Minggu, 05 Februari 2012

Keikutsertaan Indonesia dalam Olimpiade

Olimpiade adalah merupakan ajang olahraga yang diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti seluruh Negara dunia yang terdaftar dalam IOC, termasuk Indonesia .

Perolehan Medali buat Indonesia

Indonesia pertama kali meraih medali Olipmpiade XXIV pada tahun 1988 (Seoul) dengan perolehan satu medali  perak untuk cabang panahan melalui tim panahan (Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani dan Lilies Handayani),  sedangkan medali emas pertama yang dipersembahkan Susi Susanti –bulu tangkis tunggal putri- pada Olimpiade Barcelona tahun 1992 yang disusul Alan Budikusuma –bulu tangkis tunggal putra-.  Selanjutnya pada Olimpiade Atlanta 1996, Sydney 2000, Athena 2001 dan Beijing 2008 masing-masing diantaranya memperoleh medali emas untuk cabang olah raga bulu tangkis.

Pembawa Obor Olimpiade London 2012

14 anak Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)Indonesia masuk seleksi tahap akhir untuk pembawa obor Olimpiade London 2012. Mereka berasal dari International Inspiration Programme (IIP) yang diselenggarakan Pusat Kebudayaan Inggris (British Council).  IIP ini diadakan di negara-negara berkembang di seluruh belahan dunia dimana di Indonesia telah berjalan selama 3 tahun sejak 2009.
Rilis dari Kedutaan Besar Inggris, Senin (9/1), menyebutkan keempat belas siswa-siswi kebanggaan Indonesia tesebut berasal dari SMPN 189, SMPN 229, SMPN 105 (Jakarta), SMPN 14, SMPN 18, SMPN 27 (Surabaya), dan SMPN 3 Pagaden, SMPN 2 Cagak, SMPN 2 Tanjung, SMPN 1 Binong (Subang).
Mereka tersaring dari puluhan anak yang memasukkan aplikasi awal, yaitu tulisan mereka tentang sumbangsih dan keaktifan anak-anak tersebut dalam IIP yang mereka ikuti.  Anak yang lolos tiga tahap seleksi akan menjadi bagian dari 20 anak terpilih lainnya dari IIP di seluruh dunia yang akan membawa obor Olimpiade London.
Jakarta, Surabaya, dan Subang memang menjadi sentral dari IIP, sebuah program yang diinisiasi oleh British Council bekerjasama dengan UK Sport, UNICEF, dan London Organising Commite of Olympic Games dan Paralympic Games (LOGOC).
Menurut Mark Canning (Duta Besar Inggris untuk Indonesia) :
(a). Program IIP diharapkan mampu memberi bekal keahlian sosial dan kepemimpinan yang baik bagi para pesertanya melalui media olahraga, (b).  tujuan lain program ini, agar anak-anak Indonesia mengetahui tentang Olimpiade, khususnya Olimpiade tahun ini yang akan digelar di ibukota Inggris.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber : www.mediaindonesia.com/read/2012/01/01; dan Media Indonesia tgl. 4 Pebruari 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar