Rabu, 07 September 2011

Makanan Sehat (1) : Buah-Buahan (Bagian 1)


Buah-buahan merupakan makanan yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh dan merupakan  salah satu dari makanan empat sehat lima sempurna.  

Buah-buahan memiliki nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. sehingga untuk hal ini mengkonsumsi buah dijadikan menu wajib untuk makanan kita sehari-hari.

Kandungan makanan
Kandungan bahan makanan pada buah-buahan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu :
(1).  Air. Air terkandung dalam buah-buahan, dimana tubuh memerlukan 2 liter dalam 1 hari, yang antara lain dapat terpenuhi melalui konsumsi buah-buahan.
(2).  Vitamin dan mineral.  Vitamin dan mineral adalah zat yang membantu metabolisme kerja sel dalam tubuh. Kekurangan vitamin dan minerla menyebabkan metabolisme tidak berjalan dengan baik sehingga dapat mengganggu kesehatan atau kesegaran tubuh.  Sebagian besar buah mengandung vitamin yang bermanfaat seperti vitamin C dan E. Sedangkan mineral yang ada dalam buah misalnya kalsium, zink maupun mangaan.
(3).  Serat.  Tubuh membutuhkan serat karena serat berguna dalam proses pencernaan. Dengan adanya serat maka proses penyerapan gula dan lemak yang buruk dalam saluran cerna dapat dihambat.
(4).  Antioksidan.  Merupakan zat yang menangkal radikal bebas (zat yang terdapat dalam polusi a.l asap rokok dan kendaraan) yang masuk dalam tubuh.  Bila radikal bebas bertemu dengan kolesterol yang ada dalam tubuh makan akan membentuk bisul dalam tubuh sehingga dapat merusak sel endotel dalam pembuluh darah. Akibatnya, kolesterol akan mudah melekat dalam pembuluh darah.
(5).  Karbohidrat. Karbohidrat digunakan sebagai sumber tenaga agar tubuh dapat melakukan aktivitas. Walaupun tidak banyak, tetapi buah memiliki karbohidrat kompleks yang terdiri dari glukosa dan fruktosa, dimana fruktosa yang masuk tidak membutuhkan hormon insulin untuk mengolahnya sehingga tidak membebani kerja pankreas, yang bila rusak dapat menyebabkan penyakit diabetes. Hal yang sangat berbeda bila kita mengkonsumsi gula.

Nutrisi dalam berbagai buah-buahan

 Berikut ini beberapa jenis buah-buahan berikut uraian nutrisinya :

Apel   
Apel yang dimasak cenderung memiliki kadar gula yang rendah dibanding dengan yang dimakan langsung. Apel mengandung karbohidrat, kaya pectin (sebuah jenis serat), mengandung flavonol yang disebut quarcetin.   Quarcetin memiliki bahan anti kanker - sebuah penelitian di Finlandia bahwa makan banyak apel dikaitkan dengan penurunan resiko kanker paru-paru, quercetin juga mengandung bahan anti radang sehingga bermanfaat bagi penyakit seperti arthritis. Sebagai obat tradisional apel digunakan untuk menyembuhkan sembelit, yang dimasak untuk menghentikan diare. Apel mengandung vitamin C walaupun tidak sebanyak kandung an vitamin C pada buah jeruk.

Strawbery
 
Strawbery mengandung ellagic acid sebagai antioksidan yang mudah busuk. Dalam beberapa penelitian, ellegic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah. Penelitian di Amerika, strawbery dapat mengurangi resiko kanker dan asap rokok. Sebagai obat tradisional, strawbery dipercaya memiliki anti bakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Strawbery adalah jenis buah yang hampir tidak dapat dicerna, namun banyak mengandung vitamin C. Wanita dewasa disarankan untuk makan 5 buah strawbery setiap harinya.

Pisang
 
Pisang banyak tumbuh di negara beriklim tropis. Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, membuat merasa relaks, dan mengurangi ketegangan. Pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut. Tidak seperti buah-buah lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, mengandung sedikit karotin, dan vitamin C, namun kaya potassium.

Melon
 
Melon merupakan buah yang banyak tumbuh di iklim subtropics. Melon mengandung kadar gula yang tinggi. Lycopene berfungsi sebagai anti kanker. Melon merah dan orange juga mengandung caroteroid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan free radikal, dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan kulit mata yang sehat. Melon dikenal sebagai buah yang mengandung kadar air yang tinggi. Sepotong melon sama dengan satu gelas air. Melon juga mengandung vitamin C.

Jeruk
 
Jeruk mengandung pytochemical, yang disebut hesperidin berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga merupakan sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Jeruk kaya akan vitamin C dan folat, termasuk buah rendah serat.

Mangga
 
Mangga banyak tumbuh di negara-negara timur jauh termasuk Afrika Barat. Mangga mengandung carotenoid yang disebut beta crytaxanthin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya caratenoid, serat dan vitamin C.

Kiwi
 
Kiwi merupakan buah yang tersedia sepanjang tahun dan banyak ditemukan di Selandia Baru, Brasil, Italia dan Perancis. Kiwi mengandung sebuah pigmen yang disebut chlorophyll yang dapat memberikan warna hijau pada buah. Dalam dunia kedokteran, kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker.

Plum
 
Buah yang banyak memiliki banyak varietas, sebagian besar tumbuh di Inggris, Amerika, Perancis, Italia, Spanyol. Plum mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid yang memiliki senyawa anti kanker. Penelitian menunjukan banyak konsumsi ferulic acid dapat membantu menurunkan resiko terhadap kanker usus.

Anggur
Buah anggur dapat dibuat sebagai minuman dan dapat juga langsung dimakan sebagai desert. Kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, anti kanker, antibakteri dan mengandung antioksidan. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan vitamin C rendah.

Anggur memiliki kandungan magnesium yang tinggi serta merupakan pencahar sehingga baik bagi pengeluaran kotoran. Buah ini baik untuk kesehatan ginjal, kandung kemih, serta mampu mencegah kejang syaraf. Beberapa kandungan dalam anggur berfungsi mencegah pertumbuhan tumor dan kerusakan gen. Mengkonsumsi 2 butir anggur setiap hari akan membantu penurunan kolesterol dalam darah sampai 19%. Ini disebabkan pengaruh kandungan zat pektin didalamnya.   Bagi penderita anemia, disarankan untuk mengkonsumsi anggur yang berkulit gelap misalnya Red Globe.

Nanas
Termasuk jenis buah tropis yang aslinya berasal dari Amerika Selatan. Nanas mengandung enzimbromelain yang memiliki kemampuan untuk mengurai protein. Nanas sering dipakai sebagai bahan pelunak daging selain berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis dan infeksi saluran kencing.Nanas merupakan sumber vitamin C, serat, dan mengandung kadar gula yang tinggi.

Durian
Durian memiliki kandungan karbohidrat, protein, kalsium, vitamin A dan C. Durian tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi bukan karena kandungan kolesterol yg tinggi (karena lemaknya merupakan lemak tak jenuh sehingga aman dari resiko hipertensi) tetapi yang berpengaruh pada penderita hipertensi adalah kandungan alkohol pada durian.

Lengkeng


Kandungan gizi dalam lengkeng bermanfaat untuk memperbaiki fungsi jantung dan peredaran darah, menambah nafsu makan, mencegah anemia, mencegah pemutihan rambut secara dini, membantu mempercepat penyembuhan luka luar, meningkatkan fungsi saraf, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan untuk terapi kecantikan. Kandungan energi yang tinggi dalam lengkeng sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina setelah sakit.
Bersambung ke Bagian 2 …

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber a,l. :
kumpulan.info 7/8/2008 dan 17/11/ 2008; lintasberita.com; litbang.depkes.go.id  (dari info-sehat.com); lifestyle.okezone.com  2011/01/14 ; detikhealth.com  2011/03/28; mediaindonesia.com   2011/01/26

Bacaan terkait : Makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar