Selasa, 18 Januari 2011

Ter-ter : Edisi Nopember 2010


 Edisi Nopember 2010 ini memuat : Taman Hiburan Terbesar di Dunia Resmi Dibuka, Pengantar Piza Termahal di Dunia, Pria Kanada Jadi Juara Dunia Poker, Sensus Penduduk Terbesar Digelar, Vettel Juara Duma F1 Termuda, Suhu Tertinggi Ada di Tempat Terendah Bumi, Ini Dia Mamalia Pejelajah Paling Hebat di Bumi, 25 Negara Dilanda Kelaparan Sangat Parah, dan  Jabar Terbesar Perdagangan Orang (lingkup Indonesia).

Taman Hiburan Terbesar di Dunia Resmi Dibuka (Harian Media Indonesia, 27 Oktober 2010) – mediaindonesia.com.3
Pusat hiburan di Timur Tengah bertambah dengan pembukaan taman hiburan Ferrari di Abu Dhabi hari ini.  Arena hiburan seluas 200 ribu meter persegi itu menyuguhkan tak kurang dari 20 atraksi.
Di antaranya kereta luncur yang bisa mencapai kecepatan 240 km/jam. Ada juga atraksi yang memungkinkan para pengunjung merasakan efek G-force, seperti yang biasa dialami para pembalap Formula 1 ketika kendaraan mereka melayang ke udara. Karena tema besar taman ini adalah Ferrari, tentu saja para pengunjung dimanjakan dengan aneka produk otomotif asal Italia tersebut. Antara lain koleksi terbesar mobil balap Ferrari, baik yang klasik maupun modern.
"Inilah taman- hiburan yang membuat pengunjung benar-benar bisa menikmati Ferrari," kata Claus Frimand, manajer taman hiburan.
Taman hiburan Ferrari berada tak jauh dari Sirkuit Marina Yas, yang pada November depan akan menjadi ajang lomba terakhir dalam kalender F1 tahun ini. (BBG/OL-9)

Pengantar Piza Termahal di Dunia (Harian Media Indonesia, 4 November 2006)
Domino’s Pizza Tokyo berencana mempekerjakan pengantar piza dengan gaji termahal di dunia. tak perlu berpengalaman, asal berusia di atas 18 tahun, warga Jepang bisa melamar pekerjaan dengan gaji 2,5 juta yen (Rp277 juta) selama 1 jam. Tentu saja pekerjaan tersebut bukan untuk pengantar piza reguler. Domi­no's memang sedang memperingati ulang tahun perak restoran tersebut
Pendaftaran untuk pekerjaan itu masih terbuka sampai 10 November nanti di situs restoran asal AS tersebut. Setelah mengisi aplikasi, mereka yang lolos akan dipanggil untuk wawancara. Satu orang yang beruntung tersebut akan bekerja pada Desember. Namun, tak hanya antusiasme, promosi itu mengundang kritik. Ada yang menyatakan seharusnya uang itu digunakan untuk menaikkan gaji karyawan saja.
Selain promosi itu, Domino's berencana memberikan piza gratis bagi semua yang lahir pada 30 September setiap tahunnya sampai orang tersebut berusia 25 tahun. (*/Reuters)

Pria Kanada Jadi Juara Dunia Poker (Harian Media Indonesia, 10 Nopember 2010)
Film God of Gambler berasal dari China, tapi pria Kanada berusia 23 tahunlah yang jadi pemenang ajang poker dunia minggu ini. Senin (8/11/2010), Jonathan Duhamel asal Quebec memenangi juara dunia Texas Hold 'em di Las Vegas dengan hadiah US$8,94 juta (Rp80 miliar).
Duhamel selama dua tahun terakhir memang mengandalkan poker untuk membiayai kehidupannya. Sebelumnya, ia bekerja serabutan di berbagai tempat. Namun, dengan uang yang didapatnya sekarang, ia bahkan bisa saja memutuskan untuk tidak bekerja lagi seumur hidupnya. "Ini mimpi yang jadi nyata," kata Duhamel.
Duhamel bermain cukup agresif dalam final melawan John Racener, pria berusia 24 tahun yang merupakan spesialis turnamen ini. Racener sedang tidak beruntung dan Duhamel berhasil memanfaatkannya. Saat ini, Duhamel belum memutuskan akan diapakan uang hadiahnya tersebut. Namun, ia mengatakan US$100.000 dari uang tersebut akan diberikannya untuk sebuah yayasan anak di Montreal. (*/AP/l-1)

Sensus Penduduk Terbesar Digelar (Harian Media Indonesia, 2 Nopember 2010)
CHINA akan memulai sensus penduduk untuk 10 hari  ke depan. Sebanyak 6 juta petugas sensus harus keluar masuk pintu rumah untuk mendokumentasikan perubahan demografis China yang berlangsung sejak sensus 10 tahun lalu. Data hasil sensus baru akan dipublikasikan pada April tahun depan.
China membukukan populasi sebesar 1,295 miliar pendu­duk pada 2010. Namun, metode sensus yang merupakan sensus keenam pemerintah China kali ini berbeda.
Dulu, China menghitung penduduk berdasarkan sertifikat residensial mereka. Sekarang, China akan menghitung penduduk berdasarkan tempat mereka tinggal.
Perubahan perhitungan ini terjadi karena ada perubahan besar dalam basis populasi China. Jutaan pekerja migran kini berada di wilayah perkotaan, tidak lagi di wilayah terpencil. Pekerja migran itu tidak punya alamat tetap.
Pemerintah China berharap dengan cara perhitungan baru, sensus dapat mengklarifikasi jumlah pekerja migran tersebut yang diperkirakan mencapai 200 juta orang. (*/AP/ BBC/I-1)

Vettel Juara Duma F1 Termuda (Harian Media Indonesia, 15 Nopember 2010)
Pembalap Red Bull Sebastian Vettel secara dramatis menjadi juara dunia baru Formula Satu (Fl) 2010. Kesuksesan itu diraih setelah pembalap Jerman tersebut finis pertama pada seri terakhir GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, tadi malam WIB.
Adapun dua pesaing utamanya, Fernando Alonso (Fer­rari) dan rekan setimnya Mark Webber, berturut-turut finis di posisi ketujuh dan kedelapan. Vettel pun menjadi kampiun dunia Iomba jet darat itu dengan mengumpulkan total 256 poin. Alonso berada di urutan kedua dengan 252 angka, diikuti Webber (242).
Balapan di Yas Marina ini menjadi drmatis karena untuk menjadi juara dunia, Vettel harus menempati podium per­tama sembari berharap Alonso finis di luar empat besar dan Webber tidak berada di posisi ke-dua.
Harapan Vettel menjadi kenyataan .  Dengan mengawali lomba dari posisi terdepan (pole position), ia terus meminpin hingga akhir dengan catatan waktu 1 jam 36 menit 26.837 detik.  Posisi ke dua dan ketiga berturut-turut ditempati Mc Laren Leweis Hamilton dan Jenson Button, diikuti Nico Rosberg (Mercedes) dan Robert Kubica (Renault). 'Terima kasih teman-teman, terdengar menangis lewat radio timny a setelah menyentuh garis finis.
Vettel pantas berbangga. Karena selain menjadi juara dunia baru, dia juga mencatat rekor baru sebagai juara dunia termuda, 23 tahun 134 hari, la mematahkan rekor juara dunia termuda sebelumnya yang dipegang Hamilton pada 2008. Pembalap Inggris itu menjadi kampiun pada usia 23 tahun 301 hari.
Data pribadi :
Sebastian Vettel : lahir 3 Juli 1987 Heppenheim, Jerman. Tim : Red Bull. Warga Negara : Jerman. Naik Podium 18. Nilai 256. Mulai karier F1 : 2007
Peringkat pembalap 2010 :
Vettel  (256) 2.  Alonso (252). 3. Webber (242) 4. Hamilkton 240 5. Button 214 6. Massa 144 7. Rosberg 142 8. Kubica 136 9. Schumacher 72 10. Barichello 47
Sementara itu, kegembiraan juga dirasakan prinsipal tim Red Bull, Christian Horner. Pasalnya, selain menjadi juara dunia untuk pembalap, tim berlogo banteng itu juga men­jadi juara untuk kafegori konstruktor.
Sebaliknya, kekecewaan tampak di kubu Ferrari. Kesalahan strategi dengan masuk pitstop terlalu awal membuat Alonso yang memulai lomba di posisi ketiga sempat melorot ke urutan 13. Padahal, ia memimpin klasemen hingga seri ke-18 dan hanya butuh finis di urutan ke-empat untuk mengoleksi gelar juara dunia ketiganya setelah 2005 dan 2006.
"Ini soal yang kritis, Saya tahu Anda sudah melakukan yang terbaik," kata bos Fer­rari Stefano Domenicali kepada Alonso lewat radio. (*/R-5) ,

Ini Dia Mamalia Pejelajah Paling Hebat di Bumi (Banjarmasinpost.co.id - 13 Oktober 2010 )
JAKARTA - Paus bungkuk telah berkelana menempuh jarak yang paling jauh yang pernah dilintasi oleh mamalia. Binatang raksasa itu berenang mengarungi jarak 10 ribu kilometer, hampir setara dengan seperempat garis keliling dunia.
Penjelajahan paus betina, yang dilaporkan dalam jurnal 'Biology Letters' dari Royal Society itu, dimulai dari pantai Brazil dan berakhir di Madagaskar. Jaraknya lebih dari 6200 mil atau 10.000 kilo meter.
Perjalanan itu berhasil diketahui ketika binatang itu berhasil difoto dua kali pertama ketika berada di sarangnya di Brazil dan yang kedua ketika sedang mengarungi pesisir pantai Madagaskar.
Paus yang diidentifikasi sebagai 'Antatic Humpback Whale Catalogue' nomor 1363 itu dikenali dari ekornya. Setiap paus bungkuk punya tanda khusus pada ekor mereka. Perpindahan paus bungkuk selalu mengarah ke utara dan selatan, bukan timur dan barat.
Para ilmuwan belum mengetahui apakah perjalanan binatang itu dilakukan secara sengaja atau hasil dari sebuah 'kekeliruan' navigasi, demikian tulis The Telegraph.
Tetapi Dr Peter Stevick dari College Of The Atlantic, Maine, Amerika Serikat, yang memimpin penelitian itu punya satu dugaan.
"Jika saya harus menebak, menurut saya binatang itu melakukan sebuah migrasi normal ke Antartika untuk mencari makanan dan dari sana ia berpindah ke Madagaskar," papar Stevick seperti yang dikutip BBC.
"Jika saya boleh menebak rutenya maka tampaknya akan dimulai dari Brazil lalu ia berpindah ke Samudera Antartika, dan terakhir ke Samudera Indonesia," papar Stevick lebih lanjut.
Paus Bungkuk memang dikenal karena pergerakan migrasinya yang jauh. Biasanya paus bungkuk menempuh jarak 3100 mil atau 5000 kilo meter setiap musim menuju tempat berkembang biak yang baru.
Akan tetapi perjalanan yang menempuh jarak sangat jauh seperti ini untuk berkembang biak sangat jarang terjadi, Apa lagi dilakukan oleh seekor paus betina karena biasanya yang mencari pasangan berkembang biak adalah paus jantan.
"Jika binatang selalu kembali ke tempat yang sama untuk berkembang biak dan jika kemudian terjadi perubahan pada lingkungan itu, maka binatang itu mungkin akan mencoba beradaptasi, melakukan sedikit perjalanan untuk mencari tempat yang baru," jelas Stavik lagi.
Petualangan itu mungkin telah memakan waktu beberapa minggu dan para ilmuwa sejauh ini baru mencatat dua kali penampakan mahluk itu.
Tim peneliti dalam studi itu terlibat dalam penelitian panjang, mengumpulkan, dan menjelaskan gambar-gambar dari ekor paus untuk mengembangkan 'sebuah gambar besar dari prilaku paus bungkuk dan pola migrasi mereka'.

25 Negara Dilanda Kelaparan Sangat Parah (kompas.com,  11 Oktober 2010)
BBC-Program Pangan Dunia (WFP) tengah menghadapi penurunan persediaan pangan dunia hingga 85 juta dollar AS di Ethiopia hingga akhir tahun ini.
WASHINGTON, — Kemiskinan, konflik, dan ketidakstabilan politik menyebabkan satu miliar orang menderita kelaparan tahun ini, yang sebagian besar berdampak pada anak-anak di Afrika dan Asia, menurut laporan Indeks Kelaparan Global yang diterbitkan pada Senin (11/10/2010).
"Dari 122 negara yang tertera dalam laporan tahunan, 25 negara di antaranya memiliki tingkat kelaparan yang mengkhawatirkan dan empat negara di Afrika berada pada tingkat sangat mengkhawatirkan," kata laporan oleh Lembaga Riset Kebijakan Pangan Internasional (International Food Policy Research Institute/IFPRI), Concern Worldwide, dan Welthungerhilte.
Republik Demokratik Kongo dinilai sebagai yang terburuk dalam indeks kelaparan, berdasarkan data dari 2003-2008.
Tiga per empat dari populasi di negara Afrika tengah itu secara luas menderita kekurangan gizi dan Kongo juga salah satu negara dengan tingkat kematian anak tertinggi di dunia, menurut temuan para peneliti yang menyusun indeks tersebut.
Tiga faktor yang digunakan untuk menghitung Indeks Kelaparan Global (GHI), yaitu banyaknya penduduk kekurangan gizi di suatu negara, berat badan anak di bawah rata-rata, dan tingkat kematian anak.
"Perang saudara yang berlarut-larut sejak akhir 1990-an telah menyebabkan keruntuhan ekonomi, pengungsian besar-besaran, dan kondisi ketidakamanan makanan yang kronis di Kongo," kata laporan itu.
"Tingkat ketersediaan dan akses makanan memburuk dengan menurunnya produksi makanan, dan wilayah terpencil menjadi lebih terisolasi sebagai akibat sangat buruknya infrastruktur," katanya.
Indeks tersebut menilai bahwa banyak negara dengan skala 100 poin, dengan nol merupakan nilai terbaik—tidak ada kelaparan dan 100 sebagai nilai terburuk, meski secara praktik tidak ada negara yang ditaksir sebagai terbaik atau terburuk.
Negara yang memiliki nilai lebih dari 20 poin dinilai tingkat kelaparan mengkhawatirkan dan di atas 30 poin dinilai kelaparan sangat mengkhawatirkan.
Tiga negara lain dengan tingkat kelaparan sangat tinggi adalah Burundi, Eritrea, dan Chad. Kesemuanya terlibat dalam konflik memanas atau terbuka selama bertahun-tahun.
Kecuali Haiti dan Yaman, semua 25 negara dengan tingkat kelaparan mengkhawatirkan berada di wilayah sub-Sahara Afrika atau Asia.
Negara yang menempati urutan kelaparan terburuk adalah Nepal, Tanzania, Kamboja, Sudan, Zimbabwe, Burkina Faso, Togo, Guinea-Bissau, Djibouti, Mozambik, India, Banglades, Liberia, Zambia, Timor Leste, Niger, Angola, Yaman, Republik Afrika Tengah, Madagaskar, Komoro, Haiti, Sierra Leone, dan Etiopia.
Bersama dengan Burundi, DRC dan Eritrea, Komoro - negara kepulauan di lepas pantai timur Afrika yang rawan kudeta - dan Haiti menempati tingkat kekurangan gizi lebih dari 50 persen penduduknya.
Di Banglades, India, Timor Leste, dan Yaman tercatat lebih dari 40 persen anak berusia di bawah lima tahun kekurangan berat badan.
Afganistan, Angola, Chad, dan Somalia memiliki tingkat kematian anak tertinggi, dengan lebih dari 20 persen anak meninggal sebelum mencapai usia lima tahun.
Korea Utara merupakan salah satu dari sembilan negara dalam nilai indeks kelaparannya meningkat dari 16,2 poin pada 1990 menjadi 19,4 poin pada 2010. Delapan negara lainnya, semuanya berada di wilayah sub-Sahara Afrika - selain Gambia, Swaziland, dan Zimbabwe - konflik merupakan penyebab kelaparan di wilayah tersebut.

Gereja Tertua di Dunia Ditemukan di Yordania (Tribunnews.com - 15 Agustus 2010)
PAKAR Arkeologi Yordania baru-baru ini berhasil menemukan puing-puing gereja yang diklaim sebagai gereja tertua di dunia yang berumur hampir 2.000 tahun.
“kami menemukan gereja tersebut yang diperkirakan berasal dari tahun 33 sampai 70 setelah masehi,” ujar kepala pusat studi arkeologi Rihab Yordania, Abdul Qader al Husan.
Sedangkan Uskup gereja Yunani Orthodox, Archimandrite Nektarious berkomentar bahwa penemuan ini merupakan penemuan penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan Kristn di dunia.
Dalam penggalian tersebut juga diketemukan sebuah terowongan yang diperkirakan menjadi sumber air
Rihab menjadi perkampungan gereja dimana diperkirakan terdapat 30an gereja di wilayah tersebut.

Suhu Tertinggi Ada di Tempat Terendah Bumi (Harian Media Indonesia, 10 Agustus 2010)
Pemanasan global atau bukan, suhu pada musim panas ini tercatat hingga 51,4 derajat celsius. Cuaca panas pada puncaknya terjadi di tempat terendah di dunia, yaitu Laut Mati.  Menurut ahli meteorologi, cuaca panas telah memecahkan rekor suhu tertinggi sepanjang 70 tahun terakhir. Cuaca panas mencatat rekor kedua terpanas setelah rekor tertinggi yang pernah dicapai, yaitu 54 derajat celsius di Lembah Yordania Utara, Israel, pada musim panas 1942.
Untuk kali ini, pekerja tanaman di ladang dekat Is­rael, Kibbutz Almog, bekerja di bawah terik matahari dengan suhu 51,4 derajat celsius, menurut saluran dua televisi Israel. Selama seminggu, wilayah Timur Tengah dilanda cuaca panas dan suhu diperkirakan terus bertahan dalam beberapa hari mendatang.
Panas terik musim panas pada tahun ini telah menewaskan puluhan ribu orang di Rusia. Suhu di Rusia telah mencapai rekor setidaknya enam kali dalam beberapa pekan terakhir, yakni di atas 36 derajat celsius. "Kami mencatat 14.340 kematian di Moskow pada Juli. Ini sangat jauh meningkat dari jumlah 4.824 pada Juli 2009," kata Yevgenia Smirnova, pejabat resmi di Moskow. (Xinhua/OL-9).

Jabar, Terbesar Perdagangan Orang (Harian Media Indonesia, 9 Nopember 2010)
Korban perdagangan orang (trafficking) yang berasal dari Jwa Barat menurut data Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri sepanjang periode 2005-2009 mencapai jumlah 794 orang. Jumlah itu yang tertinggi di Indonesia jika dibandingkan dengan provinsi lain. Di bawah Jawa Barat, ada Kalimantan Barat dengan 711 orang, Jawa Timur (441), Jawa Tengah (404), dan Nusa Tenggara Barat (233).
"Penyebabnya yakni kemiskinan, pendidikan rendah, isu budaya terkait peran perempuan, tradisi pemikahan dini, perspektif orang tua tentang anak, dan pergeseran nilai dan norma," ucap Netty Prasetiyani, Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jawa Barat, pada sebuah seminar tentang MDGs, di Jakarta, kemarin (Tlc/H-3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar