dewasa yang lebih suka mengumpulkan barang-barang tersebut dengan alas an yang berbeda-beda.
Sebagian besar memang sudah mengidolakan karakter action figure tersebut sejak kecil dan melampiaskan keinginan mereka untuk membeli yang belum kesampaian sejak dulu.

Koleksi berharga
Harga biasanya tidak membohongi yaitu dari segi keawetan (gesekan dan kekuatan) dan kualitas penampakan (kehalusan dan warna).  Tidak ada salahnya membeli action figure dengan harga tinggi asal memiliki detail dan guratan yang sangat cermat, malahan terkadang ada yang dibuat sesuai dengan ukuran tokoh sebenarnya, antara lain tokoh-tokoh dari film Star Wars yang dibuat sesuai dengan ukuran aslinya seperti Yoda atau Clone Troopers.
Harga action figure berkualitas bisa terus naik terutama jika barang tersebut menjadi barang langka.

Para jagoan
McFarlane Toys ialah salah satu produsen action figure yang paling terkenal di dunia. McFarlane seorang komikus sebelum akhirnya memproduksi beragam action figure. Produsen itu membidik pasar dewasa dan membuat beragam action figure dari musikus seperti Kiss, Alice Cooper, Jim Morrison, dan Jimi Hendrix hingga atlet bisbol, hoki, dan basket. Ada pula action figure dari beragam film seperti The Terminator, The Matrix, dan Shrek, juga karakter-karakter dari gim video.

Menolak dijadikan Action Figure
Apple Inc mengumumkan telah mengirimkan surat teguran kepada perusahaan asal China, In Icons, yang akan memproduksi boneka Steve Jobs setinggi 12 inci. Penjualan boneka tersebut diklaim melanggar aturan hukum. Penggunaan logo perusahaan, nama orang, penampilan, atau bentuk produk tanpa izin adalah tindak pidana. Hal ini dilaporkan pertama kali oleh The Telegraph.
Boneka action figure yang akan diproduksi dengan perbandingan 1:6 tersebut direncanakan akan dijual In Icons pada Februari 2012. Pre-order pembelian akan dimulai sejak 25 Januari hingga 7 Februari 2012.
Apple yang mengklaim bahwa produksi action figure Steve Jobs ini adalah ilegal belum memberikan pernyataan kepada wartawan seputar tanggapan dari perusahaan In Icons. Hanya saja, Apple menegaskan bahwa perusahaan tidak akan menggugat In Icons jika produksi boneka ini dihentikan.
Namun, Tandy Cheung, pemimpin In Icons, dalam wawancara dengan wartawan ABC News mengatakan bahwa perusahaan mereka tidak akan menghentikan produksi. "Apple bisa melakukan apa pun yang mereka sukai, tapi kami sudah memulai produksi," ujarnya.
Ini bukan kali pertama bagi Apple berurusan hukum dengan produsen boneka action figure. Tahun 2010, Apple menggugat MICGadget karena memproduksi boneka Steve Jobs. Perusahaan China ini bahkan menyematkan kostum ninja kepada boneka Steve Jobs sehingga sangat menyinggung Apple.
Meski kali ini In Icons membuat boneka yang pantas karena sesuai dengan karakter asli Steve Jobs, tampaknya Apple tak akan tinggal diam.
Sosok Steve Jobs dengan kacamata, kaus turtleneck hitam, jins biru, dan sepatu sneaker diakui adalah figur milik Apple. Ditambah lagi, boneka Steve Jobs juga akan dilengkapi dua buah boneka apel dengan bekas gigitan yang merupakan bentuk logo perusahaan Apple Inc. (tekno.kompas.com/read/2012/01/06)

Tip membeli dan berbagi informasi.
(a).  Perhatikan terlebih dahulu cat yang menempel dan pastikan di semua sisi belum memudar, rapi, dan tidak terkesan asal-asalan.
(b).  Perhatikan juga cetakan tangan dan kepala, semakin detail tiap bagian maka harga akan semakin tinggi.
(c).  Cek merek yang tertera, pastikan barang asli dan jangan sampai tertipu oleh merek ternama yang namanya dipelesetkan.
(d).  Harga sebuah action figure biasanya melambung seiring dengan kualitasnya sehingga untuk hal ini sediakan dana.
(e).  Disiplin dan rencanakan pembelian terlebih dulu dan ingat ketika melihat begitu banyak action figure yang menarik akan cenderung membeli lebih banyak daripada rencana semula.
(f).  Kalau perlu, mintalah bantuan orang lain untuk mengingatkan agar Anda tidak berbelanja secara berlebihan. Jangan sampai Anda kehabisan uang hanya untuk membeli koleksi action figure.
(g).  Hal yang perlu diperhatikan juga yaitu prioritas kebutuhan tersebut apakah sifatnya untuk jangka pendek (bosan) atau untuk jangka panjang (memang betul-betul hobi atau tidak hanya sekedar ikut-ikutan atau musiman).
(h).  Kini banyak sekali toko daring yang menyediakan action figure berkualitas dengan harga wajar, kita bisa lebih mudah membandingkan harga dan kualitas barang
(i).  Di dunia maya ini, juga bisa menemukan banyak forum yang bisa membantu Anda menemukan barang-barang yang Anda cari serta bisa bertemu dengan sesama pecinta action figure untuk bisa saling berbagi informasi dan cerita seputar hobi Anda.

Agar Tetap Menarik
(a).  Agar tetap cantik dan menarik jangan lupa membersihkannya setiap hari dan setidaknya setiap seminggu sekali gunakan tisu basah atau penyedot mini untuk membersihkannya dari debu
(b).  Untuk menjaga kualitas cat tetap menempel dengan baik maka jauhkan dari paparan sinar matahari dan bahan-bahan lain yang bisa merusak cat atau plastic (dalam di ruangan dengan suhu normal).
(c).  Gunakan lampu untuk memberikan kesan lebih indah dan mahal, namun suhu tetap dijaga.  Ada baiknya menaruh segelas air di antara lampu dan koleksi untuk meredam panas yang dipancarkan lampu dan panasnya tidak langsung menyentuh koleksi.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi (tambahan) yang diambil dari internet
Sumber editing bacaan a.l : Media Indonesia tgl. 6 Januari 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar