Rabu, 20 April 2011

Ranking (Ter-) : Edisi Pebruari 2011


Ranking (Ter-) untuk Edisi ini berisikan topic : (1).  10 Hal yang Mengejutkan di Oscar /Academy Awards, (2).  Elang Tertangkap Kamera Menggondol Kambing, (3).  Tayangan Sepak Bola Paling Banyak Ditonton, (4).  Kiper Terbaik Dekade`Ini, (5).  Vancouver Kota Ternyaman di Dunia, (6).  Beruang Terbesar Sepanjang Masa.  

(1).  10 Hal yang Mengejutkan di Oscar /Academy Awards (entertainment.kompas.com  2011/02/28)
Los Aangeles - Setiap tahun, acara Academy Awards atau biasa disebut Oscar sering menampilkan hal-hal mengejutkan, baik di arena karpet merah maupun suasana di dalam gedung tempat berlangsungnya pengumuman pemenang Oscar. Apa saja adegan-adegan yang paling mengejutkan dalam sejarah Oscar?  Simak 10 hal paling menarik sekaligus mengejutkan di bawah ini.
10. Film Crash secara mengejutkan menjungkirbalikkan prediksi banyak kritikus sekaligus pencinta film yang sangat yakin bahwa Brokeback Mountain akan membawa pulang piala paling bergengsi di kategori Film Terbaik pada tahun 2006.
9. Aktris cantik Marisa Tomei berhasil menggondol penghargaan untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik, mengalahkan pesaingnya seperti Judi Davis, Vanessa Redgrave, serta Miranda Richardson, yang dinilai para pengamat lebih pantas memenangi penghargaan tersebut.
8. Tahun 2010, Sandra Bullock berhasil mengalahkan aktris legendaris Meryl Streep dan Helen Mirren dalam film The Blind Side untuk kategori Aktris Wanita Terbaik. Dari ekspresi Bullock, ia seperti tak menyangka akan memenangi penghargaan tersebut.
7. Jika memenangi sebuah penghargaan, Anda tentunya akan berterima kasih kepada suami atau istri dan keluarga tercinta. Namun, hal ini nampaknya sedikit terlupakan oleh Hillary Swank saat memenangi kategori Aktris Terbaik dalam film Boys Don't Cry pada tahun 1999.  Secara mengejutkan, ia lupa menyebutkan nama suaminya, aktor Chad Lowe, ketika mengucapkan terima kasih.   Namun pada tahun 2004, ia kembali meraih Oscar dalam perannya di Million Dollar Baby. Seolah belajar dari peristiwa tersebut, kali ini ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada suami tercinta.
6. Setiap acara Oscar selalu menampilkan montase para insan perfilman yang telah meninggal, seperti aktor, aktris, sutradara, dan produser. Ada hal yang mengejutkan pada tahun 2010, saat bintang televisi Farah Fawcett tak dimasukkan dalam potongan gambar yang dihadirkan. Hal inilah yang akhirnya menuai protes dari banyak pihak, terutama keluarga Fawcett.
5. Dengan sutradara sekaliber Steven Spielberg serta filmnya, Saving Private Ryan, banyak pihak sudah yakin akan kemenangan Spielberg. Namun, kenyataan berbicara lain. Shakespeare in Love ternyata memenangi Film Terbaik tahun 1998.
4. Daniel Day Lewis (Gangs of New York) dan Jack Nicholson (About Schmidt) lebih dijagokan untuk meraih Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. Namun aktor pendatang baru, Adrien Brody,
4. Daniel Day Lewis (Gangs of New York) dan Jack Nicholson (About Schmidt) lebih dijagokan untuk meraih Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. Namun aktor pendatang baru, Adrien Brody, membuat kejutan ketika sukses menyingkirkan para nomine lainnya lewat perannya dalam film The Pianist. Saking senangnya, ia mencium bibir Halle Berry, yang saat itu menyerahkan penghargaan ke tangan Brody.
3. Saat Ryan Seacrest tengah mewawancarai Jennifer Garner di karpet merah (red carpet), tiba-tiba aktor veteran, Gary Busey, mencium pipi Garner sehingga Garner terkejut dan setengah ketakutan.
2. Dua sahabat karib, Ben Affleck dan Matt Damon, secara mengejutkan berhasil memenangi kategori Skenario Terbaik tahun 1998 lewat film Good Will Hunting. Hal ini tentu cukup mengejutkan karena para pengamat lebih menjagokan Boogie Nights dan As Good As It Gets.
1. Penampilan Cher saat mengenakan gaun aneh di karpet merah, sangat mengejutkan semua orang yang menonton acara Oscar pada tahun 1986.

(2).  Elang Tertangkap Kamera Menggondol Kambing   (tempointeraktif.com   2011/02/28)


Seekor Elang jenis Golden Eagle besar tertangkap kamera tengah mencengkram seekor kambing terbang. Kambing yang terlihat berdarah itu diperkirakan akan menjadi santapan si elang.  Foto menakjubkan ini diambil di pegunungan pulau Mull, Skotlandia. Foto ini kemungkinan foto pertama yang berhasil mengabadikan seekor elang raksasa dengan rentang sayap dua meter membawa mangsa berupa kambing. 
Foto ini dibuat oleh seorang pengamat burung yang enggan disebutkan namanya. Dia juga menolak menyebutkan lokasi persis foto ini diambil. Dia takut petani yang marah karena hewannya menjadi mangsa akan memburu burung itu. 
Burung elang jenis ini memang termasuk burung langka. Mereka ada sekitar 30 ekor dan dilindungi dalam area khusus yang tahun lalu habitat mereka sempat tercemar. 
Sebelum mengambil foto ini, pengamat burung dan istrinya melihat beberapa burung elang yang berputar.  "Ada beberapa mobil yang parkir di dekatnya, mereka lalu berputar-putar di udara," kata pengamat burung itu. 
Tiba-tiba ada seekor elang besar yang terlihat membawa sesuatu. Ketika melihat melalui binokular mereka menduga itu seekor kelinci gunung. Tapi setelah semakin mendekat ternyata itu seekor kambing. 
"Sebuah peristiwa yang sangat langka dan tidak mungkin saya lupakan," kata pengamat burung itu. Elang berjenis Golden Eagle dikenal sebagai pemangsa hewan berukuran besar dengan cara menjatuhkan mangsanya dari ketinggian. 

(3).  Tayangan Sepak Bola Paling Banyak Ditonton  (tempointeraktif.com   2011/02/01)


Jakarta -Hasil survei dari perusahaan riset Nielsen Company mencatat program olahraga terutama sepak bola menjadi program yang paling banyak ditonton pada tahun lalu. Managing Director Nielsen Audience Measurement Irawati Pratignyo mengatakan, dua program khusus yakni Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan Piala Asean Football Federation (AFF Cup) 2010 memperoleh jumlah penonton terbesar di tahun lalu. "Kedua program itu pula menjadi yang teratas dalam daftar tahunan," ujar Irawati kepada wartawan di kantornya, Selasa (1/2).
Dia mengatakan, masuknya tim nasional Indonesia ke babak final Piala AFF berhasil menarik perhatian banyak orang ketimbang Piala Dunia. Penonton memuncak pada final Piala AFF putaran pertama antara Indonesia melawan Malaysia. "Total penonton final tersebut mencapai 12,8 juta orang atau 26 persen dari populasi televisi," kata dia.
Selain program olahraga, ujar dia, kunjungan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama ke Indonesia pada November 2010 juga menyedot perhatian masyarakat. Selain itu, bencana yang terjadi pada tahun lalu seperti di Gunung Merapi dan Mentawai, Sumatera Barat, menjadi program yang paling banyak ditonton.
"Berita tersebut membantu peningkatan dalam kepemirsaan televisi pada kuartal terakhir 2010, yaitu naik menjadi 12,9 persen dari kuartal ketiga tahun lalu," ujar dia.
Secara keseluruhan, kata Irawati, jumlah penonton televisi di 10 kota besar di Indonesia rata-rata meningkat. Penonton berusia 5 tahun ke atas meningkat dari rata-rata 6 juta menjadi sekitar 6,3 juta orang. Hal ini seiring dengan meningkatnya populasi penonton televisi dari 46,7 juta menjadi 49,5 juta orang.

(4).  Kiper Terbaik Dekade`Ini
Selengkapnya dapat dilihat di sini

(5).  Vancouver Kota Ternyaman di Dunia  
Sydney - Kota Vancouver di Kanada masih menduduki posisi teratas sebagai tempat yang paling nyaman ditinggali untuk kelima kalinya secara beruntun. Kota lainnya yang menempati urutan kedua dan ketiga adalah Melbourne (Australia) serta Vienna (Austria). Sedangkan Posisi juru kunci diduduki ibu kota Zimbabwe, Harare, dengan raihan37,5%. 
Selanjutnya baca di sini

(6).  Beruang Terbesar Sepanjang Masa (sains.kompas.com   2011/02/09)

Paleontolog Leopoldo Soibelzon membandingkan fosil tulang lengan atas beruang prasejarah yang ditemukan dengan kerangka gajah.
Telah lahir juara baru untuk kategori beruang yang terbesar dan terburuk rupa yang pernah ditemukan. Seekor beruang prasejarah Amerika Selatan dengan bobot 1.600 kilogram dan tinggi saat berdiri mencapai 3,4 meter menjadi juaranya, menurut penemuan terbaru. Sebelumnya, beruang raksasa Amerika Utara dengan bobot 1.134 kilogram tercatat sebagai beruang prasejarah yang terbesar. Untuk beruang modern, rekor dipegang oleh beruang kutub Alaska dengan 998 kilogram.
Beruang Amerika Selatan ini menjelajahi Benua Amerika sekitar 500.000 hingga 2 juta tahun yang lalu. Menurut ilmuwan, beruang itu merupakan karnivora terbesar dan terkuat yang ada pada zamannya. "Sebagai karnivora, tak ada yang mendekati keperkasaan beruang Amerika Selatan ini," ujar Blaine Schubert, paleontologis dari East Tennessee State University di Johnson City, Tennessee.
Tulang-belulang beruang itu ditemukan di Provinsi Buenos Aires, Argentina, pada 1935. Baru-baru ini, tulang tersebut diteliti kembali oleh Schubert dan Leopoldo Soibelzon, seorang paleontologis dari Argentina yang mempunyai spesialisasi dalam meneliti fosil beruang Amerika Selatan. Peneliti mengukur tulang lengan atas yang hampir sebesar lengan atas gajah, dengan begitu sisa dari ukuran badan beruang dapat diperkirakan. Penelitian itu juga mengemukakan bahwa beruang jantan tua tersebut mengalami luka yang cukup serius selama hidupnya.
Ukuran Amat Penting "“Entah apa yang dimakan dan bagaimana cara dia makan, pertanyaan muncul saat menyadari beruang itu amat berbeda dengan saudaranya, beruang Amerika Utara," kata Schubert. Sebagai perbandingan, spesies beruang Amerika Selatan membesar dan kemudian mengecil seiring berjalannya waktu, berbeda dengan beruang Amerika Utara yang spesiesnya terus membesar.
Schubert mengindikasikan bahwa persediaan mangsa yang melimpah dan kompetisi yang sedikit, membuat beruang Amerika Selatan menjadi raja dari benua itu. Tetapi, seiring dengan evolusi dari karnivora, beruang itu pun beradaptasi dan menjadi lebih omnivora, layaknya beruang modern.
Di Amerika Utara, peningkatan ukuran dari beruang, menjadi keuntungan tersendiri. Kucing bergigi belati dan predator lain telah menyingkir, menurut beberapa peneliti. Kekuasaan beruang Amerika Utara mungkin bertepatan dengan hewan zaman es, seperti unta dan mammoth.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet

Bacaan sebelumnya : Edisi Januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar