Rabu, 16 November 2011

Wisata Bogor (2) : Taman Safari, Menikmati Atraksi dan Kehidupan Satwa Di Alamnya (Bagian 1)

Taman Safari Indonesia (TSI)  atau Safari Park merupakan wahana rekreasi yang cukup menarik dimana kita bisa menyaksikan dari dekat kehidupan satwa yang hidup seperti di alamnya.

Areal wisata Taman Safari Indonesia belokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Puncak-Bogor.  Banyak obyek yang menarik terdapat di kawasan dengan koleksi beragam jenis binatang ini, di antaranya safari park, taman burung, animal education show, primates & reptiles, babby zoo, kincir raksasa, sky line, gajah dan kuda tunggang, safari trek, caravan & camp; hotel serta wild-wild west.



Sejarah
TSI berawal dari tahun 1980 yang dirancang sebagai taman terbesar di Indonesia dengan memanfaatkan lahan bekas kebun teh yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektar sehingga menjadikan areal ini sebagai padang alami seperti padang liar di Afrika.  Luas areal tersebut selanjutnya bertambah menjadi 168 hektar.
Taman safari yang terletak di Desa Cibeureum Bogor ini berfungsi juga sebagai penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan koleksi satwa seluruhnya kurang lebih 25.000,- ekor dari 200 species berasal dari berbagai penjuru dunia.

Taman Safari
Di areal Taman Safari ini bisa menyaksikan berbagai macam satwa dengan kelebihannya dibandingkan dengan taman margasatwa lain di Indonesia yaitu dapat melihat secara langsung satwa liar secara dekat dari dalam kendaraan yang kita tumpangi (mobil pribadi atau  rombongan/sewa) bahkan terdapat juga bus yang disediakan oleh pihak pengelola.
Menaiki kendaraan mobil dengan mengikuti jalur jalan yang tersedia bisa melihat tidak hanya satwa endemik Indonesia tapi juga satwa langka dunia, hal ini akan serasa melakukan perjalanan wisata di hutan belantara dunia, sambil menikmati keindahan panorama yang sejuk di lereng Gunung Pangrango.
Berbagai jenis satwa dilepas hidup bebas dengan lingkungan yang mendekati habitat alamnya.  Disini dapat menyaksikan secara akrab seluruh tingkah laku satwa liar dan jinak yang jumlahnya tidak kurang dari 400 ekor, diantaranya terdapat Lion, Tiger, Cheetah, American Black Bear, Brown Bear, American Zebra, Bison, Watussi, Lamma, African Elephant dan banyak lagi binatang langka.
Tetapi jangan kaget kalau tiba-tiba ada satwa yang nongol ke jendela mobil, menghalangi jalan atau berada di samping mobil, atau bisa juga duduk di kendaraan kita.  Tetapi untuk hal ini tidak perlu khawatir karena kalau satwa tersebut mengganggu petugas siap mengamankannya. 
Ketika memasuki atau keluar areal binatang buas terdapat pintu gerbang besi yang dibuka tutup ketika dilalui sebuah atau rombongan mobil (untuk keamanan dan menghindari satwa lepas). Di sini bisa menyaksikan berbagai macam binatang buas antara lain macan dan singa.
Mengenai kedisiplinan pengunjung terkadang memberi makanan untuk binatang herbivora (biasanya sayuran wortel) dari jendela mobil, yang sebenarnya hal ini tidak sesuai dengan peraturan, hal ini juga menyebabkan banyak penduduk menjual sayuran jenis ini di sepanjang jalan sebelum masuk areal TSI dengan harga berada di atas normal.
Peraturan dari pihak pengelola TSI untuk keamanan dan kebersihan areal ini yang harus diperhatikan oleh setiap pengunjung antara lain : (a).  Dilarang keluar dari kendaraan dan membuka kaca jendela bila berada di lokasi satwa. (b).  Dilarang mengganggu dan memberi sesuatu pada satwa. (c).  Buanglah sampah pada tempatnya.
Sebagai pengunjung maka nikmatilah fasilitas dan atraksi hewannya tetapi jangan lupa ikuti peraturannya.

Free Animal Education Shows
Berbagai macam pertunjukkan satwa dan fasilitas permainan yang menghibur dan mendidik, dapat anda nikmati bersama keluarga di area rekreasi. Saksikan pertunjukkan satwa secara gratis, seperti pertunjukkan gajah, harimau, singa, singa laut, dan aneka satwa. Jangan lewatkan pula untuk melihat pinguin yang lucu dan memasuki lorong reptil untuk  melihat kehidupan malam satwa malam

Baby Zoo
Area untuk berinteraksi dengan satwa lucu yang merupakan pengalaman yang tidak terlupakan dengan mengabadikan diri berfoto bersama bayi satwa seperti bayi harimau, macan tutul, orang utan, harimau putih, singa, serta kangguru australia.

Bird Aviary
Menikmati   keindahan   burung yang berterbangan secara bebas di kubah burung Taman Safari Indonesia yang dihuni lebih dari 1000 burung dari 90 jenis spesies dunia

Skedul/Jadwal dan jam pertunjukan satwa
1. Atraksi gajah : 11.30, 16.30
2. Bermacam satwa : 11.30, 15.00
3. Macan dan Singa : 13.30, 16.00
4. Pertunjukan singa laut : 13.30, 16.00
5. Atraksi Burung : 14.00, 15.30
6. Pertunjukan lumba-lumba : [11.30], 15.00, [16.30]
7. Safari theater : [13.30], 14.30, [15.30]
8. Cowboy show : [13.30], 14.00, [16.30]
9. Globe of death : [14.00], [15.00], 15.00
Ket. : Atraksi dilakukan pada hari Senin s/d Jumat, kecuali waktu/jam yang dalam kurung [] hanya berlaku untuk hari Sabtu, Minggu dan libur,

Sebelum berkunjung ke areal ini sebaiknya minta atau carilah informasi dan brosur mengenai Taman Safari sehingga bisa menguasai lokasi.
Bersambung ke Bagian 2.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet (kecuali gambar koleksi)
Sumber bacaan al : brosur panduan TSI; www.puncakview.com; www.anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar