Rabu, 13 Oktober 2010

RAMBUT KEPALA, SEBAGAI MAHKOTA DAN PELINDUNG BAGIAN TUBUH

Dikemas oleh Isamas54
Rambut atau sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Hampir seluruh tubuh manusia ditumbuhi rambut dari mulai yang halus semi halus sampai yang tebal, untuk yang tebal/panjang diantaranya adalah rambut kepala yang merupakan “mahkota” dari seseorang. Banyak permasalahan yang menyangkut rambut tetapi banyakjuga cara untuk mengatasinya.
Evolusi dan kegunaan rambut
Rambut atau sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis dan muncul pada epidermis (kulit luar). Trikoma adalah struktur mirip rambut yang ditemukan pada tumbuhan.
Terlepas dari Teori Darwin, mahluk hidup secara alami cenderung untuk melindungi diri atau atau tubuhnya antara lain berupa lendir, sisik, kulit tebal (kalau yang tipis sih ngak perlu disinggung - sensitif) dan bulu. Khusus untuk manusia mungkin pada awalnya hampir seluruhnya penuh bulu tebal/agak tebal tapi karena dituntut oleh ruang gerak, taraf hidup, iklim, perlakuan maka bulu-bulu tersebut semakin sedikit/tipis sampai halus mungkin yang tersisa di bagian-bagian tertentu saja yang kadang kadang letaknya memang sudah tuntutan alam yang tebal /gomplok bergerombol di daerah terentu “terpisah” dari kumpulan bagian yang tebal lainnya sehingga letaknya kadang-kadang bagaikan “oase” – mata air di tengah gurun pasir tandus dengan tanahnya yang subur sehingga banyak tumbuhan - di tengah gurun pasir.
Adapun fungsi dari rambut pada prinsipnya adalah untuk melindungi organ di bawah rambut antara lain penjaga suhu (terutama binatang), mengurangi gesekan, tanda kedewasaan, hiasan/ornament, daya penarik, dlsb.
Sedangkan bagi kepolisian atau penyelidik kejahatan/detektif maka dengan adanya rambut di tubuh juga dimanfaatkan sebagai bahan barang bukti (biasanya untuk perkara kejahatan) yaitu di samping DNA rambut juga adanya bukti kesamaan rambut yang tertinggal /jatuh (pembunuhan, perkelahian, perkosaan dlsb), sehingga tidak jarang suatu tindak kejahatan terungkap gara-gara sehelai rambut yang tertinggal/lepas.
Sedangkan bagi wanita selain sebagai mahkota juga “rambut lawan kelahi” bisa dimanfaatkan, sehingga tidak jarang kita dengar kalau wanita berantem atraksinya “jambak-jambakan rambut”.
Khusus untuk manusia penyebarannya yaitu Rambut kepala, Rambut kaki, Rambut tangan, Rambut mata, Rambut ketiak, Jenggot, Kumis, Alis, Rambut badan, Bulu mata, dan Rambut kemaluan (kami sensor dengan blok warna hitam kombinasi merah muda/pink biar agak sensual, sesuai warna rambut … kecuali Bule).
Rambut yang biasa dipelihara sampai “panjang” yaitu rambut kepala, kumis dan jenggot, sedangkan di daerah lainnya cenderung untuk tumbuh sampai maksimum atau “karena terpaksa” – pertimbangan estetika dlsb. – terpaksa harus dipotong/dicukur – termasuk yang di hidung.
Kata-kata yang berhungan dengan rambut
Nama rambut (khususnya pada manusia) juga lain-lain tergantung dari tempat tumbuhnya seperti rambut (yang di kepala), alis, godeg, bewok, kumis, bulu mata, bulu hidung, dlsb. Sedangkan ditinjau dari segi vertical/ketinggian/panjang atau bentuk yaitu gimbal, gondrong, lurus, keriting, ikal dlsb.
Semacam buah yang mempunyai rambut banyak disebut rambutan, juga ada istilah “bagai rambut di belah tujuh” (agama Islam : jembatan/pijakan kaki yang tipisnya satu per tujuh rambut di alam akhirat yang digunakan sebagai jalan menuju surga, saking sulitnya sehingga untuk hal ini manusia dituntut untuk bertingkah laku dengan baik, karena kalau tidak bisa melewati akan jatuh masuk ke neraka), dalam syair-syair lagu melambangkan keindahan (seperti membelai, melihat, mengidamkan atau membayangkan rambut) atau …. kejengkelan seperti dalam lagu dangdut ‘ … rambut .. rambut …. siapa … dst-dst ….), juga cerita dari Majalengka Nyi Rambut Kasih (biar kota kelahiranku masuk dalam tulisan ini).
Rambut Kepala
Rambut kepala adalah rambut yang tumbuh di kepala, biasa disebut rambut saja (yang lain akrabnya disebut bulu), dimana rambut kepala adalah salah satu jenis rambut yang sering dipangkas. Yang dalam keadaan normal tentunya berfungsi melindungi kepala dari cuaca yang tidak menguntungkan.
Bagi para wanita rambut adalah lambang mahkota, sehingga bagi yang wajar-wajar saja wanita berambut panjang, sedangkan untuk lelaki (baik dipanjangkan maupun digundulin) disamping sebagai mahkota juga untuk menarik perhatian – wanita juga hampir sama-, menambah wibawa atau kegagahan - coba lihat di film-film heroic atau pemain musik, …tetapi apabila dipanjangkan kadang kadang juga untuk menutupi kekurangan diri seseorang (yang gondrong belum tentu bermental baja, begitu pula "orang baik-baik" yang gondrong pun belum tentu berani berbuat jahat), tetapi kalau panjang, kusut, tidak beraturan, kotor, terkadang ketawa sendirian itu … lain lagi.
Tapi secara alami pertumbuhan rambut/bulu juga dipengaruhi oleh dorongan psikologis/jiwa hal ini dapat dilihat orang yang kurang sehat pertumbuhan rambutnya pun terganggu, sedangkan bagi binatang dapat dibuktikan (mohon koreksi) yaitu seekor kera (mungkin tidak semua jenis) ketika dia belum menjadi raja/mandah bulunya “mulanya biasa saja” seperti syairnya lagu Meriam Bellina - tetapi begitu dia menjadi raja/mandah (tentunya melalui perjuangan, pertarungan dsb) secara otomatis bulunya akan bertambah lebat terutama di bagian pipi (pengagumnya pun semakin banyak, bisa gonta-ganti).
Untuk manusia bagian rambut yang tumbuhnya paling panjang adalah di kepala yang warnanya macam-macam yang pada dasarnya hitam dan bule/coklat (tapi sekarang berwarna-warni bagai pelangi). Sesuai dengan tuntutan usia warna rambut pun berubah menjadi putih (uban), uraiannya lihat di sini.
Jumlah dan pertumbuhan rambut
Setiap manusia, rata-rata memiliki jumlah rambut sekitar 100.000 helai rambut di kepalanya dengan masa pertumbuhan setiap helai rambut hanya antara 2 hingga 6 tahun, kemudian rontok, lalu pada pori-pori yang sama tumbuh rambut baru. Siklus kehidupan sehelai rambut disebut siklus rambut.
Catatan :
Jumlah rambut kepala 10.000 helai dengan siklus rambut per helai maksimum 6 tahun (6x365 = 2.190 hari), jadi rambut yang jatuh tiap hari adalah 10.000 dibagi 2.190 = 4,56 dibulatkan jadi 5 helai rambut per hari yang rontok (minimal), kalau beberapa kali lipat dari itu … yakh sinyal-sinyal menuju jalan … yang muluuus alias licin.
Siklus rambut dimulai dari fase pertumbuhan, fase transisi yang pendek, dan fase istirahat. Rambut berhenti bertumbuh selama tiap-tiap fase istirahat. Fase pertumbuhan terdiri atas fase pertumbuhan awal dan fase pertumbuhan aktif. Setelah itu, ada fase transisi, lalu fase istirahat. Rambut tetap berada dalam folikel yang beristirahat hingga fase pertumbuhan berikutnya.
Pada fase pertumbuhan berikutnya, rambut yang sudah beristirahat akan didorong keluar dari pori-pori kulit kepala. Hal ini yang menyebabkan rambut rontok. Bagi orang yang tidak memiliki masalah rambut, setiap hari sekitar 70 hingga 100 helai rambut rontok secara alami (ternyata hitungan diatas itu masih jauh atau kurang tepat, tapi kan minimal).
Rambut merupakan bagian tubuh yang paling cepat tumbuh dengan kecepatan tumbuh lebih dari 10 milimeter (1 cm) per bulan atau secara keseluruhan helai rambut di kepala bisa mencapai 20 meter per harinya (menakjubkan juga yakh, data ini juga bisa digunakan untuk menyusun anggaran potong rambut). Tetapi walaupun dibiarkan saja (tidak dipotong) pertumbuhan rambut pun mempunyai batas tertentu baik pada manusia maupun hewan.
Gangguan pada rambut manusia
Gangguan pada rambut kepala antara lain ketombe, rambut rontok, rambut kering, rambut kusut, berkutu, dan sebagainya, dimana gangguan-gangguan ini biasanya dapat dihilangkan atau dikurangi dengan shampo atau yang lainnya.
Ketombe
Kehadirannya yang tidak diharapkan dapat membuat rambut terlihat kotor dan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ketombe timbul akibat pertumbuhan mikroorganisme pada kulit kepala yang disebabkan tertinggalnya zat kimia pada saat penggunaan shampo atau minyak rambut. Mikroorganisme semakin subur akibat kulit kepala yang terlalu berminyak. Ketombe juga dapat disebabkan akibat jamur.
Penyebab lain adalah karena seseorang mengalami psoriasis yaitu penyakit radang kulit sehingga pergantian kulit lebih cepat dari biasanya, termasuk pada kulit kepala. Hal ini menghasilkan ketombe di kepala. Penyakit lainnya adalah dermatitis seboroik yaitu peradangan kulit yang menimbulkan munculnya sisik pada kulit kepala.
Cara mengatasi ketombe
Jaga agar kulit kepala tidak menjadi terlalu berminyak, misalnya dengan keramas secara teratur dan menggunakan minyak rambut secukupnya. Setelah keramas, biasakan membilas shampo sampai bersih. Jangan lupa menjaga kebersihan sisir, karena sisir yang kotor menjadi tempat berkumpulnya jamur.
Mengkonsumsi air putih secara cukup setiap hari ditambah lagi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah cukup dapat membantu menjaga kesehatan kulit termasuk kulit kepala.
Untuk menghilangkan ketombe, dapat pula menggunakan shampo yang mengandung selenium sulfida atau salicylic acid.
Rambut Rontok/Botak
Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi, dengan catatan jumlah rambut yang rontok tidak melebihi 100 helai setiap harinya. Kerontokan ini merupakan siklus yang normal. Bila melebihi angka tersebut, maka siklus ini abnormal. Rambut Anda mungkin akan terlihat tipis dan dapat menyebabkan kebotakan.
Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh ketombe. Selain itu, dapat pula disebabkan karena faktor hormon. Pada pria, hormon androgen dapat pecah dan membentuk dehidrotestoteron (DHT). Hormon DHT ini dapat masuk ke dalam dan mengakibatkan folikel rambut menyusut. Folikel rambut yaitu tabung yang membungkus rambut dimana terdapat sel yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut. Akibatnya, helaian rambut menjadi tipis dan mudah rontok. Ini salah satu penyebab mengapa kebotakan lebih banyak terjadi pada pria.
Penyebab lainnya karena demam tinggi, menyebabkan banyak helai rambut yang rontok bahkan bisa menimbulkan kebotakan. Malnutrisi juga menjadi faktor penyebab kebotakan.
Pada beberapa kasus, kerontokan rambut disebabkan karena alopesia, suatu gangguan sistem kekebalan tubuh. Penderita alopesia mengalami kerontokan rambut pada sebagian kulit kepala.
Cara mengatasi rambut rontok
Kekurangan zat tertentu juga dapat menyebabkan rambut mudah rontok. Untuk itu, mengkonsumsi ikan salmon, hati, sereal, kedelai, pisang, wortel, kembang kol, atau hati dapat dilakukan karena mengandung zat biotin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.
Solusi lainnya adalah dengan mengkonsumsi obat yang dapat mencegah terbentuknya DHT dan dapat memicu pertumbuhan pada rambut. Atau Anda dapat menjalani hair laser yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke akar rambut dan menguatkan batang rambut.
Uban
Rambut putih atau uban pada usia lanjut memang tidak dapat dielakkan. Uban sering dianggap sebagai karakteristik orang yang sudah lanjut usia. Namun, jika muncul pada usia muda, Anda perlu memeriksa lebih lanjut agar rambut putih tidak memenuhi kepala Anda.
Rambut putih tidak berarti sudah mati. Semua bagian rambut yang ada di kepala sebenarnya sudah mati. Rambut yang hidup berada di bawah permukaan kulit dan disebut bonggol. Bonggol berfungsi sebagai pabrik rambut. Sewaktu rambut terbentuk oleh pemisahan secara cepat sel-sel di dalam bonggol, rambut menyerap melanin, yang diproduksi oleh sel pigmen. Jika sel pigmen berhenti memproduksi melanin, rambut akan menjadi putih.
Pada saat Anda stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang mengambil vitamin B12 yang ada pada tubuh sehingga mengganggu produksi pigmen rambut dan menyebabkan rambut memutih.
Faktor lainnya adalah karena faktor genetik atau karena faktor keturunan, kelainan imunitas tubuh, kelainan metabolisme, atau akibat penggunaan zat kimia yang terdapat pada cat rambut, atau shampo bersulfur. Zat kimia tersebut meresap ke pori-pori rambut dan mengganggu terbentuknya warna hitam pada rambut.
Cara mengatasi uban
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12 karena vitamin ini dapat mencegah timbulnya uban. Anda dapat menemukan vitamin ini pada susu, telur, atau pada daging berwarna merah.
Merokok juga diduga dapat menyebabkan rambut putih. Maka menghentikan kebiasaan merokok dapat menjadi solusi.
Beberapa orang menyuntikan melanin untuk membuat rambut tidak menjadi putih. Cara lain yang cukup praktis adalah menyemir rambut, suatu metode yang sudah dipraktekkan sejak zaman Romawi kuno. Namun berhati-hati, karena menyemir rambut bisa menimbulkan alergi dan masalah pada kulit bagi beberapa orang.
Rambut patah
Rambut yang rapuh dan mudah patah disebabkan kurangnya konsumsi protein. Penyebab lainnya yang umum terjadi karena kesalahan pada saat menyisir rambut atau menata rambut.
Cara mengatasi rambut patah
Tingkatkan konsumsi kacang tanah, almond, polong-polongan, gandum, telur, susu, keju, atau daging merah. Coba gunakan sisir kayu atau yang lembut dan hindari untuk menyisir rambut telalu keras. Bila Anda sering menggunakan hair dryer, perhatikan teknik penggunaannya agar tidak merusak rambut.
Rambut bercabang
Rambut bercabang disebabkan karena rambut yang kering. Rambut bisa kering jika Anda sering menggunakan perangkat yang menimbulkan panas pada rambut seperti hair dryer dan curling iron.
Cara mengatasi
Agar rambut tidak kering dan bercabang, gunakan pelembab setelah keramas atau sebelum menggunakan hair dryer dan curling iron. Jangan biarkan rambut terjemur sinar matahari secara berlebihan. Gunting bagian bawah rambut yang bercabang atau melakukan triming secara teratur.
Rambut lepek
Rambut lepek diakibatkan karena produksi minyak yang berlebih pada rambut yang tipis. Minyak berlebih ini menyebabkan rambut terlihat tidak mengembang atau lepek.
Cara mengatasi
Gunakan shampo yang diperuntukan untuk rambut normal atau berminyak agar minyak pada kepala dapat dikurangi. Saat keramas, jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan produksi minyak meningkat. Lalu sesuaikan model rambut, misalnya dengan mengeriting rambut agar terlihat lebih bervolume. Tetapi jangan lupa melakukan perawatan setelah dikeriting.
Rambut Kaku dan Sulit Diatur
Untuk masalah rambut kaku dan sulit diatur, gunakan kondisiner setelah keramas. Cara lain adalah dengan memilih model rambut yang memakai teknik penipisan atau tekturisasi sehingga rambut tidak terlihat terlalu kaku.
Rambut Keriting dan Kusut
Rambut kusut memang tidak enak dilihat. Agar mudah diatur dan tidak kusut, Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang pada saat menyisir dan lakukan secara perlahan. Berikan pelembab pada rambut agar rambut terasa licin dan tidak kusut.
Keterangan gambar (samping kanan) : Maaf salah nyantumin gambar, kalau keritingnya begini sih, nggak apa-apa.
Rambut Bersih dan Rapi
Setiap orang mungkin merasa khawatir sewaktu mendapati uban di kepala, rambut yang rontok, ketombe, dan berbagai masalah rambut. Banyak pilihan untuk mengatasinya. Dari cara mudah seperti menyemir rambut hingga menggunakan perawatan dan pengobatan tertentu. Memberi nutrisi yang baik kepada tubuh dan rambut Anda serta memperbaiki sirkulasi darah ke kulit kepala sangat penting. Namun yang terpenting adalah menjaga rambut tetap bersih dan rapi.
Catatan :
Rambut adalah mahkota yang harus dipelihara dengan baik. Apabila ada permasalahan dengan rambut supaya segera diatasi, diobati dan tingkatkan pemeliharaan.
Sumber bacaan a.l : wikipedia dan kumpulan.info

Bacaan terkait :
Mengenai Rambut, Aneh-Aneh Juga Manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar