Selasa, 13 Maret 2012

Obyek Wisata, Hotel dan Budaya di Wilayah Indramayu.


Kabupaten Indramayu merupakan daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup potensial karena kekayaan alam, tradisi, seni dan budaya.

A. Wisata
Obyek Wisata di Kabupaten Indramayu terdiri dari wisata alam, wisata agro, wisata ziarah, wisata rohani dan wisata kuliner.

1.  Wisata Alam
a. Pulau Biawak
http://matanews.com/wp-content/uploads/PotensiWisataBahari-Indramayu250411.JPG
Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan.  Objek wisata bahari adalah taman laut, ikan hias di terumbu karang, pasir putih, tanaman bakau dan mangrove (cukup lengkap jenisnya), koloni biawak serta menara mercusuar yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872 (bangunan kuno). Aktivitas rekreasi yang dapat di lakukan di pulau ini adalah selam, lterna, snorkeling dan wisata petualangan.
b. Pantai
Terdapat beberapa pantai indah yang dapat di jadikan tempat rekreasi a.l Pantai Tirtamaya, Pantai Glayem di Kecamatan Juntinyuat, Pantai Balongan Indah di Kecamatan Balongan, dan Pantai Eretan (merupakan tempat mendaratnya tentara Jepang pada tahun 1942) di Kecamatan Kandanghaur .  Pantai – pantai tersebut merupakan tempat merapatnya prahu-prahu nelayan.
Pantai Tirtamaya adalah salah satu tempat yang banyak di kunjungi oleh para wisata, selain sebagian pemandian yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari pantai ini terletak di Juntinyuat.
c . Situ
Situ Bojong Sari
Merupakan lokasi wisata yang ada di pusat kota Indramayu, ± 6 ha, di lengkapi sarana wisata air seperti water boom, sepeda air, perahu wisata dan olah raga dayung, juga cocok untuk aktivitas lterna dan berkemah.
Situ Bolang
Terletak di desa Jatisura Kecamatan cikedung ± 20 km dari kota Indramayu, merupakan salah satu wisata  alternative dengan suasana nyaman dan tenang yang di dukung nuansa pedesaan dengan panorama pesawahan dan pepohonan.
Situ Brahim. Situ ini terletak di desa babadan Kecamatan sindang.
Waduk Cipancuh.  Waduk yang terletak di cipancuh Kecamatan haurgelis.
d. Koloni Kera Banjar
Objek wisata ini terletak di desa bulak Kecamatan jatibarang  sekitar 17 km dari kota Indramayu dan objek ini banyak di kunjungi wisatawan karena keunikannya yaitu terdapat koloni kera yang sejak jaman dahulu sampai sekarang berjumlah 41 ekor.

2. Wisata Agro
Indramayu sebagai penghasil mangga yang menjadi trade mark Kabupaten Indramayu, di wilayah ini banyak ditemui kebun-kebun mangga.
Memiliki obyek Wisata Agro yang menarik berupa hutan kayu putih yang banyak terdapar di Kecamatan Cikedung, dapat di lihat mulai dari proses penanaman, pemeliharahaan sampai produksi berupa minyak kayu putih.  Wisata agro lainnya di Desa Cemara  Kecamatan Losarang dan Desa Cangkring.

3. Wisata Ziarah
Situs Makam Raden Arya Wiralodra
Raden Arya Wiralodra merupakan pendiri kota Indramayu. Makam wiralodra ini terletak di Desa Sindang (lapangan krapyak) Kecamatan sindang sekitar 500 m sebelah barat Pendopo Kabupaten Indramayu.
Situs Makam Selawe
Situs ini terletak di Desa Dermayu Kecamatan Sindang sekitar 1 km dari pusat kota Indramayu. Di  makam selawe tersebut terdapat makam Pangeran Guru dari Palembang, salah seorang penantang Nyi Endang Darma juga 24 makam muridnya.
Situs Makam Buyut Tambi
Situs makam ini berada di DesaTambi Kecamatan Sliyeg. Sekitar 20 km dari kota Indramayu .

4. Wisata Rohani
Wisata Rohani Ma’had Al Zaetun
Adalah sebuah Pesantren Modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 ha, terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indrarmayu, Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya merupakan tonggak sejarah yang mengimplementasikan suatu kenyataan pembangunan berwawasan lingkungan.

5.  Wisata Kota
Alun-alun
Merupakan Pusat Kota atau biasa disebut Alun-alun, sekaligus sebagai pusat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan pada sore hari kawasan ini menjadi ramai..
Tugu Kijang atau Bunderan Kijang
Berdiri tegak di persimpangan jalan masuk kota Indramayu dari arah Cirebon, merupakan gambaran sejarah dari Kijang emas yang menuntun Raden Aria Wiralodra dan menunjukkan arah letak lembah Cimanuk yang menjadi cikal bakal Kabupaten Indramayu.
Tugu Mangga
Terletak dipersimpangan lima jalan masuk kota Indramayu dari arah Jakarta. Tugu ini menggambarkan bahwa Kota Indramayu sebagai penghasil mangga yang menjadi trade mark Kabupaten Indramayu.
Masjid Agung
Merupakan karya arsitek beretnis China dimana Masjid Agung ini terletak di pusat Kota berdampingan dengan Pusat Pemerintahan/ Pendopo Indramayu.
Kilang Minyak Balongan
Merupakan sumber minyak dan gas yang terletak + 6 KM dari pusat kota Indramayu, yang dikelola oleh Pertamina UP VI. Sebagai tempat proses pengolahan minyak mentah menjadi bensin, solar, minyak tanah dan lainnya adalah merupakan daya tarik untuk melakukan wisata Iptek (Ilmu Pengetahuan & Teknologi) ke Indramayu. Keberadaan potensi minyak dan gas di Indramayu telah diprediksi oleh Raden Aria Wiralodra yang ditulis dalam Bahasa Sangsekerta dan kini tertuang dalam Prasasti Aria Wiralodra.

B.  Kebudayaan
Penduduk Kabupaten Indramayu merupakan campuran antara suku Sunda dan Jawa sehingga budaya yang tumbuh dan berkembang merupakan bentuk implementasi ekspresi masyarakat setempat dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa dan Sunda sehingga bentuk kebudayaannya merupakan merupakan akulturasi dari kedua kebudayaan  tersebut . Adapun bentuk kebudayaan Indramayu antara lain sebagai berikut:
Nadran
Upacara ini merupakan sebuah cerminan dari sebuah hubungan manusia dengan sang pencipta dengan berupa ungkapan rasa sukur akan hasil tangkapan ikan dan mengharapkan akan meningkatnya hasil di masa mendatang serta dijauhkan dari bencana dan mara bahaya dalam mencari nafkah di laut. Umumnya upacara adat nadran ini diselenggarakan  antara bulan Oktober sampai Desember di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, Bugel dan Ujung Gebang.
Ngarot
Upacara ini sudah ada sejak abad 16 dan sampai sekarang masih di selenggarakan, terutama oleh masyarakat desa di Kecamatan Lelea setiap menjelang penggarapan sawah. Upacara ini dilaksanakan agar mendapatkan hasil  pertanian yang melimpah dan upacara adat ini dilaksanakan setiap hari rabu, minggu keempat bulan November dimana pesertanya adalah para muda- mudi dengan kostum y ang khas dan aksesoris yang gemerlap.
Jaringan
Upacara kaum remaja yang bertujuan untuk mencari pasangan hidup yang dilaksanakn pada malam bulan purnama. kegiatan ini bertempat di desa parean Kecamatan kandang haur.
Ngunjung
Yaitu upacara syukuran yang dilaksanakan di kuburan - kuburan yang dianggap keramat biasanya dilaksanakan pada bulan syuro mulud
Mapag Tamba
Yaitu upacara yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengusir penyakit, dengan cara membawa air tambak ke dalam bungbung bambu yang berasal dari kasepuhan atau sumber untuk disiramkasan ke air yang mengalir ke sawah pada sawah yang berada di batas desa.
Mapag Sri
Adalah upacara yang dilaksanakn dengan tujuan unutk mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta atas tibanaya masa panen, dengan cara melaksanakan pergelaran kesenian wayang kulit sehari semalam dengan lakon khusus dan biasanya dilaksanakan di balai desa.
Sedekah Bumi
Adalah upacara yang dilaksanakan oileh petani pada saat akan turun menggarap sawahnya. biasanya dilakukan pada awal musim hujanyaitusekitar bulan oktober sampai desember. Prosesi upacara ini biasanya dimulai dari berkumpulnya masyarakat disuatu tempat dilkukan doa bersama dan setalah itu dilaksanakan upacara adat.

Kesenian
Beberapa jenis dan bentuk ekspresi diplementasikan dalam berbagai cara dan yang tergolong dalam konteks seni di antaranya adalah:
Tarling
Merupakan perpaduan seni musik dan lagu yang pada awalnya di tampilkan dalam bentuk nyanyian yang hanya di iringi gitar dan suling. sejalan dengan perkembangan, kesenian tarling terkontaminasi dengan musik dangdut sehingga lahirlah kesenian tarling dangdut.
Tari Topeng Dermayon
Memiliki komposisi gerak tari yang khas dan dengan kostum topeng yang berciri spesifik yang membedakan dengan tari topeng dengan daerah lain. tari topeng dermayon ini telah mendapat apresiasi yang tinggi dengan di milikinya moestro tari topeng di Indramayu yaitu ibu Rasinah.
Wayang Golek Cepak
Selain wayang kulit, Indramayu memiliki  wayang golek cepak, yang merupakan bagian dari wayang purwa. Yang membedakan wayang ini dengan lainnya adalah lakon dan alur cerita, bentuk dan rupa tokohnya tidak di ambil dari pakem pawayangan.
Genjring Akrobat
Yaitu berupa aktraksi dengan media tangga, sepeda roda 1 (satu) dengan di iringi alat musik genjring/ rebana dengan di lengkapi tari rudat.
Sintren atau Lais
Kesenian ini salah satu kesenian rakyat yang masih hidup dan berkembang, terutama di masyarakat pesisir utara, selain nuansa magic dan kurungan ayam yang menjadi daya tarik kesenian sintren ini adalah musik yang sangat khas berupa buyung, kendi dan bumbung/batang bambu.
Kuda Lumping
Kesenian dengan ciri khas penarinya yang menaiki kuda - kudaan yang terbuat dari kulit/lumping sambil melakukan atraksi yang berbau magis.

C.  Hotel dan Penginapan di Wilayah Indramayu
Fasilitas penunjang kepariwisataan yang terdapat di Indramayu adalah Hotel/Penginapan:
1. Hotel New Trisula (Jl Panjaitan No 77 Indramayu)
2. Hotel Wiwi Perkasa ! , 2  (Jl Tridaya No 2 Indramayu)
3. Hotel Prima (Jl Panjaitan No 56 Indramayu)
4. Hotel Handayani (Jl Kembar – Bojongsari Indramayu)
5. Hotel Garuda 1, 2, 3  (Jl Sudirman/ Bunderan Kijang Indramayu)
6. Wisma Rini  (Jl. Sudirman Indramayu)
7. Penginapan Kopsuka (Jl MT Haryono Indramayu)
8. Hotel Banjarsari (Jl Banjar Jatibarang)
9.  Hotel Prambanan (Jl Siliwangi Jatibarang)
10.Hotel Aneka Baru (Jl Siliwangi Jatibarang)
11.Hotel Sejahtera Abadi (Jl Raya Bulak Jatibarang)
12.Hotel Sederhana Baru (Jl Tuparev Jatibarang)
13.Hotel Flamingo (Jl By Pass Losarang- Ds Santing – Kec gLosarang)
14.Hotel Bunga Indah (Jl By Pass Losarang)
15.Hotel Sariratu (Jl Raya Santing – Losarang)
16.Hotel Dharma Wisata (Jl Raya Patrol Kecamatan Sukra)
17.Hotel Tirtaloka (Jl Tirtaloka Haurgeulis)
18.Penginapan Purnama (Jl Jati – Haurgeulis)
19.Penginapan Sampurna (Jl Desa Sukajati- Haurgeulis).

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber a.l  : www.indramayukab.go.id  03/2011.

Bacaan terkait :
Kabupaten Indramayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar