Minggu, 10 April 2011

Negara Terkaya dan Termiskin di Dunia


Majalah bisnis ternama AS, Global Finance, baru saja merilis peringkat 182 negara di dunia berdasarkan tingkat produk domestik bruto (PDB) per kapita, yaitu dari negara yang paling miskin hingga negara yang paling kaya sejagat. Bagaimana posisi di Indonesia jika dibandingkan China, India dan Malaysia.


Adapun metode yang digunakan untuk menentukan kekayaan negara adalah membandingkan standar hidup penduduk satu negara secara keseluruh dengan menggunakan produk domestik bruto (PDB) per kapita yang didasarkan pada paritas atau keseimbangan daya beli secara internasional. 
Ini mengukur standar hidup antar negara dengan menggunakan indikator biaya hidup relatif, inflasi, serta nilai tukar suatu negara yang dikonversi ke mata uang bersama (dolar internasional atau dolar AS).
Menurut majalah tersebut, posisi negara terkaya ditempati oleh Qatar, negara Arab dari kawasan Timur Tengah. Negara produsen dan eksportir gas terbesar di dunia ini memiliki PDB per kapita sebesar US$90.149 atau Rp811 juta per tahun pada 2010.  


Selain Qatar, 10 negara teratas negara paling kaya adalah Luxemburg, Norwegia, Singapura, Brunei, Amerika Serikat, Hong Kong dan lainnya
Sedangkan, posisi negara paling miskin dipegang oleh Republik Kongo, negara yang terletak di sub sahara Afrika ini memiliki PDB per kapita hanya sebesar US$342 atau Rp3 juta per tahun. Kongo menempati posisi terburuk di antara deretan negara miskin yang kebanyakan berasal dari benua Afrika.

Posisi Indonesia
Berdasarka data 182 negara, Indonesia berada di posisi ke 122 dengan tingkat PDB per kapita sebesar US$4.380 atau Rp39,4 juta per tahun. Posisi cukup memprihatinkan secara Indonesia memiliki kekayaan sumber alam yang melimpah mulai dari perkebunan, pertambangan, serta energi. Jumlah populasi Indonesia yang sekarang mencapai lebih dari 230 juta jiwa juga menjadi penentu peringkat Indonesia.  Berada tak jauh dari posisi Indonesia, adalah Fiji di posisi 121, Honduras (123), Irak (124) dan Mongolia (126).
Di kalangan negara dengan jumlah penduduk terbanyak, Indonesia berada jauh dari Amerika Serikat yang menempati posisi nomor enam besar dunia dengan PDB per kapita US$47,7 ribu atau Rp429 juta per tahun dengan jumlah penduduk 308 juta jiwa. Amerika Serikat dikenal sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia dengan total PDB US$14 triliun.
RI juga kalah dari China yang menempati posisi nomor 96 dunia. China memiliki jumlah penduduk enam kali lipat dari Indonesia, yakni 1,33 miliar jiwa. Tingkat PDB per kapita China sebesar US$7.240 atau Rp65 juta per tahun. Total PDB China belakangan terus melaju, bahkan sudah mengalahkan Jerman di posisi ketiga dan Jepang di posisi kedua dunia. Pada akhir 2008, PDB China mencapai US$4.326 miliar. China dikenal sebagai negara eksportir terbesar dunia, khususnya untuk produk-produk manufaktur.
Namun, RI masih lebih tinggi dibandingkan dengan India yang menempati posisi 128. Jumlah penduduk India mencapai 1,1 miliar jiwa dengan tingkat PDB per kapita sebesar US$3.176 atau Rp28,5 juta per tahun. Total PDB India mencapai US$1.217 miliar dengan perekonomian mengandalkan industri dan jasa. Perekonomian India juga mengandalkan pasar domestik, serta ekspor.

Asia Tenggara
Indonesia yang berada di posisi ke 122, di kawasan Asia Tenggara dikalahkan oleh Singapura (urutan ke 5), Malaysia (urutan ke 59) dan Thailand (urutan ke 90). Namun lebih bagus dari Philipna (urutan ke 127), Timor Leste (urutan ke 134), Kamboja (urutan ke 146) dan Myanmar (urutan ke 159).
Berikut daftar 10 negara terkaya 2010 dan 5 negara termiskin di dunia.
10 negara terkaya
1.  Qatar (PDB: US$90.149 atau Rp811 juta per tahun pada 2010)
2.   Luxemburg (PDB per kapita US$79.411 atau Rp715 juta per tahun)
3.   Norwegia (PDB per kapita sebesar US$52.964 atau Rp477 juta per tahun)
4.   Singapura (PDB per kapita sebesar US$52.840 atau Rp475 juta per tahun).
5.   Brunei Darussalam (PDB per kapita penduduk Brunei adalah US$48,7 juta atau Rp438 juta per tahun)
6.   Amerika Serikat (PDB per kapita AS adalah US$47,7 ribu atau Rp429 juta per tahun)
7.   Hongkong (PDB per kapita US$44,8 ribu atau Rp403 juta per tahun).
8.   Swiss (PDB per kapita US$43,9 ribu atau Rp395 juta per tahun)
9.   Belanda (PDB per kapita sebesar US$40,6 ribu atau Rp365 juta per tahun)
10. Australia (PDB per kapita US$39,4 ribu atau Rp354 juta per tahun).

5 negara termiskin
1.  Republik Kongo (PDB per kapita penduduk Kongo sebesar US$342 atau Rp3 juta per tahun).
2.  Zimbabwe (Tingkat PDB per kapita penduduk Zimbabwe sebesar US$365 atau Rp3,28 juta per tahun).
3.  Burundi (PDB per kapita warga Burundi sebesar US$410 atau Rp3,69 juta per tahun).
4.  Liberia (PDB per kapita sebesar US$434 atau Rp3,9 juta per tahun).
5.  Eritria (Terletak di Afrika Timur) - Tingkat PDB per kapita sebesar US$676 atau Rp6 juta per tahun

Brazzaville, Kongo
Perbedaan negara miskin dan negara kaya
Mengacu pada id.answers.yahoo.com bahwa perbedaan antara negara berkembang (miskin) dan negara maju (kaya), adalah :  (a).  tidak tergantung pada umur negara contohnya negara India dan Mesir, yang umurnya lebih dari 2000 tahun, tetapi mereka tetap terbelakang (miskin) Di sisi lain - Singapura, Kanada, Australia & New Zealand - negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun, saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dunia, dan penduduknya tidak lagi miskin.  (b).  Ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara juga tidak menjamin negara itu menjadi kaya atau miskin. Jepang mempunyai area yang sangat terbatas, daratannya 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian & peternakan, tetapi saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor dua di dunia. Jepang laksana suatu negara “industri terapung” yang besar sekali, mengimpor bahan baku dari semua negara di dunia dan mengekspor barang jadinyaSwiss tidak mempunyai perkebunan coklat tetapi sebagai negara pembuat coklat terbaik di dunia, negara Swiss sangat kecil, hanya 11% daratannya yang bisa ditanami.   (c).  Ras atau warna kulit juga bukan faktor penting dimana para imigran yang dinyatakan pemalas di negara asalnya ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negara-negara maju/kaya di Eropa

Perbedaan
Perbedaannya adalah pada sikap/perilaku masyarakatnya, yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan. Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju, ternyata bahwa mayoritas penduduknya sehari-harinya mengikuti/mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan sebagai berikut :  (1). Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari.  (2). Kejujuran dan integritas.  (3). Bertanggung jawab. (4). Hormat pada aturan & hukum masyarakat. (5). Hormat pada hak orang/warga lain.  (6). Cinta pada pekerjaan. (7). Berusaha keras untuk menabung & investasi. (8). Mau bekerja keras.  (9). Tepat waktu.

ASEAN
Para pemimpin ASEAN, Rabu memperingatkan bahwa satu kesenjangan yang lebar antara negara kaya dan negara miskin dapat mengancam usaha kawasan itu bagi satu pasar tunggal.
Kamboja, Laos , Myanmar dan Vietnam mencatat peringkat pertumbuhan yang tinggi tetapi produk domestik per kapita mereka tetap paling rendah di kalangan 10 negara anggota ASEAN.
"Bahaya dari kesenjangan pembangunan yang lebar tetap merupakan satu hambatan besar bagi pembangunan masa depan ASEAN, terutama dalam kaitannya bagi integrasi ekonomi ASEAN yang luas," kata Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung dalam pidato pembukaan pertemuan tahunan menteri-menteri perdagangan blok itu.
ASEAN sedang berusaha menuju pmbentukan pasar tunggal tahun 2015 dan pusat pabrik bagi sekitar 600 juta jiwa penduduknya, satu tujuan yang dipicu oleh persaingan dari China dan India.
Kesenjangan antara negara-negara anggota yang kaya dan yang miskin "sangat lebar" dan dapat mengganggu usaha-usaha untuk mewujudkan pasar tunggal, kata Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan kepada wartawan.
"Sebuah rumah yang dipisalahkan oleh kesenjangan seperti tiu tidak akan stabil," katanya kepada wartawan.

Negara Miskin yang Berutang Besar
Negara-negara mislkin yang berutang besar terdiri dari 37 negara berkembang dengan tingkat kemiskinan dan utang tertinggi yang layak menerima bantuan khusus dari Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia yaitu : Benin, Bolivia, Burkina Faso, Kamerun, Chad, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Honduras, Madagaskar, Malawi, Mali, Mauritania, Mozambik, Nikaragua, Niger, Rwanda, sao Tome dan Principe, Senegal, Sierra Leone, Tanzania, Uganda, Zambia.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet

Sumber :  bisnis.vivanews.com 22/9/ 2010, Antara News 25/8/2010, id.answers.yahoo.com, www.lintasberita.com, dan wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar