Rabu, 15 Agustus 2018

Faktor-Faktor Keterpilihan Seseorang



Oleh : Isamas
Faktor-faktor untuk keterpilihan seseorang untuk mendapatkan tanggung jawab yang lebih tinggi baik itu jabatan sebagai pucuk pimpinan atau pelaksana kegiatan.

Mau tidak mau, atau enak atau tidak enak untuk dibaca, ada kecenderungan orang yang terpilih tersebut sedapat mungkin adanya kesamaan mengenai keadaan dan keinginan dengan dirinya/pemilih.

Peluang Keterpilihan
Peluang keterpilihan seseorang untuk memegang tanggung jawab dari suatu jabatan atau program, didasarkan atas :
Etika/ahlak, modal (a.l kekayaan),  fisik/tampilan (cakep, postur tubuh), popularitas,  sikon (a.l domisili, keamanan), prestasi, menguntungkan/tidak bagi pemilih, sosialita/gaul, gen pria/perempuan, suku, ras, agama, kerabat, ... dlsb-dlsb._

Faktor2 Utama
Adapun factor utama yang dapat menentukan keterpilihan seseorang atau yang merupakan ringkasan butir-butir tersebut di atas :
(1).  Tujuan (sesuai sikon, untuk tanggung jawab apa)
(2).  Modal (materi, fisik & rokhani),
(3).  Menguntungkan bagi pemilih
(4).  Kesempatan.
(5).  NASIB.

Sikap Pemilih
Sedangkan untuk sikap pemilih dikategorikan ada 2 macam yaitu secara Rasional dan Emosional.
(a).  Secara Rasional,
Pemilih secara Rasional, yaitu didasarkan atas kebutuhan untuk masa kini dan yang akan datang, yang biasanya dengan berbagai data dan pertimbangan.
(b).  Secara emosional.
Pemilih secara Emosional, yaitu didasarkan atas naluri kebutuhan dirinya atau kelompok, biasanya untuk kelanjutannya atau masa yang akan dating kurang terperhatikan. Misalnya pemilih yang Pokok e ….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar