Jumat, 09 Maret 2012

Kamus-ku (5) : Rok Mini, dan Sekitarnya (Bagian 1)

Oleh :  Isamas54
Mengupas tuntas masalah Rok Mini dan sekitarnya.

Definisi
Rok mini (selanjutnya bisa disingkat RM) adalah suatu jenis rok dengan batas jauh di atas lutut yang umumnya 20 cm atau lebih di atas lutut, sedangkan cara lain untuk menentukan rok mini atau bukan adalah dengan cara mengecek apakah si pengguna dapat menjangkau dengan jari manis dan kelingkingnya ke ujung rok sewaktu berdiri tegak, jika bisa maka rok tersebut bukan termasuk rok mini (id.wikipedia.org)
Arti kata lainnya ‘Rok’ adalah jenis pakaian luar untuk menutupi bagian bawah wanita (sekitar pusat sampai kaki), sedangkan ‘Mini’ artinya kecil.  Untuk hal ini kalau ada yang mau menambahkan perbendaharaan kata yang lebih betul dan sempurna boleh juga.  Jadi arti dari RM yaitu seperti tersebut di atas.
Istilah Inggrisnya untuk ‘Rok’ ini yaitu Skirt, arti dari skirt tersebut selain rok adalah roki dengan kata keterangan transitifnya menyusur/melewati (shore), lebih lanjut lagi ada kata ‘to shore danger’ yang artinya “nyerempet-nyerempet bahaya”.  Untuk sementara pengertian selain yang pertama dari kamus tersebut mungkin belum ada kaitannya, sehingga arti yang utama adalah Miniskirt.

Sejarah
Pertama kali dikenalkan secara luas pada tahun 1955 oleh Mary Quant, seorang wanita fashion desainer kelahiran Kent, Inggris.  Bersama suaminya Alexander Plunkett Grene yang membuka toko khusus pakaian bernama Bazaar (www.kaskus.us 01/02/2010).
Kehadiran rok mini sebenarnya adalah modifikasi fashion murni dari rok biasa, yang pada tahun 1958 makin memendek, dengan  alasan utama "..biar bisa lari kalo ngejar bis." Pada tahun 1960, trend ini makin menggema, tidak sedikit gaya ini menjadi rebutan hak paten para desainer Inggris, hal ini biasa dalam dunia fashion.
Kemudian pada 1960, atas dasar kecintaan pada mobil hariannya, dia menamai persis penemuan fashionnya seperti nama pabrikan pembuatnya "Mini".  Pada akhir 1960an, dia juga merupakan salah satu orang yang menemukan tren fashion 'hot pants'.

RM ditinjau dari berbagai sudut pandang (maaf ini bukan pilihan seperti ujian)

Pandangan pria
(a). Mengundang imaginasi untuk mengetahui sekitar rok mini, antara lain niatan si pemakai.
(b). Terkadang menjadi sorotan kamera pada saat shooting (foto, show, talk show, film)
(c). Tidak salah 100% bagi yang melihat, asal tidak sengaja.

Perasaan Wanita
(a). Praktis, menarik, untuk kejar bis, tidak gerah, untuk aksi walaupun sedikit nyrempet bahaya (ada kaitan dengan kamus).
(b). Lawan jenis sedikit ngiler pun gak apa karena tidak rugi ini, apa urusannya? lu-lu-gue-gue.
(c). Masalah etika dan penampilan boleh berbeda
(d). Up to date, mengikuti mode, standar kemajuan ekonomi dan politik, tanda optimisme (percaya diri)
(e). ‘Sesuatu’ yang sulit dijangkau biasanya lebih mahal (dari segi moral), lebih aman dan tetap menarik memakai pakaian tertutup, menghindari hal yang ‘serempet bahaya’.

Tata letak atau sudut pandang
Apabila dikaitkan dengan istilah areal/wilayah biasanya digunakan letak geografis sedangkan bagi pengaturan peruntukkannya disebut Tata ruang wilayah (identik RTRW).
(a). Nakh, untuk masalah wilayah RM ini tentu perlu juga diketahui mengenai batas-batasnya yaitu : bagian atas sekitar pusar, batas wilayah bawah adalah sekitar pertengahan bagian paha (makin jauh dari lutut makin mini).
(b).  Dari sudut pandang, atas : yaitu dari arah kepala (vertical atas) tidak terlalu jauh dengan rok yang agak maksi, dari sudut samping atau depan (horizontal) lebih seksi, sedikit mengobral paha dan lutut.  Sedangkan dari sudut pandang bawah (vertical bawah), wowww.  Di dalam areal, wowww … juga.  
Kata wowww ini tidak dibahas lebih lanjut, tergantung persepsi masing-masing.

Kejahatan
Terlepas dari situasi dan kondisi dan pribadi seseorang, relatif lebih mudah melakukan kejahatan seksual terhadap yang menggunakan RM daripada dengan yang berpakaian tertutup (‘kunci’ atau gemboknya lebih longgar), secara logika lebih mudah ‘di atau ter’-singkap, walaupun belum ditemukan data hasil penelitian untuk hal ini (termasuk kaitan topik berikut ini).

Pelecehan seksual
“Pelecehan Seksual, Jangan Salahkan Rok Mini”, demikian judul berita yang menyangkut kasus kekerasan perempuan di Jombang dimana menunjukkan angka yang cukup signifikan. Berdasarkan data yang ada di LSM Women Crisis Centre (WCC), mulai Januari - Agustus 2011 terdapat 62 laporan yang masuk (selain itu termasuk juga maraknya kasus perkosaan di Jakarta). Tingginya angka itu bukan dipicu oleh dandanan perempuan yang mengenakan rok mini, tapi tidak jarang perempuan berjilbab juga menjadi sasaran (www.beritajatim.com, 2011/09/19).

Jokes/Humor
Humor mengenai RM ini telah ada di masyarakat yang antara lain  :  (a). Beda pesawat dengan RM, yaitu kalau pesawat makin tinggi makin tidak kelihatan sedangkan kalau RM makin tinggi makin kelihatan.  (b).  Beda Taman Mini (TM), Metro Mini (MM), dan RM, yaitu kalau TM ada MM-nya, kalau MM di dalamnya ada yang pakai RM, sedangkan kalau RM ada TM-nya.
Menurut hukum Matematika untuk humor (b), TM>MM, MM>RM, RM>TM; dimana > adalah simbol lebih besar, maka analog tersebut SALAH karena ada TM pertama (paling besar) menjadi TM terakhir (yang paling kecil), tetapi karena di sini ada kiasan maka analog tersebut jadi benar (kalau bingung, lewatkan saja dulu analisis tersebut)

Dari uraian tersebut kita ambil maknanya, karena biasanya ‘sasaran’ itu diincar atau diinginkan orang, jadi sekedar mengingatkan bagi yang 'memiliki sasaran' berhati-hatilah memeliharanya (mungkin hal ini berlaku juga untuk semua bidang kehidupan) tidak terbatas untuk RM saja.

Bersambung ke Bagian 2

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber : tercantum dalam bacaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar