Senin, 23 Agustus 2010

CHRISTOPER COLUMBUS (1451-1506)

Disalin dari buku oleh isamas54
Dalam upaya mencari jalan dari Eropa ke Timur, Columbus tidak sengaja menemukan Benua Amerika yang membuatnya lebih berpengaruh dalam sejarah dunia. Penemuannya sekaligus merupakan mahkota eksplorasi dan kolonisasi Dunia Baru dan juga merupakan titik tolak penting dalam sejarah.
Catatan sebelum lanjut, Columbus dalam buku 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah (Hart, 2005) ditempatkan pada urutan ke-9 dari 100 tokoh dalam buku tersebut.
Penemuan tersebut membuka pintu bagi bangsa Eropa pada dua benua untuk pemukiman baru serta menyebarkan penduduk dan menyediakan sumber kekayaan mineral dan isi bumi yang pada gilirannya mengubah wajab Eropa. Penemuannya juga mengakibatkan hancurnya kebudayaan dan peradaban bangsa Indian. Dalam jangka panjang.penemuan itu ni melahirkan satu bangsa baru di belahan Barat, yang dengan sangac cepatnya membedakan diri dengan bangaa Indian selaku penduduk asli. Pengaruhnya sangat besar bagi perubahan bangsa-bangsa di Dunia lama.
Garis besar kisah Columbus sangat dikenal. Dia dilahirkan di Genoa Italia pada 1451. Ketika tumbuh dewasa dia menjadi nakhoda kapal dan seorang navigator cekatan. Akhirnya Columbus berkeyakinan bukan tidak mungkin untuk menemukan jalan yang lebih praktis ke daerah Asia yang jauh di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik dan dia dengan tekun merintis tekadnya. Tentu saja niat besar tidak akan terlaksana tanpa biaya yang memadai. Karena itulah Columbus membujuk ratu IsabelaIa I untuk membiayai ekspedisi percobaannya.
Kapalnya meninggalkan pelabuhan Spanyol pada tanggal 3 Agustus 1492. Berlabuh untuk pertama kalinya di Kepulauan Canary di lepas pantai Afrika. Meninggalkan Canary pada tanggal 6 September dan berlayar ke arab barat. Sebuah pelayaran panjang sehingga para awak kapalnya merasa ketakutan dan berkeinginan kembali saja. Akan tetapi CoLumbus tetap bersikukuh. Perjalanan mesti diteruskan. Dan ... 2 Oktober 1492 daratan tampak di haluan.
Columbus kembali ke Spanyol pada bulan Maret berikutnya dan penjelajahan yang berhasil itu disambut dengan penuh penghormatan. Sesudah itu, dia melakukan serangkaian melintasi Atlantik dengan harapan mencapai Cina dan Jepang. Columbus tetap bersiteguh pada pikirannya bahwa dia sudah menemukan jalur perjalanan ke Asia Timur jauh sebelum orang lain menyadari bahwa dia belum mencapainya.
Ratu Isabella menjanjikan Columbus untukmenjadi gubemur di pulau mana pun yang ditemuinya. Akan tetapi sebagai administrator dia betul-betul tidak cakap sehingga akhirnya dibebastugaskan dan dikirim kembali ke Spanyol dengan tangan terbelenggu. Tetapi, seampainya di Spanyol dia dibebaskan hanya saja ia tak pernah diberi jabatan lagi. Tersiar kabar Columbus meninggal dalam kemiskinan tanpa harta kekayaan sedikitpun. Pada saat kematiannya pada tahun 1506, kabar lain lagi dia mempunyai sedikit harta kekayaan.
Jelas, pelayaran pertama Columbus merupakan perubahan revolutioner bagi sejarah Eropa. Pelayaran tersebut bahkan punya pengaruh lebih besar bagi Benua Amerika. Anak-anak sekolah semua menghafal tahun 1492 merupakan tahun penting. Walau begitu masih ada banyak kemungkinan yang keberatan menempatkan nama Columbus dalam urutan buku Hart ini.
Gambar / lukisan : "Pendaratan Columbus”oleh John Vanderlyn
Salah satu keberatan adalah karena bukannya Columbus orang Eropa pertama yang menemukan Dunia Baru. Leif Ericson, pelaut Viking, berabad-abad sebelum Columbus sudah menjejakkan kaki di Benua Amerika dan boleh dipercaya beberapa orang Eropa lain juga sudah menyeberangi Samudra Atlantik pada masa-masa antara Leif Ericson dan Columbus. Dari sudut pandang sejarah, Leif Ericson bukanlah tokoh penting. Hal-hal menyangkut penemuannya belum pernah tersebar luas. Di samping itu, ia tidak meninggalkan perubahan apa pun baik di Ametila maupun Eropa. Sebaliknya, berita penemuan Amerika oleh Columbus menyebar sangat cepat ke seluruh Eropa. Dalam beberapa tahun sekembalinya Columbus, dan sebagai akibat langsung dari penemuannya, banyak ekspedisi tambahan berdatangan ke Dunia Baru dan penaklukan serta kolonisasi pun dimulai.
Seperti halnya tokoh-tokoh lain di dalam buku ini, Columhus mudah diserang berbagai komentar seakan-akan apa yang ia lakukan juga dilakukan orang lain andaikata Columbus tidak pernah hidup di dunia. Eropa pada abdd ke-15 M berada dalam keadaan yang bergejolak : dunia perdagangan berkembang, penjelajalian daerah baru tak terelakkan. Bangsa Portugis sangat aktif mencari arus jalan baru ke Timur pada saat-saat menentukan sebelum Columbus.
Sangat dimungkinkan Amerika cepat atau lambat ditemukan oleh orang Eropa, bahkan mungkin sekali kalau misalnya ada penundaan, waktunya tidak begitu lama. Akan tetapi, perkembangan berikutnya akan sangat jauh berbeda apabila Amerika ditemukan, katakanlah tahun 1510, oleh ekspedisi orang Prancis atau Inggris dan bukannya tahun 1492 oleh Columbus. Dengan dalih apa pun memang nyatanya Columbuslah orang yang menemukan benua Amerika.
Kemungkinan keberatan ketiga adalah, bahkan sebelum perjalanan Columbus banyak orang-orang Eropa abad ke-15 yang sudah memahami bahwa sesungguhnya bumi ini bulat bentuknya. Teori ini sudah diungkapkan oleh filsuf Yunani berabad-abad sebelumnya dan pembenaran yang tak tergoyahkan dari hipotesis Aristoteles sudah cukup untuk meyakinkan kaum terpelajar Eropa di tahun 1400-an. Sementara itu, Columbus sendiri tidak terkenal sebagai orang yang menunjukkan bahwa bumi ini bulat. (Paling tidak, dia tidak berhasil melakukannya). Dia terkenal dalam hal penemuan Dunia Baru, yang baik orang Eropa abad ke-15 atau Aristoteles tak tahu-menahu adanya benua Amerika.
Moral Columbus sendiri tidaklah sepenuhnya dikagumi. Dia terkenal kikir. Sifat inilah yang menyebabkan dia menghadapl kesulitan memperoleh tunjangan dana dari Ratu Isabella karena Columbus terlalu menampakkan keserakahannya ketika melakukan tawar menawar : Juga, walaupun tidak pantas menuduhnya menurut ukuran etika zaman sekarang dia memperlakukan orang-orang Indian dengan sangat kejam, Oleh karena itu, daftar buku ini bukanlah terdiri dari orang-orang yang paling bijak dan berbudi tinggi dalam sejarah melainkan orang yang paling berpengaruh dan dalam kerangka kriteria ini Columbus menempati urutan atas.
Sumber : Hart, Michael H; 2005; 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah; Karisma Publishing Group. (hasil terjemahan penerbit)
Ilustrasi dari korananakindonesia.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar