Kamis, 06 September 2012

Info Lelang (2) : Milik Figur, Bernilai Historis, atau Bisnis


Dikemas oleh Isamas54
Info lelang barang milik figur, historis atau bisnis edisi ini berisi : (1).  Buku Doa Abad Ke-15, (2).  Mobil Personal the Beatles, (3).  Mobil Corvette Generasi Pertama, (4).  Video "Rahasia Hidup" Steve Jobs, dan (5).  Sebotol wiski.

(1).  Buku Doa Abad Ke-15
Barang dan harga  : Sebuah buku doa festival abad ke-15 dalam bahasa Ibrani.  Diperkirakan bernilai sampai 800.000 dollar AS
Tempat : dipamerkan di markas besar Christie's New York pada tanggal 16-17 April, dan akan dilelang pada 11 Mei 2012.
Rincian :
Buku doa 400 halaman yang disebut Mahzor dan diperkirakan dibuat di Firenze-Italia, merupakan salah satu yang terbaik dan terlangka dari jenisnya dan belum pernah dipamerkan kepada umum. Buku dengan motif' Renaisans itu berisi doa harian dan berkat untuk hari-hari raya Yahudi.
Salah satu aspek menarik adalah buku itu merupakan peninggalan dari sejarah dan diaspora Yahudi. Selama abad ke-15 komunitas Yahudi di Fi­renze berkembang dan posisinya dekat dengan keluarga Me­dici yang berkuasa. Buku doa yang telah berada pada sebuah keluarga yang sama selama hampir 100 tahun.
(Sumber : Kompas, 14 April 2012)

(2).  Mobil Personal the Beatles

Barang, harga dan tempat : Mobil Aston Martin DB5 1965 bekas milik gitaris grup the Beatles, George Harrison akhirnya mencapai penawaran hingga 350 ribu Poundsterling (sekitar Rp4,94 miliar) di pelelangan Coys of London Auction.
Keterangan :
Awalnya kendaraan ini diperkirakan bakal terjual 150 ribu Poundsterling (sekitar Rp2,1 miliar). Namun berkat perang penawaran antara sejumlah kolektor yang tertarik dengan kendaraan ini, maka nilai Aston Martin DB5 1965 ini pun meroket.
Menurut laporan yang diturunkan oleh MSN Cars, pembelinya adalah penggemar berat the Beatles di Houston, Texas yang akan memanfatkan mobil ini untuk menggalang dana bagi badan amal Kristen. Padahal George Harrison yang meninggal pada 2001 akibat kanker paru-paru merupakan pemeluk agama Buddha.
Aston Martin Harrison bukan satu-satunya mobil yang terjual di atas harga perkiraan awal. Mercedes-Benz 540K bekas Bernie Ecclestone yang awalnya diperkirakan bisa terjual 500 ribu, melejit menjadi 864.000 Poundsterling (sekitar Rp12,181 miliar) saat palu diketuk. 
(Sumber : mediaindonesia.com, 2011/12/12)

Selingan
Gambar berikut bukan berita lelang, sepertinya ngajak minum kopi, biar nggk ngantuk, tks 
 
(3).  Mobil Corvette Generasi Pertama

Barang, harga dan tempat : Kendaraan Chevrolet Corvette generasi pertama klasik akan ditawarkan pada kegiatan yang digelar oleh RM Auction di Phoenix, Arizona pada 20 Januari mendatang. Nilai mobil bernomor sasis lima ini ada diperkirakan pada kisaran US$450 ribu hingga US$650 ribu (sekitar Rp4,096 hingga 5,916 miliar). Akan tetapi mungkin bisa melebihi nilai itu karena ini adalah bagian dari sejarah Corvette, sejarah ikon Amerika.
Keterangan dan historis :
Setelah 58 tahun Chevrolet Corvette pertama kali dibuat, model ini telah menjadi sebuah ikon Amerika. Akan tetapi hal itu tidak terjadi pada Corvette generasi pertama. Pasalnya kendaraan ini tidak merepresentasikan kualitas Chevrolet.
Pasalnya Corvette pertama ini merupakan mobil buatan tangan yang dibangun di dalam sebuah garasi di Flint, Michigan. Fiturnya dianggap terlalu sederhana dan tidak bisa diterima secara komersial.
Bagaimana tidak. mobil sport primitif ini banyak kekurangannya. Tidak memiliki spion samping dan jendela samping bahkan tidak memiliki gagang pintu di luar. Selain itu ia dibekali mesin 6 silinder bertenaga kurang dari 150 hp yang tidak terlalu kencang.
Diler-diler Chevrolet kerap kali menawarkan diskon bagi Corvette generasi awal ini dengan tujuan agar kendaraan ini segera hengkang dari showroom mereka karena dianggap hanya membuat ruang menjadi sempit.
Namun saat ini mobil-mobil itu masuk dalam daftar barang yang paling dicari oleh para kolektor terkait sejarahnya.
Dan bagi yang beruntung, rumah lelang RM Auction akan menawarkan Corvette generasi pertama bernomor sasis lima dan merupakan salah satu Corvette pertama dari tiga yang dijual ke masyarakat umum.
Ini bukan hanya sebagai Corvette kelima dari Corvette generasi pertama yang pernah dibuat, ia juga dibuat di atas rangka nomor 10. Itu berarti, mobil ini adalah mobil konsep awal yang pernah dipajang di gelaran pameran GM Motorama.
Kendaraan ini terjual kepada pemilik pertamanya pada bulan Juli 1953 dan beberapa kali berpindah tangan selama beberapa tahun. Ia kemudian dibeli oleh pemilik saat ini pada tahun 1997 yang mendanai biaya restorasi selama lima tahun agar tampilannya kembali seperti baru.
Saat ini sekitar 200 unit Corvette 1953 yang masih eksis dari 300 unit yang diproduksi. Mobil COrvette yang dibangun pertama kali ini merupakan mobil yang paling diidam-idamkan oleh para kolektor.

(mediaindonesia.com, 2011/12/27)

(4).  Video "Rahasia Hidup" Steve Jobs

Tempat dan barang : Santa Clara Valley Historical Association telah membuat video tentang Steve Jobs. Cuplikan video tersebut bisa dilihat di situs SteveJObsSecretsOfLife.org.
Harga : Video yang menceritakan pemikirannya tentang kehidupan dan rahasia sukses di Apple ini akan dijual hanya 9,99 dollar AS melalui sistem pay-per-view online.
Historis :
Memorial: The Apple Home page after it was revealed the Jobs had died
Menurut The Next Web, video ini adalah hasil wawancara Walter Cronkite dengan Steve Jobs pada tahun 1994. Awalnya video ini menjadi bagian dari film dokumenter "Silicon Valley: A 100 Year Renaissance". Tapi oleh asosiasi, video tersebut dipotong dan dibuat rekaman tersendiri dengan durasi sekitar 30 menit.
Dalam film dokumenter tersebut, selain Steve Jobs tampil juga tokoh lain seperti pendiri Apple Steve Wozniak, pendiri Atari Nolan Bushnell, pendiri Sun Microsystems Scott McNealy, pendiri Oracle Larry Ellison dan sejumlah pendiri lain yang berasal dari Silicon Valley beserta staf Apple yang berpengaruh di dunia.
Hasil penjualan video akan disalurkan ke pihak asosiasi untuk mendanai berbagai proyek mereka yang menelaah "fenomena Silicon Valley".
(Sumber : tekno.kompas.com/read/2011/12/19)

(5).  Sebotol wiski
Barang dan harga : Sebotol wiski yang dibuat untuk merayakan 60 tahun bertakhtanya Ratu Eli­zabeth II dari Inggris terjual di Singa­pura seharga 198.500 dollar AS atau Rp 1,8 miliar. Sebagai pembanding yaitu Paket yang sama, wiski dengan dua gelas kristal, dibanderol dengan harga 159.100 dollar AS di Inggris.
Historis :
Hanya ada 60 botol wiski Diamond Jubi­lee yang dibuat oleh Johnnie Walker, anak perusahaan Diageo PLC.
Singapura merupakan tempat penjualan pertama dari serangkaian penawaran peritel DPS Group di seluruh dunia.
DFS sudah merancang akan menawarkan barang-barang mewah pada ta­hun ini. Singapura yang dipenuhi dengan jutawan juga me­rupakan tempat bagi para jetset global bermain kasino, berbelanja barang mewah, dan menikmati makanan mewah.
Seiring dengan peningkatan populasi jutawan Asia beberapa tahun terakhir, mereka juga dengan mudah membeli barang mewah seperti mobil, perhiasan, produk kecantikan, jam tangan mewah, dan minuman.
(Sumber : Kompas, 2 April 2012)
Sampai ketemu di : Info Lelang dan Jual Beli (3)
Sebelumnya bisa dilihat di : (1)

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber : tercantum dalam bacaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar