Rabu, 12 Desember 2012

Berita : Antara Dubai, India dan San Fransisco


Dikemas oleh : Isamas54
Beberapa aturan di berbagai wilayah atau negara berkaitan dengan upaya pencegahan kegiatan asusila yang disertai dengan upaya pembelaan kebebasan hak azasi.


Dubai merupakan negara yang menerapkan peraturan yang antara lain melarang konsumsi alkohol dan kegiatan seksual di muka umum.  Sedangkan di India, skinny jeans, kaus dan busana mode Barat lainnya dengan cepat berkembang populer di kalangan para pemuda India, menyebar dari kota ke pedesaan seperti Haryana, meskipun orang-orang tua banyak yang menolak pakaian tersebut.
Lain lagi halnya dengan di San Francisco-AS, dimana peraturan larangan telanjang di ruang umum telah ditetapkan lewat mekanisme pemungutan suara. Hal tersebut setelah banyak warga mengeluh menyusul sejumlah pria yang tampil tanpa baju setiap hari di kawasan homoseksual San Francisco, Castro.  Kecuali … dilakukan untuk para peserta parade atau pesta jalanan, termasuk acara tahunan kelompok homoseksual yang banyak menarik minat peserta dari berbagai negara bagian Amerika Serikat.
Ada tulisan nyasar ‘Selingan’ berupa ancaman HIV/AIDS bagi ibu rumah tangga di Samarinda dan bahayanya pakaian dalam (?).

(1).  Dubai

Dubai merupakan negara yang menerapkan aturan Islam dengan peraturan antara lain melarang konsumsi alkohol dan kegiatan seksual di muka umum.
Walau telah ditetapkan peraturan tersebut tetapi tetap saja ada turis yang mengabaikan hal tersebut sehingga banyak yang terjerat hukum.
Sementara itu, perempuan setempat menutupi diri mereka dari kepala sampai kaki dengan jilbab dan gaun hitam tradisional, sedangkan di sisi lain beberapa warga ekspatriat berjalan-jalan dengan celana pendek atau rok mini, pantainya pun dipenuhi wisatawan berjemur dengan bikini.
Jurang budaya di negara Teluk Arab antara penduduk asli muslim negara itu dan komunitas ekspatriat memang mencolok dalam kehidupan sehari-hari.

Tempat umum
Setelah usulan aturan berpakaian di tempat umum, anggota Dewan Nasional Federal (FNC) Hamad Ahmad Al Rahoumi kembali menegaskan adanya peraturan yang melarang para wisatwan melakukan aktivitas seksual di beberapa lokasi seperti mal dan pantai di Dubai.
Al Rahoumi meminta pemerintah untuk mengeluarkan undang-undang untuk memaksa ekspatriat dan wisatawan agar berpakaian dan berperilaku sopan sejalan dengan budaya dan tradisi negara itu.
Dia juga menekankan perlunya menciptakan kesadaran di kalangan wisatawan dan ekspatriat.  Juga kepada pihak yang bersangkutan sebaiknya mendistribusikan brosur daftar aturan dan memasang poster di bandara dan pusat perbelanjaan bagi ekspatriat dan wisatawan tentang cara berperilaku
"Kami tidak meminta mereka untuk memakai niqab atau jilbab. Kami ingin mereka untuk menghormati budaya kami dengan berperilaku sopan. Sebagai contoh, sering sekali ada dua orang asing yang berciuman di depan umum di sebuah pantai di Dubai. Itu tentu membuat semua orang berhenti sejenak dan menatap mereka. Perilaku buruk seperti itu akan memengaruhi kita dan anak-anak kita," kata Al Rahoumi.
Taksi bergoyang
Seorang wanita asal Inggris, Rebecca Blake (29), pekerja sebuah perusahaan perekrutan karyawan di Dubai, harus berurusan dengan masalah hokum karena telah melakukan bhsx dengan kekasihnya berkewarganegaraan Irlandia, CMcR di dalam sebuah taksi yang sedang berjalan di Dubai-Uni Emirat Arab.
Keterangan polisi setempat menyebutkan, mereka ditangkap tidak lama setelah meninggalkan sebuah klub malam di Dubai dan mereka diduga mabuk berat saat meninggalkan klub tersebut menggunakan taksi.
Di dalam taksi, pasangan itu terlihat sangat mabuk dan dianggap telah melakukan hal-hal yang tidak pantas di dalam taksi. Karena merasa tidak nyaman, si supir menghentikan mobilnya lalu, melaporkan hal tersebut ke pos polisi terdekat.
Saat polisi datang, mereka mendapati Rebecca dan Connor sedang asik bercinta di kursi belakang taksi tersebut.
"Mereka mabuk, lalu mulai saling cium satu sama lain. Pada saat itulah mereka mulai bercinta, namun tidak lama kemudian akhirnya polisi datang dan menangkap mereka," ujar salah satu sumber di Kepolisian Dubai yang enggan disebutkan namanya, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (17/5/2012).
Rebecca Blake dan Conor McRedmond membantah tuduhan melakukan tindakan tidak senonoh di taksi ketika mereka muncul di pengadilan, namun mereka mengaku bersalah atas tuduhan berkaitan dengan konsumsi alkohol di depan umum.
"Pengadilan menjatuhkan hukuman penjara selama tiga bulan dan deportasi selain denda 3.000 dirham," kata pengacara mereka, Shaker al-Shammary.
Mereka dihukum tiga bulan penjara dan kemudian dideportasi.
Data pelanggaran
Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat beberapa kasus yang dituduhkan melanggar undang-undang kesusilaan di Dubai.
Pada 2008, pasangan Inggris dinyatakan bersalah terlibat dalam aktivitas seksual di luar nikah dan mabuk dan di depan umum di sebuah pantai di Dubai, mereka dihukum tiga bulan penjara kemudian dideportasi tetapi hukuman penjara mereka dibatalkan pada tingkat banding.
Pada 2010, pasangan Inggris dijatuhi hukuman satu bulan penjara dan didenda karena berciuman dengan mulut di sebuah restoran di Dubai.

Berita Nyasar …
Ibu Rumah Tangga
Untuk memperingati hari AIDS se-Dunia yang jatuh pada 1 Desember, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kalimantan Timur-Indonesia mengadakan berbagai acara (1/12/2012) dalam rangka  HUT PKBI ke-55 tahun yang akan jatuh pada 23 Desember mendatang.
Data
Untuk Kaltim, dari 1.802 kasus (2010), persentase kumulatif AIDS tertinggi pada kelompok umur 20 - 29 tahun (46 persen). Ratio kasus antara laki - laki dan perempuan 2 : 1 (71% dan perempuan 28%.  Persentase penyebab kasus (periode Januari-Maret 2012) tertinggi adalah hubungan seks tidak aman pada heteroseksual (77%), penggunaan jarus suntik steril dan penasun (8,5%), dari ibu (positif HIV) ke anak (5,1%) dan lelaki sama lelaki (LSL) (2,7%). Jumlah kasus HIV pada usia dibawah 4 tahun tercatat 547 kasus sedangkan usia 5 - 24 tahun berjumlah 242 kasus. 
Penularan HIV terbanyak saat ini di Samarinda melalui transmisi seksual (78%) dan pengguna jarum suntik yang tidak steril dari penasun (14%). Dan berdasarkan usia terbanyak pada usia produktif antara 15 - 35 tahun (70%).
Sedangkan berdasarkan peran dan pekerjaan yaitu : Ibu rumah tangga (IRT) 119 orang, pelajar dan mahasiswa 9 orang, PNS 12 orang, Balita 35 orang,sSwasta 325 orang dan tidak bekerja 64 orang.
Menurut Direktur Ekskutif PKBI Kaltim Drs Sumadi Atmodiharjo, tingginya angka Ibu rumah tangga (IRT) yang mengidap HIV (199 orang) dan balita 35 orang di Samarinda menjadi keprihatinan yang melatar belakangi pemilihan tema hari AIDS se-dunia "Lindungi Perempuan dan Anak Dari HIV dan AIDS". Dan dengan slogan " Stop AIDS melalui kesetaraan gender untuk menghapus segala bentuk stigma dan diskriminasi".
"Diharapkan dengan tema dan slogan ini dapat menghapus stigma serta diskriminasi dan juga dapat meningkatkan partisipasi laki -laki atau suami dalam pemenuhan hak reproduksi perempuan dan perlindungan anak," kata Sumadi, Jumat (30/11/2012).
Kasus HIV dan AIDS di kota Samarinda merupakan tertinggi diantara kabupaten/kota se-Kaltim. Sejak ditemukakan pertama kali tahun 1997 hingga saat ini tercatat 804 orang (November 2012/KPA kota Samarinda) terinfeksi HIV dan yang meninggal dunia sebanyak 155 orang dan tersebar di semua kecamatan di Samarinda.
"Untuk IRT tidak selamanya itu karena menular dari suaminya. Ada yang suaminya tidak kena tapi istrinya kena," papar Sumadi.
(id.berita.yahoo.com dari tribunnews.com 2012/11/30)
Kita lanjutkan …

(2).  India
Sebuah perguruan tinggi di India mengumumkan (10/12) melarang para mahasiswi mengenakan jeans, rok pendek dan kaus guna mengurangi pelecehan seksual.  Hal tersebut memicu kemarahan dari para mahasiswa dan aktivis pembela HAM.
Adarsh Women's College di negara bagian Haryana, 70 mil (110 kilometer) sebelah barat New Delhi, mengatakan bahwa mahasiswa akan didenda sebesar 100 rupee (sekitar Rp 17.843) setiap kali mereka melanggar kode etik berpakaian.
 “Godaan hawa nafsu” adalah frase umum yang digunakan di India, Bangladesh dan Pakistan untuk menggambarkan pelanggaran mulai dari kekerasan verbal hingga serangan seksual, meskipun sering dikritik sebagai eufemisme yang menyembunyikan kejahatan serius.
Skinny jeans, kaus dan busana mode Barat lainnya dengan cepat berkembang populer di kalangan para pemuda India, menyebar dari kota ke pedesaan seperti Haryana, meskipun orang-orang tua banyak yang menolak pakaian tersebut.
Para mahasiswa di perguruan Adarsh, yang mengajar anak perempuan berusia antara 16 tahun dan 19 tahun, mengeluh bahwa mereka sedang dihukum secara tidak adil bukannya dilindungi dari pelecehan. (ai/pt)
“Jeans dan atasan pendek mengundang perhatian dan juga mengalihkan perhatian para mahasiswa,” kata Sharma dalam sebuah wawancara terpisah. (id.she.yahoo.com  2012/12/10)

Selingan …
Pakaian Dalam
Pernah mendengar nasihat “jangan pergi meninggalkan rumah tanpa memakai pakaian dalam yang bersih”? Ternyata masih ada hal yang perlu diperhatikan.
(a).  Memakai celana dalam katun saat olahraga
Bahaya yang mengancam adalah Infeksi bakteri. 
Celana dalam katun yang seharusnya bisa mencegah infeksi bakteri, tetapi jika berkeringat, kain katun yang susah kering dapat meningkatkan risiko kesehatan Anda, ujar Cynthia Bayer, seorang praktisi perawat di Drexel University di Philadelphia.  Solusi: kain yang terbuat dari serat bambu, yang membuang keringat jauh lebih cepat daripada katun.
(b).  Memakai shapewear/korset yang terlalu ketat
Bahayanya adalah kerusakan saraf dan masalah lainnya.  Penggunaan shapewear dan pakaian ketat yang terlalu sering bisa menyebabkan infeksi saluran kemih, ujar  penasihat medis Consumer Reports, Orly Avitzur, MD.   Solusi: Batasi pemakaian. Pakailah hanya beberapa hari dalam seminggu, jangan setiap hari.
(c).  Memakai thong/G-string yang terlalu ketat
Bahayanya adalah masalah buang air kecil.  Para peneliti di Georgia Health Sciences University mengatakan kain yang terselip di antara bokong akan menyebabkan nyeri saat buang air kecil dan meningkatnya frekuensi buang air kecil.  Solusi: Cobalah thong dengan tali pinggang renda, yang biasanya lebih longgar.    (id.she.yahoo.com 2012/12/7)

Tetapi bukan berarti harus tanpa pakaian dalam, atau hanya pakaian dalam saja, atau bahkan tanpa pakaian sama sekali di tempat umum.
Seperti pada tulisan berikut …

(3). San Francisco
Anggota parlemen San Francisco, Amerika Serikat, menetapkan larangan telanjang di depan umum dimanaaturan ini ditetapkan lewat mekanisme pemungutan suara.
Larangan telanjang di ruang umum itu ditetapkan setelah banyak warga mengeluh menyusul sejumlah pria yang tampil tanpa baju setiap hari di kawasan homoseksual San Francisco, Castro.  Mereka yang melanggar larangan itu menghadapi ancaman penjara maksimal satu tahun dan denda sebesar 500 dolar AS.
Pengecualian akan dilakukan untuk para peserta parade atau pesta jalanan, termasuk acara tahunan kelompok homoseksual yang banyak menarik minat peserta dari berbagai negara bagian Amerika Serikat.
Anggota parlemen Scott Wiener mengatakan ia berusaha mencegah larangan itu selama dua tahun. "Kawasan itu bukan lagi tempat unik di San Francisco. Namun di Castro, (orang telanjang terjadi) tujuh hari dalam seminggu," kata Wiener.
Anggota parlemen lain John Avalos juga menyatakan kekhawatiran atas dampak tempat itu terhadap citra San Fransisco secara keseluruhan. "Kami merupakan salah satu panutan bagi kawasan lain di negara ini, dan terkadang memang ada satu keanehan," kata Avalos.
Sejumlah orang melakukan protes atas larangan yang disepakati anggota parlemen tersebut.
Gypsy Taub, seorang aktivis yang menyelenggarakan unjuk rasa orang telanjang menjelang pemungutan suara hari Selasa (20/11) itu, juga membuka bajunya sebagai protes. Namun, para petugas polisi segera membawa keluar aktivis perempuan itu dari gedung parlemen.
Para aktivis juga telah mengajukan tuntutan untuk mencegah penerapan larangan yang akan diberlakukan awal tahun depan. (metrotvnews.com 2012/11/22)

Sebagian besar warga dunia masih menjunjung etika berpakaian 'sopan' di tempat umum, namun banyak juga yang menghormati keberadaan seseorang tampil 'kurang sopan' di tempat umum.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber a.l : news.detik.com/read/2012/05/18, mediaindonesia.com 2012/06/18, mediaindonesia.com 2012/11/30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar