Selasa, 10 Mei 2011

Dampak Radiasi, Sebabkan Kanker dan Mandul


Ledakan di pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima, Jepang, memunculkan gelombang kekhawatiran, terutama terkait bahaya dari radiasi yang timbul.  Masyarakat masih trauma terkait ledakan reaktor nuklir Chernobyl dan bom atom Hiroshima yang menelan banyak korban jiwa.


Oleh : Indra Permanasari
Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) menggunakan reaksi pembelahan inti atom dalam reaktor nuklir. Reaksi pembelahan itu menghasilkan energi dan berbagai isotop, antara lain xenon-133, kripton-85, dan iodium-131.
Radiasi nuklir mengandung zat radioaktif yang menghasilkan sinar alfa, beta, dan gamma. Radiasi gamma yang paling berbahaya. Jenis isotop yang lazim dideteksi pada radiasi gamma antara lain cobalt-60, cesium-137, cadmium-109, natrium-22, manganese-54, barium-133, dan cobalt-57.
Isotop-isotop itu memiliki waktu paruh (waktu yang dibutuhkan untuk luruh) cukup lama. Misalnya, cobalt-60 me­miliki waktu paruh 5,26. tahun.
Dalam jangka waktu itu radioaktif meluruh setengah dari jumlah awal, demikian seterusnya hingga luruh semua.
Kebocoran reaktor nuklir dapat melepaskan zat radio aktif  ke lingkungan.  Kasus Chernobyl tahun 1996 melepaskan material radioaktif terutama radio isotop cesifum dan iodium yang mengontaminasi air, pangan, dan udara.
Laporan dampak ledakan di Chernobyl yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sekitar 4.000 kasus kanker tiroid terjadi di Belarus pada tahun 1990-2002.  Selain itu dilaporkan peningkatan kasus leukemia (kan­ker darah)
Ketua Badan Pengawas Te­naga Nuklir (Bapeten) As Natio Lasman mengatakan, seseorang dapat terpapar zat radioaktif pada bagian luar tubuh maupun secara internal akibat zat radir oaktif masuk saat benapas, makan, minum, ataupun lewat luka.
Kontaminasi dapat terjadi pada air laut yang digunakan un­tuk pendingin reaktor. Partikel radioaktif bisa termakan ikan dan akan masuk ke tubuh manusia yang mengonsumsi ikan yang tercemar radioaktif.
Partikel radioaktif bisa diterbangkan angin serta mencemari tanah, air dan udara sekitar. Un­tuk mencegah dampak pencemaran zat radioaktif, Pemerintah Jepang melarang pemanfaatan sumber makanan seperti sayuran atau kebutuhan lain, seperti air dari wilayah sekitar reactor nuklir.

Bahaya bagi kesehatan
Dokter ahli radioaktif yang juga Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Prijo Sidipratomo,
Mengatakan begitu masuk ke tubuh, isotop zat radioaktif akan terdistribusi ke seluruh tubuh.  Sebagian mengendap dalam organ atau jaringan tubuh , sebagian keluar melalui urine, faeces, dan keringat.
Dampak radiasi bagi kesehatan dapat terjadi secara cepat (akut) mauoun lambat (jangka panjang).  Menurut Prijo hal itu tak lepas dari dosisi dan lama paparan.
United States Nuclear Regulatory Communication yang dijadikan standar di sejumlah Negara mencantumkan dosis radiasi untuk pengobatan individu maksimal 0,05 Sv (sievert) atau 5 rem per tahun. Paparan radia­si yang terlalu besar menyebab­kan mual, diare, dan sakit kepala.
Cemaran radioaktif dapat terakumulasi pada organ tubuh sesuai sifat kimia dan fisikanya.
 "Jika tubuh terpapar dosis 350-450 rem dalam waktu cepat, ada risiko kematian 50 persen dalam waktu 30 hari.  Dosis 100 rem dalam waktu lama menyebabkan kerusakan sel yang tak bisa dipulihkan," kata Prijo.
Radiasi nuklir terhadap sel tubuh yang sehat bisa menjadikan sel tidak normal.  As Natio Lasman menyatakan, dengan karakter seperti itu, radiasi nuklir digunakan untuk menghambat  pertumbuhan sel kanker.
“pemanfaatan radiasi nuklir bagi kedokteran tentu harus terukur dan terkendali .  berbeda dengan radiasi nuklir akibat kecelakaan PLTN," katanya.
Prijo mengatakan, kerusakan sel dapat mengganggu fungsi or­gan tubuh, "Tergantung dari bagian mana yang terkontaminasi zat radioaktif. Jika terpapar pada gonad (buah zakar maupun inding telur), dapat terjadi kemandulan. Selain itu, dapat terjadi mutasi sel yang menyebab­kan kanker pada organ tubuh maupun darah," katanya.

Dampak radiasi kepada tubuh
Dampak paparan radiasi Nuklir pada Tubuh Manusia (Sumber: Reuters, Asian Nuclear Safety Network).
Set tubuh manusia terpapar radiasi – dirombak dan menyebabkan mutasi sel – sel mutan menjadi sel kanker – tumbuh – tumor menyebar.
Akibat pada bagian tubuh :
Katarak mata
Kulit : Radioaktif terperangkap pada rambut tubuh dan akar rambut dapat menyebabkarv kanker kulit.
Kelenjar tiroid : Rentan terhadap radioaktif iodine yang dapat merusak kelenjar ini.
Kanker paru-paru
Kanker payudara
Sistem pencernaan : Kerusakan pada usus menyebab­kan mual, muntah darah, dan diare.
Sistem reproduksi : Kerusakan pada ovarium dan sel telur pada perempuan, kerusakan pada prostat dan testis pada laki-laki.
Sistem peredaran darah : Kehilangan set darah. putih yang parah dapat menyebabkan tubuh rentan infeksi
Sumsum tulang : Kerusakan pada sumsum tulang dapat berujung pada anemia, bahkan leukemia. 


Organ yang sensitif
Organ yang sensitif terhadap paparan radiasi antara lain ke­lenjar tiroid, usus, ginjal, limpa, dan sumsum tulang.
Paparan pada ibu hamil dapat mengganggu pertumbuhan janin, yaitu terjadi penyimpangan dalam proses pertumbuhan or­gan. "Tergantung pada saat pa­paran, organ tubuh apa yang sedang berkembang pada janin dalam kandungan," ujarnya.
Paparan pada anak juga berbahaya mengingat sel tubuh anak lebih rentan..Selain itu, luasan tubuh anak lebih kecil daripada orang dewasa. Walaupun jumlah paparan sama, pada anak dengan tubuh yang lebih kecil dosis dalam tubuh menjadi lebih besar.
Menurut Asian Nuclear Sa­fety Network, upaya menghilangkan cemaran zat radioaktif pada kulit harus dilakukan secara tepat dan tidak kasar untuk meminimalkan penyerapan. Pembersihan zat radioaktif pada permukaan kulit dilakukan de­ngan pencucian pada bagian yang terkontaminasi.
Untuk mengurangi zat radi­oaktif yang telah masuk tubuh, diupayakan mereduksi penye­rapan dalam saluran pencernaan, menghambat pengendapan di organ tubuh, pengenceran, mengubah sifat kimia material, dan penggunaan teknik khelat.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber bacaan : Harian Kompas tanggal 16 Maret 2001


Bacaan terkait : Gempa bumi dan tsunami Jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar