Jalan Tol Bali Mandara
Dikemas oleh Isamas54
Merupakan jalan tol di atas laut terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Nusa Dua-Bandara Ngurah Rai-Benoa.
Jalan Tol Bali Mandara berada di
atas permukaan laut di Teluk Benoa yang menghubungkan Nusa Dua di selatan Bali dengan
Pelabuhan Benoa, dimana dalam ruas ini terdapat akses menuju Bandara
Internasional Ngurah Rai. Pembangunan
jalan tol ini dimulai pada 1 Maret 2012 s/d 24 April 2013, atau hanya 14 bulan (420
hari kalender), dengan biaya sebesar Rp 2,484 triliun yang berasal dari swasta.
Jalan tol Bali Mandara ini telah diresmikan
oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 September 2013. Pada kesempatan itu Presiden SBY memberi nama
ruas tol ini dengan sebutan Bali Mandara.
"Bali Mandara bermakna Bali yang
agung, Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera," kata
Presiden dalam sambutannya. Dia menyebut Bali Mandara ini merupakan karya monumental
anak bangsa di bidang infrastruktur.
Berbagai
keunggulan
Dengan berbagai keunggulannya,
Jalan Tol Bali Mandara menjadi serba pertama, yaitu merupakan jalan tol pertama
di atas laut yang dibangun waktu paling singkat, merupakan jalan tol di atas
laut terpanjang di Indonesia, sedangkan posisi kedua dipegang Jalan Tol
Suramadu, Jawa Timur. Selain itu merupakan
yang terpanjang kedua di Asia Tenggara, setelah Jalan Tol Jembatan Penang, Malaysia.
Pembangunan Jalan Tol Bali
Mandara ini untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di
Nusa Dua. awal Oktober 2013 mendatang. Dalam jangka panjang, jalan tol tersebut
bertujuan untuk memecah kemacetan dan meningkatkan perekonomian di Bali.
Data
Spesifikasi Teknis
Panjang : 12,7 km (8,12 km di
atas permukaan (aut).
Lokasi : Berada di alas permukaan
air laut di Teluk Behoa yang menghubungkan wilayah selatan Pulau Bali (kawasan
Nusa Dua) dengan wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, tepatnya kawasan Pelabuhan
Benoa. Terdapat akses menuju Bandara Internasional Ngurah Rai.
Tiang: 13.991 lubang tiang
pancang dengan jumlah tiang 33.835.
Gerbang Tol : Tiga gerbang tol di
Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Pelabuhan Benoa.
Pengerjaan
: 420 hari kalender dimulai 1 Maret 2012 hingga 24 April 2013.
Pelaksana : PT Jasamarga Bali Tol
yang didirikan pada 22 Agustus 2011 bersama konsorsium tujuh BUMN, yakni PT
Jasa Marga, PT Angkasa Pura I, PT Pelindo III, PT Pengembangan Pariwisata Bali,
PT Adhi Karya, PT Hutama Karya, Wijaya Karya.
Biaya : Rp 2,484 triliun (70%
dana perbankan 30% dana perusahaan)
Peresmian : dilakukan oleh Presiden
Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 Agustus 2013 yang dihadiri 3.000 undangan
lain.
Rekor
(a). Jalan tol di atas laut terpanjang di
Indonesia.
(b). Jalan tol di atas laut terpanjang kedua di
Asia Tenggara.
(c). Jalan tol dengan waktu pengerjaan tercepat di
Indonesia.
(d). Karya mandiri anak bangsa.
(e). Tidak menggunakan dana APBN.
Pengoperasian
Presiden menjadi orang pertama
yang menggunakan jalan tol ini, sedangkan mulai Selasa (24/9/2013) ma syarakat
bisa ikut menikmati jalan tol Bali Mandara secara gratis selama masa uji coba
satu pekan. Meski masih dalam masa uji coba. seluruh unit pelayanan tol
beroperasi secara penuh, seperti layanan patroli, derek, ambulans, dan
keselamatan lain.
Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan
: (a).
jalan tol Bali Mandara merupakan pembangunan tol tercepat, bandingkan
dengan pembangunan jalan tol Suramadu hanya sepanjang 5,5 km perlu waktu 12 tahun.
(b). pembangunan jalan tol di atas
perairan itu lebih mudah dan lebih murah. karena tidak perlu mengeluarkan biaya
pembebasan lahan.
Pengguna jalan tol mematuhi rambu
yang ada agar terjaga keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara di jalan
tol, kecepatan kendaraan roda empat minimal 60 km per jam dan maksimal 80
km/jam sedangkan kecepatan maksimal untuk sepeda motor 40 km per jam jam.
Sebagaimana jalan di atas laut
lainnya dilengkapi dengan pengukur kecepatan angin – yang dapat dipantau dari
seluruh gerbang tol -- dimana apabila kecepatan
angin laut mencapai 40 km per jam atau lebih maka jalan tol ini akan ditutup
sementara agar tidak membahayakan pengendara jalan tol.
Telah dilakukan uji kelaikan selama
1,5 bulan, selalu berkoordinasi dengan Jasa Marga Bali Tol untuk menjaga agar
jalan tol ini layak dioperasikan, akan dilakukan inspeksi setiap enam bulan sekali
untuk menjaga agar standar pelayanan di jalan tol ini tetap sesuai dengan yang ditetapkan. Dimana setiap
semester rapornya akan kami berikan kepada badan usaha.
Tarip
tol
Tarif : Gol I : sedan, minibus, dan
sejenisnya serta bus (Rp 10.000), Gol II
: kendaraan truk dengan dua gandar (15.000), Go; III.
truk dengan tiga gandar (Rp20.000), Gol IV truk dengan empat gandar
(Rp 25.000), Gol V : truk dengan lima
gandar atau lebih (Rp 30.000), Gol VI sepeda motor (Rp4.000).
Setelah
itu dibangun di Jakarta
Setelah sukses membangun tol atas
laut di Bali, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) kepada Liputan6.com (15/6/2013)
berencana – tentunya pemerintah – akan membangun tol atas laut pertama di
Jakarta sepanjang sekitar 6 km (sekitar 2 km-3 km itu berada di atas laut) yang
akan menghubungkan Marunda dengan Kalibaru.
Dalam pembangunan proyek tersebut
pihaknya akan menggandeng PT Pelabuhan Indonesia II dan PT Kawasan Berikat
Nusantara (KBN). Pihaknya mengaku belum
bisa memastikan berapa nilai investasi dan kapan proyek tersebut akan dimulai
karena masih menunggu hasil Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang
sedang disusun Pelindo II.
Kita tunggu saja …
Keterangan gambar : diambil dari internet.
Sumber a.l : media.viva.co.id
2013/06/2013, Republika 24/9/2013.
terima kasih atas informasinya..
BalasHapussemoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mesin mobil
terima kasih atas informasinya..
BalasHapussemoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Raisa